Hindia Rilis Setengah Tahun Ini sebagai Penutup Album Perdana

CNN Indonesia | Rabu, 15/07/2020 18:30 WIB
Musisi Baskara Putra alias Hindia membuat playlist bertajuk Producing Exercise. Selama masa karantina di rumah ia mendengarkan lagu-lagu baru dan mengulik dari sisi teknis produksi sebagai pembelajaran Dalam lagu Setengah Tahun ini, Hindia mengisahkan sejumlah peristiwa selama paruh 2020, baik di dunia maupun dalam hidupnya sendiri. (Dok. Mikael Aldo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Solois Baskara Putra alias Hindia merilis lagu bertajuk Setengah Tahun Ini secara digital. Lagu itu ia rilis sebagai penutupan dari album perdana bertajuk Menari Dengan Bayangan.

"Dari dulu sudah kepikiran satu lagu buat menutup album, tapi lagu itu terpisah dari album. Sampai akhirnya gue nulis lagu ini," kata Baskara saat jumpa media virtual, Rabu (15/7).

Seperti judulnya, lagu ini mengisahkan sejumlah kejadian besar nasional dan internasional dalam enam bulan belakangan. Beberapa di antaranya adalah Omnibus Law dan virus corona yang berawal di Wuhan, China.


Selan itu, Baskara juga mengisahkan kejadian personal yang ia alami dalam enam bulan belakangan. Beberapa di antaranya perilisan album perdana dan dirundung netizen karena pendapatnya soal musik rock serta metal.

Musisi 26 tahun ini sempat melihat respons pendengar ketika Setengah Tahun ini dirilis pada 00:00 WIB, Rabu (15/7).

Ada yang berpendapat lagu ini lebih cocok dibawakan .Feast karena ada pembahasan isu sosial, ada pula yang berpendapat bahwa lagu ini seperti bukan lagu Hindia.

"Argumen gue untuk mereka, Setengah Tahun ini menutup fase pertama karier gue dalam dunia musik yang dimulai dari band .Feast," kata Baskara.

Lebih lanjut, Baskara menjelaskan bahwa Setengah Tahun ini adalah salah satu lagu terbaik yang pernah ia produksi. Ia merasa semua ilmu dan teori produksi yang ia pelajari dipakai dalam pembuatan album ini.

Hal itu disetujui oleh Rayhan Noor yang berperan sebagai produser lagu ini. Menurutnya, Baskara adalah tipe musisi yang sudah memiliki visi jelas ketika sebuah lagu masih dalam bentuk demo.

"Menurut gue, cara kerja Baskara cukup unik, mulai dari menulis lagu sampai menjadi produk akhir. Tugas gue untuk menajamkan visi lagu ini terasa seru dan menantang," kata Rayhan dalam kesempatan yang sama.

Setengah Tahun Ini merupakan lagu ketiga yang Hindia rilis tahun ini. Sebelumnya ia merilis Ramai Sepi Bersama pada April lalu dan Evaluasi (Reprise) pada awal Juli kemarin.

[Gambas:Youtube]



(adp/end)