Full House dan Drama Korea 'Jadul' Terbaik Tahun 2000-an

Tim, CNN Indonesia | Senin, 03/08/2020 06:45 WIB
full house drama korea Berikut lima rekomendasi drama Korea jadul terbaik tahun 2000-an yang sempat menemani generasi 90-an tumbuh dewasa. (Foto: KBS via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Drama Korea (drakor) dan Hallyu mulai mewabah di Indonesia pada 1990-an. Kendati demikian, hype drakor sangat terasa baru sejak era milenium 2000-an, sejak munculnya beberapa drama Korea jadul terbaik yang menghiasi layar kaca penonton di rumah.

Wajah ayu Song Hye-Ko dan Yoon Eun-Hye kerap tampil di televisi pada sore hari, dengan serangkaian plot drakor yang apik. Kisah romansa yang dibungkus komedi menggelitik hingga mengharu biru, menjadikan drakor memiliki penggemar yang cepat dan masif di tanah air, terutama penggemar perempuan.

Oleh sebab itu, CNNIndonesia.com telah merangkum lima drama korea lawas terbaik, yang juga sempat menemani generasi 90-an tumbuh dewasa.


1. Autumn in My Heart/ Endless Love (2000)

[Gambas:Youtube]

Drakor yang satu ini memiliki soundtrack alunan musik 'Reason' yang paling melegenda dari penyanyi Jung il Young. Tak hanya iringan musik, drama yang satu ini memiliki plot cerita yang sering membuat mewek penontonnya.

Kisah bermula dari perasaan aneh melebihi kasih sayang yang dirasakan oleh dua kakak beradik, Yun Joon Suh (Song Seung Hun) dan Eun Suh (Song Hye Kyo). Mereka berdua hidup berkecukupan di tengah keluarga yang harmonis selama 14 tahun.

Namun suatu hari, fakta mengejutkan terungkap ketika ternyata Eun Suh bukan merupakan anak di Keluarga Yun. Aslinya, Eun Suh merupakan anak dari keluarga Choi yang miskin.

Drama ini semakin menarik ketika mereka harus terpisah dan bertemu kembali saat telah dewasa. Joon Suh yang telah menginjak usia dewasa dan bertunangan dengan seorang wanita, tanpa sengaja bertemu lagi dengan Eun Suh di sebuah hotel tempatnya bekerja.

Pertemuan itu ternyata membawa kembali perasaan lama mereka yang berubah menjadi rasa cinta.

Kisah percintaan Joon Suh dan Eun Suh nampaknya terus diuji, saat Eun Suh mengidap penyakit yang membuatnya semakin lemah.

Drama Korea jadul terbaik yang satu ini memang memberikan kisah mengharu biru antara cinta dan keluarga dalam 16 episode yang dikemas sangat apik.

2. A Jewel in the Palace (2003)

[Gambas:Youtube]

Drakor yang juga dikenal dengan tajuk Dae Jang Geum ini merupakan drama saeguk atau drama kolosal ala Korea yang pertama kali tayang di stasiun TV Indonesia.

Seo Jang geum (Lee Young-Ae) dalam sejarah kerajaan dinasti Joseon merupakan seorang dokter kerajaan perempuan pertama dari Dinasti Joseon di Korea.

Jang Geum memiliki bakat luar biasa pintarnya, perjalanannya menuju istana sehingga menjadi dayang utama penuh lika-liku.

Tak heran ia diangkat menjadi seorang tabib utama di istana, namun pengangkatannya mendapatkan penolakan, sebab belum ada dalam sejarah seorang perempuan menduduki posisi tersebut.

Dengan jumlah 54 episode, Jang Geum mampu memberikan banyak pesan moral mulai dari keluarga, persahabatan hingga karakter Jang Geum yang sangat kuat dan tangguh. Karakter tersebut juga yang menjadi alasan sang raja jatuh hati padanya.

3. Full House (2004)

[Gambas:Youtube]

Full House kembali memainkan aktris korea Song Hye-Ko dan dipasangkan dengan Rain. Drama Korea yang satu ini memiliki plot cerita romansa komedi yang menggelitik.

Karakter Han Ji Eun (Song Hye-Ko) dan Young Jae (Rain) berhasil menciptakan chemistry yang sangat cocok dan kocak, sehingga membuat penonton kerap tergelak dan susah move on dari kedua tokoh dalam cerita ini.

Dalam 16 episode, penonton akan diajak mengenal kisah salah satu aktor kenamaan di Korea Selatan, Young Jae dengan seorang penulis naskah Han Ji Eun sekaligus pemilik rumah dekat laut bernama Full House.

Cerita pertemuan pertama mereka di pesawat hingga pertemuan selanjutnya yang kebetulan membuat bumbu-bumbu romansa yang ditampilkan sangat lucu.

Rumah 'Full House' milik Ji Eun dijual oleh kedua sahabat sejak SMA-nya dan dibeli oleh Young Jae. Tawar-menawar pun terjadi, sehingga atas kesalahpahaman, mereka membuat perjanjian pernikahan kontrak.

Dengan hidup satu atap, saling mengganggu dan perhatian, membuat keduanya 'cinlok' meskipun tidak ada yang berniat mengakui, sebab gengsi yang tinggi.

4. Princess Hours (2006)

Princess HoursPrincess Hours merupakan salah satu drama Korea jadul terbaik tahun 2000-an (Foto: dok. MBC via hancinema.net)

Drakor yang mengusung genre komedi romantis ini bercerita tentang latar kerajaan Korea di era modern yang diangkat dari kisah nyata keluarga kerajaan Korea terakhir di abad 20.

Putra Mahkota Lee Shin (Joo Jihoon) harus menikahi Shin Chaekyung (Yoon Eun-hye) yang merupakan seorang gadis keturunan rakyat biasa. Pernikahan itu terjadi karena wasiat kakek Lee Shin dan Chaekyung bertahun-tahun silam untuk menjodohkan keturunannya.

Karakter Chaekyung yang memiliki sifat ceria dan blak-blakan sangat bertolak belakang dengan Lee Shin yang bersifat dingin dan sedikit angkuh.

Drama percintaan semakin menarik manakala terjadi cinta segitiga antara pasangan suami-istri itu dengan mantan Lee Shin. Persaingan antarjabatan di dalam keluarga pun memberikan bumbu antagonis lainnya.

Drakor dengan total 24 episode ini mampu menggambarkan benci jadi cinta dan serangkaian problema remaja dalam rumah tangga lainnya.

5. Coffee Prince (2007)

[Gambas:Youtube]

Drakor dengan total 17 episode ini kembali mendapuk Yoon Eun-Hye sebagai aktris pemeran utama. Dikisahkan seperti kisah lawas Cinderella, seolah klasik perempuan miskin bertemu dengan lelaki yang kaya.

Namun demikian, drama Korea jadul terbaik yang satu ini memberikan sentuhan beda pada plot cerita keseluruhannya.

Seorang perempuan muda, Go Eun Chan (Yoon Eun-Hye) yang tomboy menyamar menjadi seorang lelaki muda dan kemudian melamar menjadi barista di sebuah kedai kopi atau coffee shop milik seorang pewaris keluarga kaya Choi Han gyul (Gong Yoo).

Plot menarik dimulai ketika Han Gyul mulai naksir Eun Chan yang diketahuinya merupakan seorang lelaki biasa. Perasaannya itu membuatnya bingung, sebab ia mengira menyukai sesama lelaki.

Namun ketika Eun Chan mengaku jika dirinya merupakan seorang perempuan, Han Gyul malah semakin terluka dan merasa dibodohi atas perasaannya selama ini.

Drakor yang mengusung genre komedi romantis ini membuat gagal move on kepada suasana kedai kopi dan seluruh pekerja yang memiliki tampang keren-keren.

Lima drama Korea jadul terbaik yang telah diulas dapat menjadi list tontonan ulang kala bosan di tengah rutinitas masa pandemi virus corona (Covid-19).

Selain itu, menonton drakor lawas dapat membantu penonton untuk bernostalgia, mengulang memori yang pernah terjadi di waktu yang sama dengan drakor tayang.

Dan jangan lupa untuk selalu menonton drakor menggunakan situs atau penyedia layanan streaming film baik gratis maupun berbayar, ya.

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]