Train to Busan 2: Peninsula Kuasai Bioskop Asia kala Pandemi

CNN Indonesia | Senin, 20/07/2020 20:32 WIB
Train to Busan 2
dok. Redpeter Films Train to Busan 2: Peninsula berada di puncak box office empat negara Asia, yakni Korea Selatan, Taiwan, Singapura, dan Malaysia setelah dirilis lima hari lalu. (Dok. Redpeter Films)
Jakarta, CNN Indonesia --

Train to Busan 2: Peninsula berada di puncak box office empat negara Asia, yakni Korea Selatan, Taiwan, Singapura, dan Malaysia setelah dirilis lima hari lalu.

Next Entertainment World selaku distributor menyatakan film itu membawa penonton dan menghidupkan kembali bioskop setelah 'mati suri' akibat terdampak wabah virus corona.

Berdasarkan data Dewan Perfilman Korea, lebih dari 1,8 juta tiket Peninsula terjual di Korea Selatan sejak tayang perdana pada Rabu (15/7). Sekitar 960 ribu tiket sendiri terjual pada akhir pekan.


Dengan demikian, Peninsula diperkirakan bisa mengungguli #ALIVE, film bertema zombi yang dibintangi Yoo Ah-in  dan Park Shin-hye. Film itu sudah mencatat penjualan 1,85 juta tiket hingga Minggu (19/7) sejak tayang akhir Juni 2020.

Sementara itu, penjualan tiket Peninsula di Taiwan dan Singapura mencapai US$800 ribu dan US$147 ribu pada hari pertama penayangan.

Melansir Korea Herald, Next Entertainment World menyatakan angka penjualan itu lebih tinggi dibandingkan yang diperoleh Train to Busan pada 2016. Mereka juga menyatakan penjualan hak tayang Peninsula jauh lebih banyak ketimbang Train to Busan.

Hak tayang Peninsula terjual ke 185 negara. Sementara itu, Train to Busan pada empat tahun lalu terjual ke 160 negara dan kawasan.

Dalam waktu dekat, Peninsula juga akan tayang di beberapa negara, seperti Selandia Baru pada 6 Agustus, Finlandia, Swedia, Norwegia, Amerika pada 7 Agustus, serta Australia, Rusia, India, dan Filipina jelang akhir Agustus.

Sebelumnya, CBI Pictures selaku distributor film Peninsula juga mengumumkan film Train to Busan 2: Peninsula bakal tayang di Indonesia pada Agustus 2020.

[Gambas:Youtube]

Peninsula menjadi salah satu karya layar lebar yang paling dinanti tayang pada 2020 setelah Train to Busan menjadi film horor terlaris sepanjang sejarah Korea Selatan.

Film ini tetap disutradarai Yeon Sang-ho, tapi akan memiliki pergantian total seluruh pemain.

Sekuel dari Train to Busan ini akan dibintangi Kang Dong-won (1987: When the Day Comes), Lee Jung-hyun (The Battleship Island), Kwon Hae-hyo, Kim Min-hae (Psychokinesis), serta Lee Ye-won.

Mereka menjadi sekelompok orang yang menjalankan misi dan terpaksa kembali ke Korea Selatan, yang dikenal sebagai Peninsula setelah wabah zombi menyerang empat tahun lalu.

Dalam menjalankan misi, mereka juga menyelamatkan orang-orang yang masih bertahan hidup, tapi terjebak di Semenanjung Korea.

Mereka juga harus bertempur melawan zombi yang semakin ganas dari sebelumnya. Kelompok ini juga harus bertempur dengan kelompok militer yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Peninsula semakin menjadi sorotan setelah terpilih untuk meramaikan Cannes Film Festival 2020.

(chri/has)