5 Rekomendasi Drama Korea Soal Kesehatan Mental

CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 06:16 WIB
Berikut 5 rekomendasi drama Korea yang mengangkat tema kesehatan mental seperti It's Okay To Not Be Okay. Sky Castle menyoroti beban mental dan emosional yang dialami siswa yang mencoba membuktikan diri dan menyenangkan keluarga mereka, (dok. JTBC via hancinema.net JTBC via IMDB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Drama Korea It's Okay To Not Be Okay yang mengangkat isu kesehatan mental telah rampung pada Minggu (9/8), sejak tayang pertengahan Juni lalu.

Bagi yang menyukai tema serupa, terdapat sejumlah drama Korea lain yang layak untuk disaksikan.

Berikut 5 rekomendasi drama Korea yang mengangkat tema kesehatan mental seperti It's Okay To Not Be Okay.


It's Okay, That's Love

Drama Korea It's Okay, That's Love bercerita tentang psikiater Ji Hae-soo (Gong Hyo-jin) yang memiliki genophobia atau ketakutan untuk berhubungan seks.

Gangguan yang ia rasakan itu kemudian mempengaruhi terhadap hubungan dengan Jang Jae-yeol (Jo In-sung) yang menderita skizofrenia.

Drama ini juga menyoroti karakter Park Soo-kwang (Lee Kwang-soo), sahabat Jang Jae-yeol yang menderita sindrom Tourette atau ketakutan pada bunyi klik.

Drama Korea It's Okay, That's Love dapat disaksikan secara streaming di Netflix.

[Gambas:Youtube]



Kill Me, Heal Me

Drama Korea Kill Me, Heal Me bercerita tentang Cha Do-hyun (diperankan Ji Sung), pewaris perusahaan besar yang mengalami gangguan identitas disosiatif.

Karakter Cha Do-hyun digambarkan menciptakan tujuh kepribadian sebagai bentuk pertahanan diri terhadap stres dan trauma masa kecilnya.

Untuk membantunya mengatasi gangguan tersebut dan bisa memimpin perusahaan dengan baik, dia pun mencari bantuan psikiater Oh Ri-jin (Hwang Jung-eum).

Drama Korea Kill Me, Heal Me dapat disaksikan streaming di Netflix.

[Gambas:Youtube]



Sky Castle

Meski tidak secara terang-terangan mengangkat isu kesehatan mental, tapi drama Korea Sky Castle cukup menunjukkan bagaimana karakternya mengalami stres, kecemasan, dan kelelahan yang luar biasa.

Hal itu secara tak langsung terjadi karena sistem pendidikan yang kejam di Korea Selatan. Sky Castle menyoroti beban mental dan emosional yang dialami siswa yang mencoba membuktikan diri dan menyenangkan keluarga mereka, sambil menunjukkan politik di antara orang tua.

Drama Korea Sky Castle dapat disaksikan di Netflix dan Viu.

[Gambas:Youtube]



Chocolate

Drama Korea Chocolate memang berfokus pada bidikan indah dari makanan lezat yang dibuat oleh Moon Cha-young (Ha Ji-won) dan Lee Kang (Yoon Kye-sang). Namun di balik itu, drama ini secara halus bercerita tentang masalah depresi.

Judul Chocolate dianggap menjadi metafora karena ada penelitian yang mengatakan bahwa cokelat dapat membantu mengatasi depresi.

Drama Korea Chocolate dapat disaksikan secara streaming di Netflix.

[Gambas:Youtube]



Cheese In The Trap

Secara umum, drama Korea Cheese In The Trap menggambarkan tentang Yoo Jung (Park Hae-oon) adalah siswa teladan. Dia seorang atlet, mendapat nilai bagus, dan sangat baik.

Namun, yang tidak diketahui orang lain adalah bahwa Yoo Jung sebenarnya hidup dengan gangguan kepribadian antisosial.

Drama Korea Cheese In The Trap dapat disaksikan secara streaming di Netflix.

[Gambas:Youtube]



(agn/end)

[Gambas:Video CNN]