Selebritas Berduka Respons Ledakan di Libanon

CNN Indonesia | Rabu, 05/08/2020 08:22 WIB
Sederet pesohor, mulai dari Halsey hingga Sara Bareilles, berduka atas insiden ledakan di Beirut, Libanon, yang menewaskan setidaknya 70 orang, Selasa (4/8). Sederet pesohor, mulai dari Halsey hingga Sara Bareilles, berduka atas insiden ledakan di Beirut, Libanon, yang menewaskan setidaknya 70 orang, Selasa (4/8). (AFP/Kevin Winter)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sederet pesohor, mulai dari Halsey hingga Sara Bareilles, turut berduka atas insiden ledakan di Beirut, Libanon, yang menewaskan setidaknya 70 orang pada Selasa (4/8).

"Hati saya terluka melihat foto-foto di Beirut," tulis Halsey melalui jejaring sosial Twitter.

Penyanyi tersebut kemudian menanyakan kepada para pengikutnya mengenai cara terbaik yang dapat ia lakukan untuk membantu.


"Saya membaca dari banyak orang bahwa petisi saja tidak efektif dan donasi juga bisa berdampak pada penurunan nilai tukar. Adakah orang yang bisa berbagi informasi mengenai cara membantu paling efektif dan cepat?" tulis Halsey.

Sementara itu, musisi sekaligus aktris asal Amerika Serikat, Sara Beth Bareilles, juga mengaku sangat sedih mendengar kabar ledakan di Beirut.

"Ya Tuhan, Beirut. Memikirkan semua orang di sana. Sangat patah hati. Sangat hancur," tulis Bareilles.

Tak lama setelah Bareilles, musisi Gloria Estefan juga menulis di Twitter, "Berdoa untuk Libanon dan warganya yang baik."

Musisi yang namanya melambung berkat karyanya di film Birdman, Antonio Sanchez, juga mengucapkan duka dengan menulis di Twitter, "Pikiran saya bersama saudara dan saudari di tengah suasana menyeramkan di Beirut."

Situasi di Libanon memang dilaporkan muram setelah ledakan kuat di salah satu pelabuhan di Beirut, Libanon, merenggut lebih dari 70 nyawa dan melukai sekitar 3.000 orang. Ledakan tersebut begitu kuat hingga dapat memicu gempa lokal dengan magnitudo 3,5.

Menurut Kepala Badan Keamanan Libanon, Abbas Ibrahim, ledakan itu diduga kuat berasal dari sebuah gudang yang menyimpan bahan amonium nitrat yang berdaya ledak tinggi. Bahan kimia itu disita dari sebuah kapal beberapa tahun lalu.

Seorang pakar bahan peledak, Boaz Hayoun, menduga ledakan itu dipicu oleh kembang api. Dia mengungkapkan dugaan ini berdasarkan analisis rekaman video.

"Sebelum ledakan, di tengah titik ledakan, terlihat percikan dan terdengar suara seperti popcorn dan terdengar siulan. Itu mirip kembang api," kata Hayoun.

(has/has)