Rekomendasi Anime Ghibli Terbaik yang Wajib Ditonton

khr & Tim, CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2020 09:38 WIB
Salah satu adegan dalam film 'My Neighbour Totoro'. (Dok. Studio Ghibli) Ghibli selalu memproduksi anime dengan pesan moral yang kuat dan relate dengan hidup sehari-hari. Berikut rekomendasi anime Ghibli terbaik yang wajib ditonton. (Foto: Dok. Studio Ghibli)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak jarang penggemar kartun Jepang atau anime gemar mencari rekomendasi anime Ghibli sebab tayangan yang disajikan memiliki cerita yang unik disertai resolusi dan kualitas animasi yang apik.

Ghibli merupakan rumah produksi animasi di Jepang yang disebut sebagai studio terbaik dengan hiasan anime legendaris dari tahun 80-an.

Ghibli yang berbasis di Koganei, Tokyo, Jepang kebanyakan menyajikan karya anime dalam bentuk film. Ghibli juga berhasil memikat hati para penggemar karena anime yang dihasilkannya memiliki banyak pesan nilai moral dan sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.


Berikut CNNIndonesia.com rangkum rekomendasi anime Ghibli dengan plot cerita epik dan dapat disaksikan di Netflix.

Netflix yang berbasis di Amerika ini telah memboyong 21 film Studio Ghibli untuk ditayangkan di platform tersebut sejak Januari 2020 di seluruh dunia kecuali Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang, dengan subtitle sebanyak 28 bahasa, termasuk Indonesia.

Spirited Away

Film Spirited AwaySpirited away menjadi rekomendasi anime Ghibli terbaik dengan menyiratkan pesan bahwa keserakahan akan merugikan diri sendiri dan orang sekitar. (Foto: Studio Ghibli)

Film anime lawas yang yang dirilis pada Juli 2001 silam ini merupakan hasil produksi Ghibli dan disutradarai Hayao Miyazaki.

Spirited Away disebut-sebut sebagai salah satu karya terbaik dari Studio Ghibli dengan animasi modern yang detail. Berdurasi 125 menit, film animasi ini mampu menyabet Piala Oscar sebagai film animasi terbaik pada 2002.

Spirited Away menceritakan petualangan Chihiro, gadis 10 tahun yang sedang dalam perjalanan pindah ke kota baru bersama orang tuanya. Saat dalam perjalanan, mereka tak sengaja menemukan taman bermain yang terbengkalai, yang ternyata merupakan gerbang antara kehidupan manusia dan alam gaib.

Kedua orang tua Chihiro membuat kesalahan dengan memakan sajian makanan tanpa izin, yang membuat penghuni dunia roh mengamuk. Akibat keteledoran itu, roh yang meninggali tempat itu mengubah wujud kedua orang tua Chihiro menjadi babi.

Gif Rekomendasi Anime

Cerita semakin menarik saat Chihiro harus bekerja di dunia roh demi menyelamatkan orang tuanya. Untung, ia bertemu seseorang bernama Haku yang membantunya menyelamatkan kedua orang tua Chihiro.

Film anime yang satu ini memiliki kualitas grafik animasi yang sangat memanjakan mata. Selain itu, penggambaran makhluk fantasi atau makhluk di dunia roh benar-benar detail dan apik.

Grave of the Fireflies

[Gambas:Youtube]

Film anime satu ini disebut diangkat dari kisah nyata pada zaman perang dunia ke-II yang membuat hampir seluruh penontonnya bercucuran air mata. Tak ayal, film anime yang satu ini didapuk sebagai salah satu film tersedih sepanjang masa.

Dikisahkan cerita sedih dari dua orang bersaudara yang terlantar usai kedua orang tuanya tewas akibat perang dunia II. Sebagai yatim piatu dan tunawisma, mereka berdua harus bisa bertahan hidup dengan segala cara.

Di sinilah letak perjuangan keduanya yang memberikan kisah sangat indah sekaligus menyayat hati.

Film anime yang dirilis pada 16 April 1988 silam ini lebih menekankan kepada wujud tanggung jawab dan keteguhan hati dari kedua anak kecil yang harus hidup dalam kesulitan.

Sutradara Isao Takahata mampu mengemas film anime ini dengan karakter kuat. Tak heran, pada tahun berikutnya 2005 dan 2008 film ini turut dirilis dalam film anime live action.

My Neighbor Totoro

'My Neighbor Totoro'.My Neighbor Totoro menjadi salah satu rekomendasi anime Ghibli terbaik lewat cerita sederhana namun punya pesan kekeluargaan yang kuat (Foto: Dok. Studio Ghibli via imdb.com) 

Film anime dengan karakter pendukung kelinci raksasa ini mungkin tak asing lagi bagi penggemar anime. Film besutan sutradara Hayao Miyazaki itu mampu menyedot banyak anime penonton meski lewat cerita sederhana.

Kendati demikian, kesederhanaan cerita tersebut relate sekali dengan kehidupan sehari-hari. Ditambah sosok Totoro sebagai makhluk berbulu abu-abu besar membuat penonton semakin betah menyaksikan persahabatan antara manusia dan roh ajaib.

Film yang dirilis tahun 1988 ini mengisahkan tentang sebuah keluarga Kusakabe yang memiliki dua orang anak perempuan bernama Satsuki dan Mei.

Dengan durasi 86 menit, pesan moral tentang kekeluargaan yang hangat mampu dinikmati penonton dengan hikmat. Lewat polah tingkah Satsuki yang berani dan Mei yang ceria namun keras kepala mampu membuat penonton ikut terpingkal.

Apalagi ditambah suasana pedesaan yang hijau dan asri seakan mengajak penonton untuk mengingat kenangan masa kecil di kampung yang penuh dengan kedamaian.

Castle in the Sky

[Gambas:Youtube]

Hayao Miyazaki kembali menggarap sebuah film anime dengan plot cerita yang memukau. Dengan durasi 126 menit, petualangan gadis cilik dan kawannya melawan agen pemerintah dikemas sangat asik sekaligus menegangkan.

Film anime yang dirilis pada 2 Agustus 1986 ini menceritakan tentang seorang gadis muda bernama Sheeta yang diculik oleh agen pemerintah guna mencari jimat kristal misterius yang dimilikinya.

Ia disekap dalam sebuah pesawat, namun pesawat yang membawanya diserang oleh bajak laut. Sheeta berhasil memanfaatkan momen ini untuk melarikan diri.

Untungnya saat jatuh, Sheeta mendarat dan selamat akibat jimatnya. Ia mendarat di sebuah kota pertambangan dan di sana bertemu seorang bocah bernama Pazu, yang membawanya ke rumahnya untuk dirawat.

Saat bangun, Sheeta terkejut karena mengetahui Pazu sedang membuat sebuah kapal udara kecil dengan maksud menemukan kota yang hilang, Laputa.

Mereka berdua akhirnya memutuskan untuk memulai petualangan untuk menemukan kota yang hilang. Namun tak mudah, pasalnya agen pemerintah juga memiliki misi mencapai Laputa demi keserakahannya.

Castle in the Sky memiliki alur ringan semi berat dengan grafis animasi kualitas baik, yang menggambarkan pemandangan di langit yang indah.

Princess Mononoke

Salah satu adegan dalam film 'Princess Mononoke'. (Dok. Studio Ghibli)Sebagai rekomendasi anime Ghibli terbaik, Princess Mononoke memberikan pesan moral tentang manusia dan alam (Foto: (Dok. Studio Ghibli)

Dalam animasi berdurasi 134 menit, lagi-lagi sutradara Hayao Miyazaki kembali memberikan sebuah film anime yang apik.

Selain grafis dan plot yang memiliki kualitas tinggi, ada pesan moral tentang hubungan manusia dan alam yang seimbang hendak disampaikan dalam film yang rilis pada 12 Juli 1997 ini.

Dimulai dengan kisah Pangeran Emishi terakhir, Ashitaka yang terkena kutukan di lengan kanannya. Kutukan dan luka itu ia dapatkan saat terjadi penyerangan oleh setan hutan berwujud babi raksasa, bernama Nago.

Namun menariknya. kutukan itu memberinya kekuatan super, tapi Ashitaka diramalkan akan mati karenanya. Dalam perjalanannya mencari kesembuhan, Ashitaka bertemu dengan dewa berwujud serigala dan seorang perempuan yang disebut sebagai Putri Mononoke.

Petualangan menarik yang memberikan banyak sentilan dari representatif kejadian seperti pemanfaatan hewan dan sebagainya turut tersampaikan dengan apik.

Berkat keberhasilan film ini, Princess Mononoke diganjar pendapatan tertinggi di Jepang pada tahun tersebut, sebelum digeser sebulan kemudian oleh Titanic. Pendapatan bersihnya di Jepang mencapai 14,5 miliar Yen.

Nah, kelima rekomendasi anime ghibli tersebut patut dijadikan pilihan film anime yang wajib ditonton. Selain itu, penggemar dapat menikmatinya secara legal melalui aplikasi penyedia streaming film Netflix.

(fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK