Perjalanan Panjang 20 Tahun BoA Bermusik, dari Korea ke Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 25/08/2020 16:30 WIB
Berkarier sejak 20 tahun lalu, BoA menjadi salah satu idol membuka jalan bagi idol-idol kini berkembang ke dunia internasional, terutama ke Jepang. Berkarier sejak 20 tahun lalu, BoA menjadi salah satu idol membuka jalan bagi idol-idol kini berkembang ke dunia internasional, terutama ke Jepang. (dok. SM Town)
Jakarta, CNN Indonesia --

BoA resmi merayakan 20 tahun debut pada 25 Agustus 2020. Penyanyi kelahiran 5 November 1986 ini menjadi salah satu idol membuka jalan bagi idol-idol kini berkembang ke dunia internasional, terutama ke Jepang.

Penyanyi bernama lengkap Kwon Bo-ah pertama kali 'berkenalan' dengan SM Entertainment ketika menemani saudara laki-lakinya audisi pada 1998. Ia kemudian masuk, menjadi trainee selama dua tahun dan debut pada Agustus 2000.

Tak lama setelah itu, SM Entertainment bekerja sama dengan label asal Jepang, Avex Trax, untuk membangun karier BoA di negeri sakura tersebut. BoA pun sempat hiatus dari dunia musik Korea pada 2001 karena meniti karier di Jepang.


Dalam sejumlah kesempatan, BoA sempat menceritakan jalan berbatu yang dilalui ketika debut di Jepang. Ia mengakui kerap lip-sync ketika tampil di Korea. Namun, hal tersebut tak berlaku di Jepang. Ia harus selalu tampil secara langsung di setiap acara Jepang.

"Saya sangat ingin menari dan menyanyi dengan baik. Tapi saya selalu kehabisan nafas. Saya tidak siap," cerita BoA dalam acara Because I Want to Talk pada awal 2020.

Hal itu membuat agensi Jepang menilai dirinya baru mampu menggelar konser solo paling tidak dalam 10 tahun. Sejak saat itu, BoA sempat mengalami ketakutan untuk tampil. Hal itu membuatnya berhenti sementara waktu untuk memulihkan diri dan berlatih.

"Setiap kali naik ke panggung, saya merasa kehilangan satu tahun hidup saya. Untuk mengatasi itu, saya berhenti sejenak dan berlatih keras dengan menyanyi saat berlari di atas treadmill," cerita BoA.

Latihan itu tidak sia-sia. BoA berhasil mengatasi rasa takutnya dan menggelar konser perdana di Jepang bertajuk BoA 1st Live Tour Valenti pada 2003.

Ia juga menjadi bintang Korea pertama yang berhasil menjual tiga album lebih dari 1 juta keping di Jepang. BoA juga menjadi salah satu solois yang berhasil menempati posisi pertama di tangga musik Oricon yang selama ini 'dikuasai' Ayumi Hamasaki dan Utada Hikaru.

Tak lama setelah itu, BoA kembali ke Korea dan debut di Amerika Serikat pada 2008 melalui lagu Eat You Up. Ia juga debut dalam film Hollywood Make Your Move 3D pada 2013.

[Gambas:Youtube]



Sejak debut, BoA setidaknya sudah merilis 19 album studio, yakni 9 album Korea, 9 album Jepang, dan 1 album berbahasa Inggris.

BoA juga kerap tampil sebagai mentor acara ajang pencarian bakat seperti K-pop Star (2011-2013), musim kedua Produce 101 (2017), serta musim ketiga The Voice of Korea (2020).

Pelantun lagu No.1 ini juga beberapa kali tampil dalam drama serta film seperti Listen to Love, Athena: Goddess of War, Venus Talk, serta Big Match.

Saat ini, BoA menjabat sebagai direktur kreatif SM Entertainment bersama Kangta. Ia juga pernah dipercayakan untuk mengawasi kesehatan mental para artis yang debut di usia muda.

Demi memperingati hari debut ke-20, BoA bakal mengadakan siaran langsung 'BoA Still Our No.1 - BoA Debut 20th Anniversary Special V LIVE' pukul 18.25 WIB, melalui kanal V LIVE SMTOWN.

Pada siaran tersebut, BoA akan merayakan 20 tahun debutnya, mengadakan sesi Q&A bersama penggemar, dan berbagi cerita, menjadikan siaran ini sebagai waktu yang spesial.

[Gambas:Youtube]



(chri/end)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK