Pesan Terakhir Papa T Bob: Lestarikan Lagu Anak

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 14:24 WIB
papa t bob Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, Jumat (10/7), Papa T Bob sempat menyampaikan pesan kepada Tina Toon agar musisi Indonesia melestarikan lagu anak-anak. (Screenshot via Instagram/@papatbob_official)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebelum meninggal dunia pada Jumat (10/7), Papa T Bob sempat menyampaikan pesan kepada Tina Toon agar musisi Indonesia tetap melestarikan lagu anak-anak.

"Sekarang beliau sudah tenang, tidak sakit lagi. Pesan terakhirnya adalah tetap bisa melestarikan lagu anak-anak dan berkarya untuk anak-anak Indonesia melalui lagu," kata Tina Toon kepada CNNIndonesia.com.

Papa T Bob sesungguhnya kerap menyampaikan pesan itu dalam sejumlah kesempatan. Ia meyakini lagu menjadi media yang paling mudah dan cepat diserap anak-anak. Dengan demikian, banyak pelajaran yang bisa disampaikan melalui lagu anak-anak.


"Lagu anak itu pengenalan terhadap banyak hal dan diserap lebih cepat oleh anak-anak, mulai dari keseharian, budi pekerti, menghormati orang tua. Kita teruskan perjuangan beliau untuk melestarikan lagu anak di Indonesia," kata pelantun lagu Bolo Bolo ini.

Tina Toon juga mengaku kerap berkomunikasi dengan Papa T Bob ketika sakit dan pemulihan. Dalam kondisi seperti itu, pencipta lagu bernama lengkap Erwanda Lukas ini juga masih menunjukkan semangat untuk menciptakan lagu anak-anak.

Ia juga sangat peduli pada kampanye Selamatkan Lagu Anak bersama sejumlah penyanyi cilik pada masanya, seperti Trio Kwek Kwek dan Tina Toon.

Kampanye tersebut ternyata memicu semangat banyak orang untuk membuat lagu anak-anak bersama Papa T Bob. Ia pun bersemangat untuk kembali berkarier.

"Tapi ada Covid-19 juga dan sekarang belum bisa normal lagi. Yang sakit kan harus betul-betul di rumah aja. Tapi semangat beliau sih ingin berkarier lagi," kata Tina Toon.

"Tapi takdir berkata lain, sekarang beliau sudah pergi."

Sebelum dikabarkan meninggal dunia, Papa T Bob sempat masuk rumah sakit pada April lalu karena mengalami komplikasi akibat penyakit diabetes yang ia derita.

Kondisi kesehatan yang memburuk itu juga menggerakkan sejumlah mantan musisi anak-anak untuk memberikan persembahan kepada Papa T Bob, di antaranya Trio Kwek Kwek dan Tina Toon.

(chri/has)