OBITUARI

Omas Wati, Wajah Ceria & Pegiat Seni Betawi itu Telah Pergi

CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2020 22:32 WIB
Omas Pelawak Omas Wati meninggal dunia, Kamis (16/7). (Detikcom/ Noel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komedian Omas Wati tutup usia hari ini, Kamis (16/7), pada usia 54 tahun. Lewat banyolan-banyolannya, Omas, begitu ia biasa disapa di atas panggung, meninggalkan kesan mendalam bagi masyarakat Indonesia. Sebagai anak Betawi, Omas juga giat mempromosikan dan melestarikan budaya kota kelahirannya.

Omas lahir di Jakarta, 3 Mei 1966. Ia meniti awal kariernya di panggung kesenian dengan bergabung bersama grup lenong.

Meski demikian, jiwa seni Omas sudah terbina sejak dalam keluarga. Boleh dibilang keluarga Omas adalah keluarga seniman Betawi.


Kakak kandungnya, Mandra, adalah nama besar dalam panggung komedi nasional. Sementara Mastur, adik kandung Omas, bukan wajah asing di dunia seni dan komedi.

Dari dunia lenong Omas berhasil merambah panggung lebih besar. Awal 1990-an wajahnya mulai berseliweran di layar televisi. Ia tampil di sejumlah program lawak televisi hingga sinetron.

Beberapa sinetron yang pernah ia bintangi antara lain: Yang Muda Yang Bercinta, Akibat Pernikahan Dini, Fatih di Kampung Jawara, dan Upik Abu dan Laura.

Uniknya, meski jarang mendapat peran-peran besar, kehadiran Omas selalu berhasil menyegarkan mata pemirsa.

Di panggung lawak, Omas pun diminati lantaran banyolan-banyolannya yang khas.

Omas juga tak melupakan akarnya: seni dan tradisi Betawi. Meski sudah meraih popularitas, Omas tak sungkan untuk bermain lenong di kampung. Pun, ia aktif menjaga kelestarian budaya Betawi dengan mendirikan sanggar seni dan budaya Betawi bersama saudaranya. Sanggar ia bernama PANGSI.

Karier Omas di dunia hiburan tanah air mengalami pasang surut. Omas juga diketahui telah mengubah penampilannya. Omas mengenakan hijab.

Itu diketahui publik pada 2012 silam. Namun, perubahan penampilan tersebut diakui Omas telah dia rintis sejak 2006.

Seiring perubahan itu frekuensi penampilan Omas di layar kaca tak lagi seintens dulu. Hingga akhirnya, Omas kembali menyapa publik hari ini, lewat kabar duka cita. 

Omas wafat meninggalkan tiga anak, Muhammad Rizky Dioambiah, Dinda Olivia, dan Dimas Aji Septian. Dunia lawak dan seni Betawi kehilangan tokoh yang wajahnya selalu tampak ceria.

(wis/wis)

[Gambas:Video CNN]