Daftar Film yang Syuting di Hagia Sophia, Skyfall hingga Argo

CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 11:40 WIB
Argo, Hagia Sophia Keindahan bangunan Hagia Sophia terekam dalam sederet film internasional, mulai dari waralaba James Bond, Skyfall, hingga karya pemenang Oscar, Argo. (Dok. Warner Bros)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keindahan bangunan Hagia Sophia terekam dalam sederet film internasional, mulai dari waralaba James Bond, Skyfall, hingga karya pemenang Oscar, Argo

Bangunan kolosal yang dibangun 1.500 tahun lalu ini sedang menjadi perhatian publik. Awalnya, bangunan ini merupakan katedral Kristen Ortodoks.

Namun, bangunan ini diubah menjadi masjid setelah Ottoman menaklukkan Konstantinopel (sekarang Istanbul) pada 1453.


Pada 1934, Pemerintah Turki sekuler memutuskan untuk menjadikan Hagia Sophia sebagai museum. Tempat tujuan wisata ini dikunjungi jutaan turis setiap tahun.

Hagia Sophia kembali menarik perhatian setelah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, secara resmi mengubah bangunan itu kembali menjadi masjid pada Jumat lalu.

Bagaimanapun, keindahan Hagia Sophia masih dapat dinikmati melalui sejumlah film dan serial televisi yang syuting di Hagia Sophia. Berikut daftarnya.

Skyfall

Skyfall merupakan film James Bond ke-23 yang tayang perdana pada 2012. Film yang disutradarai Sam Mendes ini mengambil latar sejumlah adegannya di Adana, Turki, termasuk di Hagia Sophia.

Latar adegan tersebut sempat terlihat di bagian pembuka film Skyfall saat agen 007 melakukan pengejaran dengan sepeda motor di tengah kota.

[Gambas:Youtube]

The Protector

Serial televisi The Protector ini secara garis besar memang berlatar kota Istanbul, Turki. Kisahnya sendiri bercerita tentang seorang pemuda yang tinggal di Istanbul modern. Ia memulai upaya untuk menyelamatkan kota dari musuh abadi.

Serial yang diarahkan oleh kreator Binnur Karaevli ini tayang sejak 2018.

[Gambas:Youtube]

Inferno

Film yang dibintangi Tom Hanks ini turut mengambil latar adegan di Hagia Sophia, bahkan di dalam bangunannya. Beberapa bagian arsitektur Hagia Sophia terlihat jelas dalam trailer film yang disutradarai Ron Howard itu.

Selain Tom Hanks, film yang tayang perdana pada 2016 ini juga dibintangi Felicity Jones, dan Irrfan Khan.

Inferno Hagia SophiaLatar Hagia Sophia di film Inferno. (Dok. Sony Pictures)

[Gambas:Youtube]

Argo

Film yang dibintangi Ben Affleck ini bercerita tentang seorang agen CIA menyamar sebagai produser Hollywood yang mencari lokasi untuk film fiksi ilmiah.

Ia menyamar untuk menyelamatkan enam diplomat Amerika Serikat di Teheran yang bersembunyi ketika demonstrasi pecah di Iran pada 1979.

Dalam salah satu adegan film, terlihat Affleck berjalan di dalam gedung Hagia Sophia.

[Gambas:Youtube]

From Russia with Love

Jauh sebelum Skyfall, film James Bond kedua, From Russia with Love, sudah lebih dulu melakukan syuting di Hagia Sophia.

Dalam film tersebut, Bond dikirim untuk membantu pembelotan petugas konsulat Soviet, Tatiana Romanova, di Turki. Di sana, SPECTRE berencana untuk membalas pembunuhan Bond atas Dr. No.

Film James Bond yang masih diperankan Sean Connery ini tayang perdana pada 10 Oktober 1963 di London, Inggris.

From Russia With Love, Hagia SophiaLatar Hagia Sophia di film From Russia with Love. (Dok: Eon Productions)

[Gambas:Youtube]

(agn/has)