Sinopsis Japan Sinks: 2020, Kala Jepang Dilanda Bencana Besar

CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 15:20 WIB
Japan Sinks: 2020 mengisahkan tentang gempa bumi besar yang melanda Jepang tak lama setelah Olimpiade Tokyo 2020. Japan Sinks: 2020 mengisahkan tentang gempa bumi besar yang melanda Jepang tak lama setelah Olimpiade Tokyo 2020.(dok: Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Serial anime Japan Sinks: 2020 telah tayang di Netflix sejak 9 Juli lalu. Berikut sinopsis anime Japan Sinks: 2020 yang diadaptasi dari novel karya Sakyo Komatsu.

Japan Sinks: 2020 mengisahkan tentang gempa bumi besar yang melanda Jepang tak lama setelah Olimpiade Tokyo 2020.

Di tengah kekacauan yang terjadi, kakak-beradik Mutou bersaudara berupaya melarikan diri dari kota bersama keluarga dan teman-teman mereka.


Kakak beradik itu yakni Ayumu, remaja SMP yang juga seorang pelari, dan adik laki-lakinya yang masih duduk di bangku SD dan pencinta video gim, Gou.

Jepang yang mulai tenggelam seolah terus mengejar keluarga tersebut tanpa henti. Mereka pun harus berhadapan dengan hidup atau mati, juga pilihan untuk bertemu atau berpisah.

Namun, keluarga Mutou percaya bahwa mereka memiliki kekuatan untuk bertahan hidup dengan upaya terbaiknya di tengah kenyataan mengerikan tersebut.

Serial animasi yang disutradarai Masaaki Yuasa ini diadaptasi dari novel berjudul Japan Sinks karya Sakyo Komatsu yang diterbitkan pada 1973. Komatsu dilaporkan membutuhkan waktu sembilan tahun untuk menyelesaikan novel bertema bencana itu.

Berkat novel tersebut, Komatsu memperoleh penghargaan di ajang Mystery Writers of Japan Award ke-27 dan Seiun Award.

Pada 1995, usai gempa bumi di Osaka-Kobe, Komatsu menerbitkan edisi kedua novel ini secara singkat dalam bahasa Inggris. Kemudian pada 2006,sekuel novel itu diterbitkan dan sempat ada pembahasan tentang seri ketiga.

Sebelum diadaptasi sebagai serial animasi, novel ini lebih dulu digarap menjadi film yang disutradarai oleh Shiro Moritani, lalu acara televisi yang disiarkan pada 1974-1975, serta produksi ulang film oleh Shinji Higuchi pada 2006.

Japan Sinks: 2020 dapat disaksikan secara streaming di Netflix.

[Gambas:Youtube]



(agn/end)