Rekomendasi Anime Anak Sekolahan Genre Romantis dan Komedi

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/07/2020 07:40 WIB
Shigatsu wa Kimi no Uso Berikut rekomendasi anime anak sekolahan yang cocok ditonton di akhir pekan, terlebih bagi yang sedang merindukan masa-masa sekolah. (Foto: Aniplex via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada banyak anime dengan latar belakang tokoh-tokohnya sebagai anak sekolahan. Genre yang diusung pun beragam, mulai dari romansa, aksi, komedi, atau gabungan ketiganya atau bahkan yang lain.

Tidak hanya tokoh-tokoh yang diceritakan masih seorang pelajar, setting cerita juga kerap terjadi di sekolah. Tentunya secara garis besar kisah anime ini mengambil realita kehidupan anak sekolah yang beranjak dewasa atau Anak Baru Gede (ABG).

Kali ini CNNIndonesia.com akan memberikan dua genre anime anak sekolahan yakni romantis dan komedi. Anime ini cocok ditonton apalagi bagi kalian yang sedang kangen masa-masa sekolah. Berikut ulasannya:


Rekomendasi Anime Anak Sekolahan Genre Romantis

1. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no UsoShigatsu wa Kimi no Uso adalah salah satu rekomendasi anime anak sekolahan yang menceritakan hubungan dua anak SMA yang gemar bermain musik (Foto: Aniplex via Imdb)

Anime ini bercerita soal percintaan antara pemain piano dengan biola yang diadaptasi dari manganya yang ditulis oleh Naoshi Arakawa. Sudah tayang di Jepang sejak Oktober 2014 sampai Maret 2015.

Awal kisah akan dihadapkan dengan seorang pianis muda bernama Kousei Arima yang masih duduk di bangku SMA. Namun sejak kematian ibunya, ia menjadi tidak tertarik bermain piano dan mencoba jauh dari alat musik bertuts itu.

Dia pun akhirnya hanya menjalani hidup seperti anak SMA pada umumnya. Singkat cerita dia bertemu dengan pemain biola Kaori Miyazono yang mengajaknya untuk kembali bermain musik.

Cerita ini memiliki cukup banyak konflik, mulai dari Kaori yang nantinya dekat dengan Kousei diceritakan mengidap sebuah penyakit, sementara dia masih coba berjuang mengajak Kousei untuk kembali memulai bermain musik.

2. Kimi No Na Wa

[Gambas:Youtube]

Bercerita tentang dua orang remaja yang bernama Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana saling bertukar tubuh satu sama lain. Awal cerita mereka tidak sadar bahwa tubuh telah saling tertukar.

Barulah setelah saling menyadarinya, mereka berdua sepakat untuk mencatat keseharian masing-masing dan menyampaikan tiap hal yang tidak boleh dilakukan agar orang-orang tidak merasa curiga bahwa tubuh yang mereka tinggali bukan tubuh asli.

Dalam perjalanannya, sebab saling bertukar tubuh, mereka mulai merasa terikat bahkan tanpa sadar Mitsuha jatuh cinta pada Taki.

Dalam anime ini penonton akan diajak berkenalan dengan beberapa tempat yang menarik dan benar-benar ada di Jepang.

Rekomendasi anime anak sekolahan yang satu ini, selain romansa pada alur cerita, serupa dengan anime Shigatsu wa Kimi No Uso, lagu-lagu berlatar minor yang pedih kerap menjadi latar cerita.

Penonton menyebut lagu-lagu yang ada pada solo anime ini juga begitu baik, membuat mereka semakin tenggelam dalam setiap cerita yang disajikan.

3. Clannad

[Gambas:Youtube]

Clannad bercerita soal Okazaki Tomoya yang bersama teman-temannya kerap membolos dari pelajaran di sekolah. Hal itu karena Okazaki merasa kehidupan SMA yang dia jalani begitu membosankan.

Singkat cerita dia bertemu dengan seorang gadis bernama Furukawa Nagisa yang dapat membuat merubah kehidupannya 180 derajat.

Nagisa sendiri seharusnya sudah lulus tahun kemarin, namun sebab sering membolos, dia terpaksa harus tinggal kelas dan mengulang. Sementara Nagisa terpaksa tidak masuk sekolah akibat penyakit yang dia derita.

Nanti dalam cerita Tomoya dan Nagisa saling bahu-membahu mengaktifkan kembali komunitas teater yang sempat ditutup karena tak ada lagi anggota yang tersisa. Di sinilah benih-benih cinta mulai muncul.

Segala kisah haru, sedih, senang, dan kesal campur aduk dialami oleh Okazaki dalam anime ini. Setiap kisahnya perlahan membuat Okazaki sadar akan sikapnya dan berubah menjadi lebih dewasa.


Rekomendasi Anime Anak Sekolahan Bergenre Humor

1. Asobi Asobase

[Gambas:Youtube]

Ada tiga sekawan siswa SMA yang kerap hadir dalam setiap scene cerita, mereka adalah Honda Hanako, Olivia, dan Kasumi.

Hanako adalah putri dari keluarga yang kaya dan selalu mendapat nilai tinggi ketika ada ujian di sekolah, Olivia adalah siswi SMA blasteran yang kerap memanfaatkan Hanako

Sementara Kasumi adalah siswi yang bisa dibilang pintar, sebab selalu mendapat nilai tinggi dalam setiap ujian kecuali mata pelajaran bahasa Inggris.

Asobi Asobe berfokus pada cerita berupa serangkaian permainan, bahkan beberapa permainan itu belum pernah ada sebelumnya. Kebanyolan masing-masing tiga sekawan ini akan menguras tawa penontonnya setiap kali muncul.

Pembuatnya seakan sengaja membuat tiga karakter ini tidak ada yang normal, masing-masingnya memiliki keanehan yang bisa anda buktikan sendiri jika telah menontonnya.

2. Ouran High School Club

Ouran High School ClubOuran High School Club adalah rekomendasi anime anak sekolahan yang menceritakan seorang gadis biasa yang menempuh pendidikan di sekolah elite (Foto: Bones via Imdb)

Sesuai dengan judulnya, set tempat dalam anime ini banyak bertempat di SMA Ouran, sekolah bergengsi dengan banyak siswa kaya raya. Sementara tokoh utamanya adalah seorang gadis dari keluarga biasa bernama Fujioka Haruhi.

Haruhi ditampilkan sebagai gadis yang cerdas. Dibuktikan dari perolehan beasiswa masuk ke SMA Ouran. Ia pun tidak pernah peduli soal gender orang lain, baginya semua setara. Ia punya pikiran seperti itu sebab sudah lama tinggal dengan ayahnya yang merupakan waria.

Mula cerita ketika Haruhi ingin menemukan tempat yang tenang untuk belajar, namun dia justru masuk ke dalam Ruang Musik terbengkalai yang menjadi Host Club. Host Club ini menjadi tempat berkumpul siswa laki-laki tampan yang diketuai oleh Tamaki Suou, serta 5 cowok lainnya.

Dari sana berbagai kekacauan dan kejadian lucu terjadi. Bahkan hingga Haruhi terjerumus ke dalam pusaran kemewahan.

Itulah 5 rekomendasi anime sekolahan menarik yang cocok ditonton penggemar anime kala merindukan masa sekolah. Sudah menentukan anime mana yang akan ditonton terlebih dulu?

(ndn/fef)