Asal Usul Nama Papa T Bob

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 15:16 WIB
papa t bob Nama Papa T Bob kerap muncul di layar kaca ketika lagu anak-anak ciptaannya disiarkan pada era 1990-an. Namun, tak banyak yang tahu asal usul nama tersebut. (Screenshot via Instagram/@papatbob_official)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nama Papa T Bob kerap muncul di layar kaca ketika lagu anak-anak ciptaannya disiarkan pada era 1990-an. Namun, tak banyak yang tahu asal usul nama tersebut.

Lahir pada 22 Oktober 1960, pencipta lagu anak-anak tersebut sebenarnya menyandang nama asli Erwanda Lukas.

Sebutan Papa T Bob sendiri muncul secara spontan dan sederhana karena ia memiliki anak bernama Bobby Fargoriawan Tersayang.


"Jadi, Papa T Bob maksudnya papanya si T Bob," kata musisi sekaligus rekan Papa T Bob, Kak Nunuk, kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Jumat (10/7).

Asal mula nama itu juga diketahui oleh Ruben Onsu yang merupakan junior sekaligus sahabat Papa T Bob. Ia tahu bahwa Papa T Bob bukan nama asli.

"Itu diambil dari nama anaknya. Nama anaknya T Bob," kata Ruben.

Kian lama, nama itu semakin lekat pada Erwanda. Pada bagian kredit lagu yang ia ciptakan bahkan selalu dituliskan Papa T Bob, bukan Erwanda Lukas.

Selain itu, nama Papa T Bob juga terselip dalam lagu Arti Bolo-Bolo yang dinyanyikan Tina Toon. Lagu itu dirilis pada 2003 dalam album Arti Bolo-Bolo.

"Kata Oom Papa T. Bob, aku bolo-bolo," demikian kutipan lirik lagu tersebut.

[Gambas:Youtube]

Papa T Bob meninggal dunia pada Jumat (10/7) pukul 10.35 WIB. Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, ia mengidap penyakit komplikasi akibat diabetes.

Papa T Bob sempat dirawat di rumah sakit pada April lalu. Namun pada Juni, kondisi Papa T Bob membaik dan menjalani rawat jalan. Hingga akhirnya, ia meninggal dunia di kediamannya.

Pria kelahiran Jakarta tersebut akan dimakamkan sore ini (10/7) di Taman Pemakaman Bukan Umum (TPBU) Jurang Mangu, Pondok Ranji, Tangerang Selatan.

(adp/has)