Daftar Film tentang Balas Dendam dari Berbagai Genre

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 19/09/2020 02:25 WIB
Berikut 7 film tentang balas dendam yang masing-masing punya cara uniknya sendiri dalam menuntut balas pada lawannya. Berikut 7 film tentang balas dendam yang masing-masing punya cara uniknya sendiri dalam menuntut balas pada lawannya. (Foto: Dok. Warner Bros Pictures via youtube)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai tema kehidupan bisa diangkat menjadi sebuah film, termasuk film tentang balas dendam. Bibit balas dendam muncul ketika sakit hati akibat perbuatan orang lain.

Demi memuaskan rasa sakit hatinya, seseorang berani membalaskan hal serupa atau menyakiti dengan cara lain. Film tentang balas dendam seperti ini tentu harus dikonsumsi secara bijak.

Berikut 7 film yang mengangkat tema tersebut yang masing-masing punya caranya sendiri dalam membalaskan dendam.



1. John Wick 3 (2019)

John WickFoto: Dok. Lionsgate Movies via youtube.com
John Wick adalah film balas dendan yang dibintangi Keanu Reeves.

John Wick 3: Parabellum adalah satu judul dari rangkaian trilogy kisah sang karakter utama bernama John Wick. Dia sejak awal dikisahkan sudah melanglang buana menjadi seorang predator dan membunuh banyak orang.

Pada film kali ini John Wick (Keanu Reeves) dikisahkan telah pensiun dari pekerjaannya itu. Namun satu kejadian memantik amarahnya dan membuat dia harus kembali beraksi.

Penyebabnya, John Wick mendapati anjing kesayangannya mati. Selain itu mobil mustang yang telah lama dia rawat dicuri sekelompok orang yang tak dia ketahui. Wick pun mulai menelusuri kawanan itu dan bertemu dengan sekelompok mafia Rusia. 


2. Payback (1999)

[Gambas:Youtube]

Payback mengisahkan seorang pencuri bernama Porter (Mel Gibson). Dalam aksinya dia ditemani oleh Val Resnick (Gregg Henry). Satu waktu Val mengajak Porter mencuri uang sebesar USD140.000 yang dibawa oleh kurir Asia.

Mereka pun kemudian sukses mendapatkannya dan mulai bagi hasil. Porter meminta USD70.000 sesuai kesepakatan, namun Val tidak menepatinya. Bahkan secara tak terduga istri Val yang bernama Lynn (Deborah Kara) melepaskan tembakan ke punggung Porter.

Dia menembakkan peluru berkali-kali dan setelah itu kabur bersama Val membawa semua uang hasil curian. Nyatanya Porter selamat, dia tidak mati. Sejak itu mulai berencana membalas dendam kepada Val dan istrinya.


3. Taken (2008)

[Gambas:Youtube]

Film Taken berkisah soal mantan anggota Central Intelligence Agency (CIA) bernama Bryan (Liam Neeson) yang telah pensiun. Bryan memutuskan pensiun sebab ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk putrinya.

Putrinya bernama Kim (Maggie Grace) dan sudah tinggal bersama ibu serta ayah tirinya. Satu waktu Kim meminta izin kepada Bryan untuk pergi ke Paris bersama temannya, Amanda (Katie Cassidy).

Bryan curiga dengan hal tersebut, namun karena bujukan dari mantan istrinya dia pun memberi izin pada Kim untuk berangkat. Namun itu semua rupanya bohong. Kakak yang disebut Kim tidak pernah ada. 


4. Gladiator (2000)

[Gambas:Youtube]

Film tentang balas dendam satu ini mengambil latar tempat dan waktu era kerajaan Romawi. Berkisah soal Jenderal tempur Maximus (Russel Crowe), salah satu Jenderal tempur Kekaisaran Romawi. Dia menjadi tulang punggung Kaisar hingga berhasil menguasai separuh dunia.

Namun pada satu waktu, Kaisar tewas dibunuh dan ia difitnah menjadi pelakunya. Maximus kemudian mendapat hukuman pancung, namun selamat. Sejak itu Maximus menjalani hari-hari yang muram, mulai dari menjadi budak hingga seorang gladiator.


5. Nocturnal Animals (2016)

[Gambas:Youtube]

Berkisah soal Susan Morrow (Amy Adams) yakni seorang pemilik atau kurator seni modern kelas atas yang menghadapi intrik pada pernikahannya yang kedua. 

Satu waktu setelah 19 tahun tidak berjumpa, suami pertama Susan, Edward yang merupakan penulis novel mengirimkan novel karya terbarunya. Namun novel yang dia baca ini seakan menggambarkan rasa sakit hati Edward setelah ditinggalkan.

6. The Revenant (2015)

[Gambas:Youtube]

The Revenant bercerita soal Hugh Glass yang diperankan Leonadro DiCaprio adalah seorang pemandu jalan untuk sekelompok tim ekspedisi yang mendapatkan bulu untuk dijual.

Dalam perjalanan mencari bulu tersebut Glass beserta para tim ekspedisi diserang suku Indian yang tidak terima dengan kehadiran mereka. Mereka pun mulai lari dan bersembunyi dari kejaran suku Indian.

Di tengah perjalanan Glass diserang beruang Grizzlly hingga terluka parah bahkan nyaris tidak bisa bertahan hidup. Kendati demikian kapten tim ekspedisi tersebut, Kapten Henry yang diperankan Domhnall Gleeson memberikan perintah kepada tiga awaknya untuk menemani Glass hingga ia mati.

7. Joker (2019)

Film JokerFoto: Dok. Warner Bros Pictures
Joker adalah film balas dendam tentang pria kelas bawah yang selalu gagal dan dirundung banyak kekecewaan.

Joker berfokus pada perjalanan sosok komedian gagal, Arthur Fleck (dibintangi Phoenix), pria yang diabaikan oleh masyarakat dan berubah menjadi penjahat yang sangat keji.

Arthur tumbuh dari masyarakat kalangan bawah yang terus gagal untuk meraih kesuksesan dalam profesinya sebagai komedian stand up. Hidupnya kerap dirundung pilu.

Titik terbawah hidup Arthur terjadi saat ia diolok-olok oleh presenter yang diperankan Robert De Niro lewat siaran TV nasional. Begitu banyak kekecewaan yang membuatnya menjadi pribadi pahit dan akhirnya, berubah menjadi pembunuh.

Setelah tayang perdana di Venice Film festival, Joker mendapatkan sambutan hangat dari para penonton dan kritikus film. Perlu ditekankan bahwa film tentang balas dendam satu ini mengusung komedi gelap , oleh karena itu perlu kebijaksanaan dari penonton.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]