5 Rekomendasi Anime tentang Penjelajah Waktu

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 09:30 WIB
Fireworks 1 Bagi penyuka sci-fi, rekomendasi animasi tentang penjelajah waktu tentu dapat memuaskan keingintahuannya soal sains dan imajinasi. (Foto: SHAFT via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Popularitas anime terletak pada kekuatan imajinasi yang diciptakan sang kreator, terlebih jika anime tersebut mengusung genre sci-fi. Salah satu tema pada genre sci-fi yang paling banyak dicari adalah anime tentang penjelajah waktu.

Bagi penyuka sci-fi, animasi soal perjalanan waktu (time-travel) tentu dapat memuaskan keingintahuannya soal sains dan imajinasi. Selain itu, anime tentang penjelajah waktu juga tak terlepas dari nilai-nilai kehidupan.

Penjelajahan waktu merupakan istilah merujuk pada lompatan waktu yang bisa dilakukan seseorang dengan bantuan mesin ruang-waktu. Misalnya, seorang yang hidup di tahun 2020 bisa sewaktu-waktu pergi ke tahun 1980 atau bahkan ke masa depan.


Kendati saat ini perjalanan ruang waktu masih menjadi perdebatan, namun bagi pencinta anime bisa merasakannya lewat rekomendasi anime tentang penjelajah waktu berikut.

1. Mirai Nikki (The Future Diary)

Mirai NikkiFoto: Kadokawa Pictures
Mirai Nikki

Bercerita soal remaja pemalu, pecundang, dan tukang melamun bernama Yukiteru Amano yang masih berusia 14 tahun. Dia gemar mencatat segala peristiwa yang dia alami dan saksikan sepanjang hari.

Singkat cerita, satu ketika sosok yang menguasai ruang dan waktu bernama Deux Ex Machina mengubah ponsel Yukiteru menjadi "future diary". Ponsel yang telah berubah itu kemudian dapat memprediksi masa depan hingga jangka waktu tertentu.

Sosok penguasa ruang dan waktu itu selanjutnya membuat sebuah permainan yang melibatkan 12 orang pemain yang sama-sama memiliki future diary untuk saling bunuh.

Dalam game ciptaan sang penguasa tersebut, Yukiteru berkoalisi dengan pemain lainnya, Yuno Gasai. Yuno ini terkenal sebagai seorang psikopat, dan sangat bisa diandalkan oleh Yukiteru selama permainan.

Mirai Nikki mengusung beberapa genre sekaligus, mulai dari horror, action, thriller, hingga romansa. Kombinasi genre itu dilebur sedemikian rupa dan dibubuhi dengan konsep time travel.

Gif Rekomendasi Anime

2. The Girl Who Leapt Through

[Gambas:Youtube]

Anime ini bukan anime dalam bentuk serial, melainkan solo film. Anime ini juga tidak diangkat dari anime melainkan novel yang berjudul sama yang terbit pada 1967.

Anime ini sendiri diproduksi oleh studio Madhouse dan sang sutradanya adalah Mamoru Hosoda, sementara untuk durasinya selama 98 menit.

Berkisah tentang Makoto-sang tokoh utama yang suatu hari mengalami kegagalan, namun setelah itu dia malah mendapatkan kekuatan untuk lintas waktu. Dengan kekuatan itu, dia mulai mengubah berbagai hal.

Terutama hal-hal yang dulu sempat tidak menyenangkan hatinya, ia pun kemudian jadi tampak lebih bahagia. Namun, Makoto mulai sadar bahwa saat dia menjadi bahagia akan ada orang lain yang malah jadi bersedih.

Anda akan belajar konsekuensi dari rekomendasi anime tentang penjelajah waktu tentang konsep tersebut. Bahwa realita di masa lalu memang sudah seharusnya seperti itu, bahkan jika ingin mengubah kesedihan menjadi kebahagiaan akan ada orang lain yang malah jadi bersedih.

3. Boku Dake Ga Inai Machi

[Gambas:Youtube]

Bercerita tentang seorang bocah laki-laki bernama Satoru Fujima yang punya cita-cita menjadi mangaka--sebutan untuk pembuat manga profesional. Dia malah harus terjebak dalam rutinitas pekerjaan paruh waktu untuk menopang biaya hidupnya sehari-hari.

Singkat cerita, dia mendapati dirinya mampu kembali beberapa menit ke masa lampau untuk mencegah suatu kejadian buruk.

Sewaktu ibunya tewas, Satoru langsung terdampar ke era 1988 ketika usianya masih 9 tahun. Di sana dia mulai menduga-duga bahwa rentetan peristiwa pada masanya sekarang punya kaitan.

Dia mulai mencoba mengumpulkan tiap kepingan masa lalu itu, mulai dari dia masih duduk di bangku sekolah dasar, setelah mengumpulkan semua kepingan dia pun akhirnya mendapati sebuah kesimpulan yang mencengangkan.

Anime ini mengupas isu pelik mengenai kekerasan terhadap anak yang marak terjadi di sekitar anda. Ada beberapa adegan yang sangat vulgar, oleh karena itu jangan sampai menonton ini dengan anak di bawah umur.

4. Fireworks

[Gambas:Youtube]

Anime ini mengisahkan soal kisah perjalanan waktu yang dilalui oleh Norimichi Shimida, kisahnya bermula saat teman-teman dan Norimichi mulai bertaruh di masa pesta kembang api pada suatu waktu di sebuah tempat.

Mereka bertaruh dan berdebat soal bentuk dari kembang api. Perdebatan ini membawa mereka saling berjanji untuk melihat bentuk kembang api bersama. Kisahnya di sini akan seperti adegan remaja yang saling singgung ego.

Teman Norichi bernama Nazuna yang pendiam ternyata sempat berencana kabur dan mengingkari perjanjian yang telah mereka buat bersama.

Anime ini akan dibumbui dengan kisah cinta segitiga antar remaja, para penggemar menganggap alur ceritanya biasa saja, namun untuk visual dan musik cukup paten.

5. Steins; Gate

[Gambas:Youtube]

Steins;Gate adalah sebuah anime science dan misteri yang berpusat pada paradoks waktu dan time travel. Anime ini diangkat dari sebuah visual novel berjudul sama.

Tokoh utama Steins;Gate adalah Okabe Rintaro, seorang ilmuan gila (mad scientist) yang sering mengkhayal dan aneh. Bersama Itaru Hashida (Daru) dan Mayuri Shiina, ia bekerja meneliti sebuah gadget microwave yang memiliki kemampuan mengubah sebuah pisang menjadi gel-bana, yaitu sebuah pisang berwarna hijau menyerupai gel.

Cerita berawal saat Rintaro pergi ke sebuah konferensi pers mengenai pembuatan mesin waktu yang dibawakan oleh Professor Nakabachi. Di sana Rintaro bertemu dengan seorang gadis bernama Makise Kurisu.

Anehnya, meski Rintaro belum pernah bertemu dengannya sebelumnya, Makise mengaku bahwa dirinya bertemu dengan Rintaro 15 menit yang lalu.

Setelah berpisah, Rintaro menemukan mayat Makise di lantai atas gedung tersebut. Karena panik, ia mengirim sebuah SMS kepada Daru, namun saat mengirimnya, terjadi sebuah keanehan. .

Dari sini, Rintaro menyadari bahwa ia telah mengirimkan SMS ke masa lalu yang menyebabkan masa sekarang menjadi berubah. Rintaro kemudian mendapat informasi tentang John Titor, seorang penjelajah waktu dari tahun 2036 yang sempat populer pada masa 2000-2001.

Anehnya, ia mendapati koleksi bukunya dan referensi Google mengenai John Titor menghilang.

Rekomendasi anime tentang penjelajah waktu ini akan menyuguhkan cerita yang begitu menarik didukung dengan plot twist yang tak terduga.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]