Rekomendasi Anime Era 2000-an yang Wajib Ditonton

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 22/08/2020 10:13 WIB
Death Note. (dok. VIZ Media) Banyaknya judul anime membuat penonton bingung untuk memilih. Untuk itu, berikut rekomendasi anime era 2000-an yang wajib ditonton. (Foto: dok. VIZ Media)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anime adalah salah satu karya seni asal Jepang yang paling berpengaruh di dunia. Ini juga didukung oleh tingginya jumlah anime yang diproduksi setiap musimnya. Bahkan diklaim ratusan anime dirilis dalam setahun.

Bagi penggemar anime maupun penonton baru, tak mudah pula memilih anime mana yang harus ditonton di antara segunung pilihan judul anime. Untuk itu, CNNIndonesia.com berikan rekomendasi anime era 2000-an yang wajib ditonton.

Kelima anime ini memiliki alur cerita baik dan menarik, penokohan yang unik, grafik nyaris sempurna yang dijamin memuaskan mata Anda.



1. Monster

[Gambas:Youtube]

Ahli bedah otak kenamaan, Kenzou Tenma suatu hari dihadapkan pada dua pilihan, yakni menyelamatkan wali kota atau seorang anak muda. Atasannya menyuruh untuk menyelamatkan sang wali kota, namun ia membangkang dan menyelamatkan sang bocah.

Singkat cerita, keputusan itu justru membawa dia dalam kehidupan yang gelap dan misterius. Dirilis pada 2004 silam, alur kisah yang dibuat dalam anime ini akan terus membuat ketagihan menonton.

Anime ini adalah adaptasi dari manga yang punya judul serupa karya Naoki Urasawa. Ia menggabungkan kisah thriller barat dan dikombinasikan dengan narasi-narasi Jepang yang unik.


2. Death Note

Death Note (dok. VIZ Media)Death Note menjadi rekomendasi anime era 2000-an yang wajib ditonton (Foto: dok. VIZ Media)

Anime ini mengisahkan tentang seorang siswa SMA bernama Light Yagami yang menemukan sebuah notebook. Notebook ini ternyata punya kekuatan gelap yang bisa membunuh siapa saja asalkan namanya tertulis di sana.

Awal kisah, Yagami bertujuan untuk menjadikan dunia yang lebih baik dengan banyak memasukkan nama-nama penjahat dalam buku tersebut. Seiring berjalannya waktu, ia semakin menjadi egois dan mulai menganggap diri sebagai Tuhan.

Kehadiran buku tersebut di tangan Yagami membuat banyak orang mulai meregang nyawa. Pihak kepolisian hingga detektif kenamaan setempat mulai mencari-cari motif kematian misterius itu.

Tapi sayang, tidak satu pun antara mereka yang berhasil dan mengetahui pelaku, sebab memang pembunuh bukanlah manusia melainkan sosok monster yang bisa keluar dari buku Death Note.

Gif Rekomendasi Anime

3. Mushishi

[Gambas:Youtube]

Anime yang di-launching sejak 2005 ini berkisah tentang seorang yang mengembara hendak melindungi orang-orang dari makhluk primitif bernama mushi.

Anime ini berlatar masa lampau Jepang antara periode kekuasaan Kaisar Meiji dan Edo.

Mushi merupakan wujud peran antagonis, yang mewakili konflik yang kerap terjadi antar manusia. Yang membuat anime ini menarik yakni kisah-kisahnya menghubungkan banyak gagasan sehingga membangkitkan daya pikir.


4. Hell Girl

[Gambas:Youtube]

Rekomendasi anime yang wajib ditonton satu ini bergenre horor. Bahkan bisa dikatakan anime yang satu ini cukup dark. Penulis membangun tiap karakter dengan masalah yang berbeda-beda sehingga menambah jawatan kisah.

Visual anime ini bisa dikatakan cukup ciamik sebab sangat rinci dalam mendeskripsikan sesuatu.

Bisa dikatakan anime yang satu ini cukup gelap. Penulis membangun tiap karakter dengan masalah yang berbeda-beda sehingga menambah jawatan kisah. Visual anime ini bisa dikatakan cukup ciamik sebab sangat rinci dalam setiap adegan (scene)-nya.

Berkutat soal cerita dan penggambaran tentang konsep neraka maupun balasan atas perbuatan orang-orang yang masuk neraka, dalam beberapa adegan akan digambarkan dengan menyeramkan. Suasana dark ini juga didukung dengan backsound dan suara lain yang mengerikan.


5. One Piece

One PieceOne Piece menjadi rekomendasi anime era 2000-an yang wajib ditonton (Foto: dok. Toei Animation via IMDb)

Seorang remaja bernama Monkey D. Luffy punya cita-cita untuk jadi seorang raja bajak laut. Ia pun akhirnya membuat kapal dan punya beberapa rekan. Pada awal cerita, Luffy ditemani oleh Zoro, Nami, Sanji, Usop, Choper, dan Robin. Seiring berjalannya waktu, Luffy akan terus mendapat rekan tambahan.

Nama Luffy pun akan semakin populer di kalangan bajak laut sebab banyak hal yang sudah ia dan rekan-rekan bajak lautnya lakukan dalam penjelajahan samudera. Luffy punya kekuatan lentur seperti karet. Ujung kepala bisa menyentuh ujung kakinya. Kekuatan ini ia dapatkan setelah memakan sebuah buah iblis.

Hal menarik dari One Piece adalah meski terdiri atas rentetan episode yang banyak, sang kreator selalu punya cara untuk menahan kapan waktunya memberikan kejutan dan kapan harus menahan kejutan.

Oleh karena itu ini adalah salah satu rekomendasi anime yang wajib ditonton era 2000-an. Apalagi cerita-cerita One Piece cukup ringan untuk diikuti.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]