Malin Kundang hingga Sangkuriang Diangkat ke Musikal Virtual

CNN Indonesia | Minggu, 19/07/2020 21:21 WIB
Melalui buku biografi Benyamin Sueb yang berjudul Ilustrasi pementasan musikal. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah cerita rakyat Indonesia diadaptasi menjadi pentas musikal virtual yang akan disiarkan streaming mulai 23 Juli hingga Agustus mendatang.

Di antaranya terdapat Malin Kundang, Timun Mas, Rara J (Rara Jonggrang), Sangkuriang, Bawang Merah Bawang Putih, dan Lutung Kasarung yang akan dipentaskan dalam tajuk #MusikalDiRumahAja.

Pementasan yang menjadi kolaborasi Indonesia Kaya dan BOOW LIVE ini turut melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia.


Program Director Renitasari Adrian mengatakan bahwa acara ini menjadi kelanjutan dari berbagai kegiatan yang diusung Indonesia Kaya selama masa pandemi Covid-19, seperti #NontonTeaterDiRumahAja, #PuisiDiRumahAja, dan #ProsaDiRumahAja.

"Pandemi Covid-19 ini mengubah ruang pentas yang identik dengan bangunan fisik kini berpindah dalam ruang virtual dan mendorong para pekerja seni untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru ini agar ekosistem industri seni pertunjukan tetap bertahan," kata Renitasari.

Produser Eksekutif #MusikalDiRumahAja Bayu Pontiagust menambahkan, "#MusikalDiRumahAja ini menjadi salah satu wadah bagi para pekerja seni untuk tetap berkarya meski dibatasi ruang dan pertemuan fisik. Namun, hal ini justru mendorong kreativitas para pekerja seni dan menghasilkan sebuah karya yang luar biasa."

Lebih lanjut, Bayu mengungkapkan bahwa hampir seluruh persiapan dilakukan secara online dengan pengambilan gambar mengikuti aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku.

Enam cerita rakyat Indonesia ini disebut dibuat dalam kemasan baru dan menggunakan teknologi agar dapat dikonsumsi lebih luas. Seluruh elemen dari seni teater, seni tari, seni suara dan teknologi film pun dijadikan satu untuk menciptakan karya baru tersebut.

Produser film Kenapa Harus Bule?, Nia DinataNia Dinata, yang ditunjuk menyutradarai cerita rakyat Lutung Kasarung bersama Rusdy Rukmarata, mengungkapkan bahwa karya tersebut menjadi kolaborasi visi antara sutradara teater dan film. (CNN Indonesia/Mundri Winanto)

Nia Dinata, yang ditunjuk menyutradarai cerita rakyat Lutung Kasarung bersama Rusdy Rukmarata, mengungkapkan bahwa karya tersebut menjadi kolaborasi visi antara sutradara teater dan film.

"Teater dan film itu dua alur seni yang berbeda. Teater itu satu dimensi, ditonton dari atas panggung, dan point of view-nya di depan. Berbeda dengan film 360 derajat dan harus terlihat emosi dan perspektif karakter-karakternya," kata Nia.

"Jadi ini bentuk kerja sama, sutradara teater ambil teaternya dan sutradara film ambil angle-angle yang bisa dinikmati, menggugah penonton di rumah," lanjutnya.

Pentas #MusikalDiRumahAja akan disiarkan secara streaming di saluran YouTube Indonesia Kaya, setiap Kamis pukul 20.00 WIB mulai 23 Juli mendatang.

Berikut daftar tim produksi dan jadwal pentas #MusikalDiRumahAja.

Malin Kundang (23 Juli 2020)

Sutradara: Rama Soeprapto dan Pritagita Arianegara
Penulis Naskah: Titien Wattimena
Penata Musik: Dian HP
Pemain: Nino Prabowo sebagai Malin Kundang, Dea Panendra sebagai Rubayah, Desmonda Cathabel sebagai Nur, dan Naura sebagai narator.

Timun Mas (30 Juli)

Sutradara: Mhyajo dan Bona Palma
Penulis Naskah: Mhyajo
Penata Musik: Aldhan Prasatya
Pemain: Galabby Thahira sebagai Mbok Srini, Gerardo Tanor sebagai Penjaga Pinjaman 756, Karina Salim sebagai Timun Mas Besar, Lil'li Latisha sebagai Peri Hutan "Kalathea", Neona sebagai Timun Mas Kecil, Palka Kojansow sebagai Penjaga Pinjaman 777, Putri Indam Kamila sebagai Peri Hutan "Dandelion", Tanayu sebagai Ratu Peri Hutan, dan Zack Lee sebagai Raksasa Dunia.

Rara J (6 Agustus)

Sutradara: Chriskevin Adefrid, Venytha Yoshiantini, dan Naya Anindita
Penulis Naskah: Titien Wattimena
Penata Musik: Ivan Tangkulung
Pemain: Daniel Ongko sebagai Bandung, Neala Vangelin sebagai Rara J, Damien Errol Jonathans sebagai Workout Influencer, Aldafi Adnan sebagai Mukbang Influencer, Zaya Fadhlillah sebagai Kpop Influencer, dan Tina Simanjuntak sebagai Mama Rara.

Sangkuriang (13 Agustus)

Sutradara: Maera dan Tanta Ginting
Penulis Naskah: Titien Wattimena dan Maera
Penata Musik: Ava Victoria dan Ifa Fachir
Pemain: Taufan Purbo sebagai Sangkuriang, Kikan Namara sebagai Dayang Sumbi, Bima Zeno sebagai Tumang, dan Chandra Satria sebagai Radjiman atau Narator.

Bawang Merah Bawang Putih (20 Agustus)

Sutradara: Sari Madjid dan Fajar Nugros
Penulis Naskah: Titien Wattimena
Penata Musik: Haris Pranowo
Pemain: Sha Ine Febriyanti sebagai Bawang Merah dan Bawang Putih, Gabriel Harvianto sebagai Ayah Bawang Putih, Netta Kusumah Dewi sebagai Ibu Bawang Merah, dan
Olivia Zalianty sebagai Nenek.

Lutung Kasarung (27 Agustus)

Sutradara: Rusdy Rukmarata dan Nia Dinata
Penulis Naskah: Titien Wattimena dan Nia Dinata
Penata Musik: Oni Krisnerwinto
Pemain: Eki Dance Company

(agn/end)