Drama Korea 'Jadul' yang Tak Tergantikan, Bikin Nostalgia

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/07/2020 09:30 WIB
Boys Before Flower Drama Korea lawas melekat erat dalam ingatan para penggemar. Berikut drama Korea jadul yang tak tergantikan yang bisa membangkitkan kenangan masa muda. (Foto: Group Eight via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Drama Korea terus menghiasi pangsa pasar film Indonesia dengan judul-judul dan pemain baru yang lebih segar. Namun ada kalanya bosan mengikuti alur cerita baru dan ingin menyaksikan kembali drama Korea zaman dulu (jadul).

Tidak bisa dimungkiri, drama Korea lawas masih melekat erat dalam ingatan para penggemar, seakan tak tergantikan meski sudah banyak drama baru yang bermunculan pada 10 bahkan nyaris 20 tahun belakangan ini.


Berikut 5 drama Korea jadul yang tak tergantikan yang bisa membangkitkan kenangan alias bernostalgia masa muda.

1. Full House

full house drama koreaFull House berada di urutan pertama drama Korea jadul yang tak tergantikan (Foto: KBS via Imdb)

Salah satu hal yang membuat Full House populer di Indonesia adalah salah satu televisi menayangakannya secara rutin. Full House tayang sejak 14 Juli 2004 hingga 4 September 2004 dengan total 16 episode.

Drama ini bercerita soal pernikahan kontrak antara wanita bernama Han Ji Eun yang diperankan oleh Song Hye Kyo dengan Lee Young Jae yang diperankan oleh Bi-Rain.

Jieu Eun digambarkan sebagai gadis yang optimis dan cerita, serta setia pada teman-temannya. Meskipun naïf dan tidak terlalu cerdas dia punya keberanian yang patut diacungi jempol seperti saat dia mengejar impian menjadi penulis dalam drama.

Hidup sebatang kara sejak kecil, satu-satunya harta yang Jie Eun miliki hanya rumah yang di desain oleh sang ayah yang diberi nama Full House. Sayang rumah itu malah harus raib sebab dia ditipu dua sahabatnya.

Alkisah, Jie Eun ditipu oleh dua sahabatnya itu sebab butuh biaya persalinan, kemudian dibeli oleh Young Jae, jadilah cerita bermula dari sini. Untuk Anda yang hendak menyaksikannya kembali bisa melalui layanan streaming film online berbayar, Netflix.

2. You Are Beautiful

[Gambas:Youtube]

You Are Beautiful juga serupa dengan Full House beberapa tahun lalu ada sebuah televisi swasta Indonesia yang menayangkannya. Inilah faktor yang membuat drama yang dibintangi Park Shin‑hye itu menjadi populer.

Bercerita tentang seorang pria bernama Go Mi Nam yang ingin masuk dalam band, namun dia malah terkena penyakit dan terpaksa menghilang untuk melakukan operasi atas penyakit yang dia derita.

Saudara Go Mi Nam, Go Mi Nyeo akhirnya bertekad untuk menggantikan posisinya sementara dan terpaksa berperan seperti laki-laki. Band tersebut bernama A.N.Jell, yang terdiri atas tiga personel.

Singkat cerita, Go Mi Nyeo malah terjebak cinta lokasi dengan salah satu personel yang merupakan vokalis sekaligus gitaris dalam band, yakni Hwang Tae Kyung yang diperankan aktor bernama Jang Geun Suk.

Anda dapat menyaksikan kembali drama ini melalui Netflix, dengan total 16 episode yang rata-rata durasinya 60 menit.

3. Boys Before Flower

[Gambas:Youtube]

Drama korea jadul yang tak tergantikan adalah Boys Before Flower atau yang akrab diingat penggemar dengan akronimnya yakni BFF. Tayang pada 2009 dan merupakan adaptasi dari drama produksi Taiwan, Meteor Garden.

Bercerita soal seorang gadis yang bernama Geum Jan Di--diperankan oleh Go Hye Sun. Dia adalah gadis miskin dan tidak memiliki apa-apa, lalu diterima pada sekolah Shin Wa, sekolah yang elite dan ternama.

Geum Jan Di kemudian bertemu dengan gerombolan empat pria dengan paras rupawan yang diketuai oleh Gu Jun Pyo yang diperankan oleh Lee Min Ho, singkat cerita keduanya pun saling jatuh cinta.

Kendati begitu kisah cinta mereka cukup sulit, sebab orang tua Gu Jun Pyo yang masuk dalam golongan orang kaya di kota tidak mau punya menantu yang miskin dan harus sekelas dengannya.

Namun, sebab cinta yang besar pada Geum Jan Di, dia pun berusaha semaksimal mungkin bahkan menentang sang ibunda.

K-drama ini punya 25 episode dan tayang perdana pada 5 Januari 2009 di KBS2TV. Tiap episode rata-rata berdurasi 60 menit, Anda dapat menyaksikannya kembali di Netflix atau layanan streaming lain VIU.

4. Coffee Prince

coffee princeCoffee Prince menjadi salah satu drama Korea jadul yang tak tergantikan bergenre komedi-romantis (Foto: MBC-TV Korea via Imdb)

Drama ini rilis pada tahun 2007 dan disebut-sebut sebagai drama Korea tersukses pada tahun tersebut. Bercerita soal Choi Han-kyeol, seorang pria sombong yang berasal dari keluarga terpandang dan kaya raya.

Dia termasuk pria yang tidak percaya dengan adanya cinta serta tidak menginginkan pernikahan. Sifat itu begitu berbeda dengan Go Eun-chan yang begitu tomboy. Dia tipe perempuan yang pekerja keras.

Dia bekerja keras guna menghidupi ibu dan adiknya. Dia mau melakukan segala macam pekerjaan mulai dari menjadi seorang pelayan, pengantar makanan, susu, koran, dan lain-lain.

Singkat cerita mereka berdua bertemu dengan tidak sengaja beberapa kali, dan kemudian Choi yang awalnya tidak percaya cinta mulai merasakan apa itu cinta. Drama ini dapat anda saksikan kembali di Netflix atau VIU.

5. Dong Yi

[Gambas:Youtube]

Dalam cerita, semua keluarga Dong Yi terbunuh atas tuduhan pemberontakan terhadap raja dan membuat Dong Yi harus tinggal seorang diri.

Dong Yi pun diurus oleh seorang wanita penghibur saat ia masih kecil dan akhirnya bekerja di istana kerajaan sebagai pembantu dalam departemen musik kerajaan.

Setelah dewasa, Dong Yi yang diperankan oleh Han Hyo Joo naik pangkat sebagai dayang wanita yang membantu urusan dapur kerajaan.

Ia mendapatkan jabatan tersebut sebab telah membantu salah seorang dayang yang diperankan oleh Lee So Yeon yang fitnah karena memiliki hubungan dekat dengan raja saat itu. Dong Yi saat itu juga disukai oleh sang ratu kerajaan, Ratu Inhyeon yang diperankan Park Ha Sun serta disukai sang raja.

Kemudian drama ini mendapatkan rating hingga 30 persen di Korea Selatan dan menjadi salah satu drama favorit kerajaan saat itu. Drama ini juga mendapat berbagai penghargaan, salah satunya penghargaan Daesang di MBC Drama Awards.

Drama Korea jadul yang tak tergantikan satu ini dapat anda saksikan kembali melalui Netflix atau VIU.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]