Papa T Bob Disebut Jarang Terima Royalti

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 17:17 WIB
papa t bob Sempat disebut-sebut menjadi miliarder berkat lagu-lagu anak ciptaannya di era 1990-an, kini Papa T Bob dilaporkan jarang menerima royalti. (Screenshot via Instagram/@papatbob_official)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sempat disebut-sebut menjadi miliarder berkat lagu-lagu anak ciptaannya di era 1990-an, kini Papa T Bob dilaporkan jarang menerima royalti.

Kerabat Papa T Bob, Atoek Faturachman, mengatakan bahwa sang pencipta lagu tersebut tak sepenuhnya menerima royalti dari lagu-lagu ciptaannya karena tidak ada manajemen yang baik.

"Itu dia kasihan makanya. Karya-karyanya enggak ada yang manage bener. KCI (Karya Cipta Indonesia) juga pada sedih itu. Sedikit (terima royalti). Jarang sekali," kata Atoek kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/7).


Fakta ini mendorong Atoek bersama beberapa teman dan penyanyi, seperti Ria Enest, Trio Kwek Kwek, Tina Toon, dan Joshua berencana menggelar galang dana pada untuk membantu pengobatan Papa T Bob pada 23 Juli mendatang.

Pencipta lagu bernama lengkap Erwanda Lukas ini sudah mengidap diabetes sejak 2017. Namun, kondisinya semakin menurun sejak 2019. Ia pun harus rutin suntik insulin setidaknya satu kali dalam seminggu.

"Aku bilang enggak bisa support sepenuhnya. Jadi dia kalau udah mau suntik pasti telepon aku," tuturnya.

Namun, takdir berkata lain. Belum sempat terselenggara acara tersebut, Papa T Bob sudah mengembuskan napas terakhirnya dan dimakamkan di Jurang Mangu pada Jumat (10/7).

Atoek mengatakan setelah semua proses pemakaman selesai, ia bersama para rekan baru akan memikirkan lebih lanjut mengenai acara tersebut.

Ia tak menutup kemungkinan mengubah acara penggalangan dana tersebut menjadi konser penghormatan terakhir bagi Papa T Bob.

(chri/has)