Obituari

Papa T Bob dan Kenangan Abadi Musik Anak Indonesia

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 13:03 WIB
papa t bob Pencipta lagu anak-anak legendaris, Papa T Bob meninggal dunia Jumat (10/7) setelah diketahui sakit komplikasi akibat diabetes sejak April lalu. (Screenshot via Instagram/@papatbob_official)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pencipta lagu anak-anak legendaris, Papa T Bob meninggal dunia Jumat (10/7) setelah diketahui sakit komplikasi akibat diabetes sejak April lalu. Kepergian Papa T Bob meninggalkan duka bagi dunia musik, khususnya lagu anak-anak.

Lahir pada 22 Oktober 1960, Papa T Bob merupakan pencipta lagu anak-anak kenamaan Indonesia terutama era 90-an.

Sejumlah lagu hit anak-anak seperti Diobok-obok, Anak Ajaib, Katanya, Bolo-Bolo, Si Nyamuk Nakal, Dudidam, serta Si Lumba-lumba merupakan karyanya yang hingga kini masih melekat di hati para penggemar.


Pencipta lagu bernama asli Erwanda Lukas ini dikenal dengan aturan harus melihat sang artis terlebih dahulu sebelum menciptakan lagu.

Hal itu dilakukan supaya bisa membayangkan lagu yang pantas dibawakan dan sesuai dengan karakter sang artis. Joshua merupakan salah satu artis yang pernah ditolak Papa T Bob sebelum akhirnya dikenal melalui lagu Diobok-obok.

Papa T Bob juga mengorbitkan beberapa artis muda kala itu seperti Tiga Anak Manis, Tina Toon, Trio Kwek-Kwek, Enno Lerian, serta Bondan Prakoso.

Keberhasilannya mengorbitkan artis cilik tersebut dinilai membuatnya sebagai salah satu miliarder Indonesia kala itu.

Namun, lagu anak-anak kian meredup di Indonesia seiring perkembangan zaman. Hal itu tak membuat kecintaannya terhadap lagu anak-anak surut. Sejak 2016, ia menjadi salah satu penggerak Save Lagu Anak.

Pada Agustus 2019, Papa T Bob bersama sahabatnya, Mamo Agil berusaha menghidupkan kembali lagu anak-anak dengan menggelar Lomba Karya Cipta Lagu Anak di TIM.

Kala itu, mereka mendapat penghargaan dari Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) dan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta. 

Sebelum dikabarkan meninggal dunia, Papa T Bob sempat diketahui masuk rumah sakit pada April lalu karena mengalami komplikasi akibat penyakit diabetes yang ia derita.

"Jadi yang saya tahu, beliau sakit diabetes sudah parah. Sudah lari ke jantung dan kemana-mana, yang pasti sudah parah sekali," kata pencipta lagu anak-anak Nugroho Setiadi alias Kak Nunuk kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/7).

Kondisi kesehatan yang memburuk itu juga menggerakkan sejumlah mantan musisi anak-anak untuk memberikan persembahan kepada Papa T Bob. Di antaranya adalah Trio Kwek Kwek dan Tina Toon.

"Tribute to Papa T Bob. Video ini kita persembahkan untuk Papa T.Bob karena tanpa beliau enggak akan ada Trio Kwek Kwek, dan enggak akan ada lagu-lagu ini. Tetap semangat lawan penyakitnya, oom! Biar bisa berkarya lagi," tulis Leony dalam unggahan di Instagram April lalu.

[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]



Kini, musisi kesayangan anak-anak Indonesia tersebut telah berpulang selama-lamanya dan meninggalkan kesan juga kenangan yang tak akan tergantikan, seperti yang diungkapkan oleh Vidi Aldiano.

"R.I.P Papa T Bob.Terima kasih sudah memberikan banyak nada saat ku tumbuh dewasa. Banyak musisi lahir karena jatuh cinta dengan karya-karya mu saat mereka beranjak dewasa. Salah satunya aku. Rest in love," kata Vidi Aldiano dalam kicauan di Twitter, Jumat (10/7).



Selamat jalan, Papa T Bob.

(end)