6 Film Misteri Barat yang Bagus untuk Ditonton

Tim, CNN Indonesia | Senin, 19/10/2020 00:11 WIB
Film misteri seakan menjadi candu tersendiri bagi penggemar film karena punya jalan cerita rumit dan penuh teka-teki. Berikut film misteri barat yang bagus. Film misteri seakan menjadi candu tersendiri bagi penggemar film karena punya jalan cerita rumit dan penuh teka-teki. Berikut 5 film misteri barat yang bagus. (Film Knives Out, Foto: Dok. Lionsgate via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menonton film misteri seakan menjadi candu tersendiri bagi penggemar film dengan jalan cerita yang rumit dan penuh teka-teki. Menebak jalan akhir cerita tentu tak lepas dari serangkaian film misteri barat yang bagus.

Terlebih film barat layaknya mampu membungkus kisah-kisah misteri yang dipadukan dengan genre thriller dengan apik.

Mulai dari cerita yang plot twist, latar tempat yang mendukung, hingga kekuatan karakter pemain. Bumbu itu sangat cukup menjadikan film barat yang mengusung genre misteri kerap mengantongi penghargaan internasional.


Berikut CNNIndonesia.com rangkum enam film misteri barat yang bagus dan bisa dijadikan referensi tontonan bersama keluarga maupun sendirian.


1. The Prestige (2006)

[Gambas:Youtube]

Film garapan sutradara andal Christopher Nolan ini memiliki plot cerita yang menarik dengan mengusung misteri dari dunia sulap.

Dalam durasi total selama 130 menit, penonton akan diajak melihat kisah pertemanan Alfred Borden (Christian Bale) dan Robert Angier (Hugh Jackman). Keduanya merupakan murid didikan pesulap senior Milton (Ricky Jay).

Namun pertemanan itu ternyata menyimpan 'duri', sebab keduanya tak suka dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing. Persaingan mereka pun turut mewarnai beberapa adegan sepanjang film.

Ini diperparah setelah insiden kecelakaan sulap yang mengakibatkan istri Angier, Julia McCullough (Piper Perabo) meninggal dunia akibat kesalahan teknis sulap. Tak ayal, Angier meradang dan menuding Borden sebagai penyebab segala kesalahan yang membuat istrinya tewas.

Sejak saat itu, mereka semakin bertarung dengan sengit. Sepanjang perjalanan karier, mereka mencoba untuk mengalahkan satu sama lain, baik dalam teknis sulap dan ilusi yang dianggap paling berbahaya dan misterius.

Namun, karier Borden tampak lebih bersinar karena ia menguasai trik ilusi dengan baik, sementara Angier menguasai teknik sulap dengan tipu daya tarik klasik. Ilusi yang diciptakan Borden membuat Angier tertarik dan menelusuri rekam jejak Borden, hingga akhirnya ia menemukan sesuatu yang sangat menarik.

The Prestige mengambil latar waktu abad ke-19 di London, Inggris yang menjelaskan pemahaman terkait tiga aksi yang harus dimiliki seorang pesulap.

Aksi tersebut meliputi 'The Pledge', sebagai awal permulaan sesuatu yang biasa saja bagi penonton, kemudian 'The turn', yang mana seorang pesulap memulai atraksi triknya seperti menghilangkan sebuah benda.

Terakhir 'The Prestige' atau aksi mengembalikan benda yang hilang ke tempat semula. Ketika pesulap mampu menguasai tiga aksi itu, maka ia dapat disebut pesulap andal dan kredibel.


2. Shutter Island (2010)

[Gambas:Youtube]

Film misteri terbaik ini merupakan adaptasi dari novel Shutter Island karangan Dennis Lehane ini. Bahkan sepanjang cerita hingga akhir pun penonton akan diliputi teka-teki oleh film garapan sutradara Martin Scorsese ini.

Shutter Island mengisahkan tentang perjalanan tentara marsekal AS Edward 'Teddy' Daniels (Leonardo DiCaprio) dan rekannya Chuck Aule Mark (Ruffalo) yang mendapatkan tugas untuk menyelidiki sebuah kasus hilangnya tawanan di sebuah rumah sakit jiwa bernama Ashecliffe.

Ashecliffe merupakan rumah sakit yang merawat para kriminil gila. Selain itu, letaknya yang berada di sebuah pulau terpencil bernama Shutter, yang terletak di dekat pelabuhan Boston.

Seorang pasien tawanan bernama Rachel Solando (Emily Mortimer) diketahui kabur di tengah penjagaan yang ketat. Dalam penugasannya, mereka berdua dibantu dan berkoordinasi dengan dokter psikiater John Cawley (Ben Kingsley).

Teddy menemukan banyak hal janggal di rumah sakit jiwa tersebut. Dalam misinya ia juga 'nyambi' mencari pasien tawanan yang menyebabkan istrinya, Dolores Chanal (Michelle Williams) meninggal dalam sebuah kebakaran. Kebakaran dalam sebuah apartemen yang dilakukan oleh Andrew Laeddis (Elias Koteas).

Suatu hari badai besar memorak-porandakan tempat tersebut. Akibatnya banyak tawanan yang lari dari kamarnya. Saat itu juga, Cawley menyatakan bahwa Rachel telah ditemukan dengan keadaan baik-baik saja.

Namun setelah situasi itu, Teddy berusaha tetap mencari Laeddis dan menuju mercusuar di pulau itu. Tak disangka, dari situlah suatu hal ngeri terkuak. Jalanan cerita itu membuat film ini memiliki plot twist dan ending yang masih menjadi teka-teki penontonnya.


3. Gone Girl (2014)

Rosamund Pike dalam film Gone Girl dan masuk nominasi Oscar untuk kategori aktris terbaik 2015.Foto: Twentieth Century Fox Film Corporation
Gone Girl termasuk sebagai film misteri barat yang bagus dan berhasil masuk nominasi Oscar.

Film thriller garapan David Fincher ini tampaknya memang terlihat sederhana, nyeleneh, namun tetap mengusung genre misteri, yang menjadi teka-teki sepanjang menonton film berdurasi 149 menit.

Nick Dunne (Ben Affleck) dan Amy Elliott Dunne (Rosamund Pike) merupakan pasangan muda yang telah menginjak usia pernikahan ke- 5. Mereka berdua terpaksa harus pindah dari New York City ke kota kecil Midwestern di North Carthage, Missouri tempat asal Nick, sebab Nick yang di-PHK.

Di hari pernikahannya, Amy ditemukan hilang. Hilangnya Amy menuai kehebohan di tengah publik, pasalnya Amy terkenal dalam sebuah buku 'The Amazing Amy' yang mengabadikan kisah hidup Amy secara berkala dari kanak-kanak hingga remaja.

Media massa dan elektronik gencar memberitakan kabar hilangnya Amy. Bahkan, serangkaian pemeriksaan dan hasil investigasi polisi yang dipimpin oleh Detektif Rhonda (Kim Dickens) ini justru menyudutkan Nick.

Nick diduga telah membunuh istrinya, dan hal itu tentu saja meledakkan opini publik bahwa Nick adalah seorang psikopat jahat. Nick bahkan harus melakukan serangkaian klarifikasi ke sebuah acara di TV, bahwa dia memastikan dia bukanlah pembunuh istrinya, pasalnya keadaan keluarganya baik-baik saja.

Disini penonton akan dibuat bingung manakala Amy ternyata dalang dibalik semua ini, ia masih hidup dan sengaja membuat skenario kepada Nick. Hal itu ia lakukan untuk balas dendam kepada Nick yang telah berselingkuh darinya.

Film yang mendapatkan keuntungan sebesar 370 juta dolar AS ini, mengangkat tema keluarga, dengan ikon perempuan manis yang 'gila' bernama Amy. Namun penonton juga akan dibawa ke dalam emosi Amy, sehingga tak sedikit juga penonton yang sepakat dengan aksi yang dilakukan Amy terhadap Nick.

4. Searching (2018)

Film ‘Searching’. (dok. Sony Pictures Entertainment)Foto: dok. Sony Pictures Entertainment
Searching adalah film misteri barat yang bagus dengan banyak adegan interaksi di depan layar komputer

Menonton film ini, maka penonton tak boleh bosan menyaksikan banyak adegan dari David Kim (John Cho) yang banyak berinteraksi dengan komputer, dalam melakukan pencarian anak perempuannya, Margot Kim (Michelle La) yang hilang.

Sepanjang film, penonton akan diajak melihat layar laptop, percakapan lewat internet, dan sosial media beberapa orang.

Margot yang hilang telah membuat David kebakaran jenggot. Ia kemudian melapor ke kepolisian, dan dibantu oleh Detektif Rosemary Vick (Debra Messing) dalam kasusnya ini.

Mereka berdua terus mencari keberadaan Margot, melalui stalking sosial media Margot, hingga menelusuri kontak Margot dengan teman-temannya. Sudah 37 jam hilang, polisi seakan menyuruh David untuk rehat sejenak. Namun David terus berusaha mencari hingga menemukan sebuah kesimpulan posisi terakhir putrinya.

Nah, plot twist yang dihadirkan cukup membuat penonton mampu geleng-geleng. Tak heran jika film Searching mendapatkan penghargaan Alfred P. Sloan Prize 2018. Bahkan, sang produser sekaligus terlibat dalam penulisan naskahnya, Sev Ohanian mendapatkan NEXT Audience Award dan Amazon Studios Producer Award ketika dikenalkan pada Festival Film Sundance 2018.

5. The Raven (2012)

[Gambas:Youtube]

The Raven menceritakan tentang penulis dan penyair bernama Edgar Allan Poe (John Cusack) yang bekerja sama dengan detektif muda Baltimore (Luke Evans) untuk mengungkap kasus dan memburu pembunuh berantai gila. Sang pembunuh menggunakan karya Poe sebagai rujukan dalam melakukan serangkaian pembunuhan brutal.

Kejadian pertama terjadi di Baltimore pada abad ke-19. Detektif Emmett Fields (Luke Evans) pertama kali mengusut kasus pembunuhan seorang ibu dan anak perempuan. Penelusuran awal ditemukan kejadian ini menyerupai kejahatan fiksi dalam cerita karangan Edgar Allan Poe (John Cusack).

Tak berhenti sampai situ, pembunuhan lain terus terjadi dan masih terinspirasi dari tulisan Poe sebagai latar amukan berdarahnya. Fields menyadari bahwa seorang pembunuh berantai ini masih berkeliaran. Kemudian ia meminta bantuan Poe untuk membantu menghentikan pembunuhan tersebut.

Semakin lama, orang terdekat Poe menjadi sasaran korban berikutnya. Poe kemudian menggunakan berputar otak untuk mencoba menyelesaikan kasus ini sebelum terlambat.

6. Knives Out (2019)

[Gambas:Youtube]

Dalam durasi 130 menit, penonton akan diajak melihat penyelidikan terhadap seorang anggota keluarga kaya raya yang meninggal dunia. Rian Johnson membuat filmnya kali ini sebagai sebuah teka-teki yang menjadikan penonton turut berpesta dalam menebak pelaku sesungguhnya.

Film ini bercerita tentang Harlan Thrombey (Christopher Plummer), seorang penulis novel misteri yang kaya raya. Namun, di ulang tahunnya yang ke-85, ia tewas secara misterius di sofa ruan bacanya. Ia pertama kali ditemukan tewas, dengan leher tersayat pisau oleh seorang pengasuhnya, Marta (Ana de Armas).

Seorang detektif terkenal, Benoit Blanc (Daniel Craig), datang untuk menyelidiki kasus ini. Otomatis, seluruh keluarga besar Trombley menjadi sasaran pertanyaan dan penyelidikan sang detektif.

Penyelidikan Blanc dimulai dengan mendengar kesaksian keluarga besar Trombley, yakni Linda (Jamie Lee Curtis), putri pertama Harlan yang menjadi pengusaha sukses, kemudian suami Linda, Richard (Don Johnson) yang dikisahkan sebagai pribadi angkuh dan tukang selingkuh.

Kemudian Blanc juga memeriksa Walt (Michael Shannon), anak kedua Harlan yang mewarisi usaha penerbitan ayahnya. Lalu Joni (Toni Collette), serta kedua cucu Harlan, Meg (Katherine Langford) dan Jacob (Jaden Martell).

Film misteri barat yang bagus ini tayang perdana di Festival Internasional Toronto 2019 pada 7 September lalu, kemudian dirilis di bioskop Amerika Serikat pada 27 November 2019.

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]