IU Bawa Lagu Spesial dalam Konser 12 Tahun Debut

CNN Indonesia | Jumat, 18/09/2020 15:02 WIB
Dalam mini konser yang bakal digelar Jumat (18/9), IU dikabarkan akan membawakan lagu yang belum pernah resmi dirilis sebelumnya. Dalam mini konser yang bakal digelar Jumat (18/9), IU dikabarkan akan membawakan lagu yang belum pernah resmi dirilis sebelumnya. (dok. 1theKOriginal.)
Jakarta, CNN Indonesia --

IU bakal memberikan penampilan spesial bagi penggemar dalam peringatan 12 tahun di industri musik Korea. Dalam mini konser yang bakal digelar pada Jumat (18/9), IU dikabarkan akan menyanyikan lagu yang tak pernah ditampilkan di layar kaca dan yang belum pernah resmi dirilis sebelumnya.

"Penampilan spesial seperti lagu yang belum pernah dirilis hanya bisa disaksikan dalam mini konser tersebut," kata tim produksi seperti dilansir Mail Daily via Naver.

IU bakal merayakan 12 tahun debut lewat mini konser yang digelar pada Jumat (18/9). Acara tersebut bisa disaksikan di acara musik Yoo Hee-yeol Sketchbook, KBS atau IU Channel Naver V Live mulai pukul 18.00 WIB.


Mini konser tersebut akan berlangsung sekitar 100 menit. IU turut mempromosikan acara spesial itu di akun resmi Twitternya sejak Kamis (17/9).

"V Live perayaan 12 tahun debut IU. Rayakan hari ini bersama dengan Jieun. Sampai jumpa besok Uaena (fan)," tulisnya.



Tim produksi mengungkapkan IU telah menyelesaikan rekaman 13 lagu selama 14 jam untuk penampilan tersebut. Beberapa lagu hit seperti Good Day, BBIBBI, Blueming, dan Eight bisa dinikmati penggemar dalam acara itu. Penampilan itu direkam tanpa penonton di lokasi demi meredam penyebaran Covid-19.

IU resmi debut sebagai penyanyi ketika berusia 15 tahun pada 18 September 2008 dalam acara musik M Countdown lewat single Lost Child. Ia kemudian merilis mini album perdana, Lost and Found pada 24 September 2008.

Berkat album tersebut, IU ditetapkan sebagai Rookie of the Month oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Wisata Korea Selatan pada November 2008. Namun, album tersebut tak begitu laku di pasaran.

Namanya mulai semakin dikenal ketika merilis Marshmallow yang menjadi lagu utama dalam mini album kedua, IU...IM pada akhir 2009. Di tahun yang sama, ia juga sudah mengisi soundtrack drama Strike Love dan Queen Seondeok.

Pada 2010, karier IU semakin menanjak hingga kini. Ia merilis Nagging bersama Lim Seul-ong 2AM, Good Day, bergabung dalam acara variety Heroes, kemudian debut sebagai aktris dalam drama remaja hit Dream High. Ia juga merilis Someday sebagai salah satu lagu tema drama tersebut.

Sejak debut, IU sudah membawa pulang lima piala Daesang atau yang juga dikenal sebagai hadiah utama, dari berbagai ajang penghargaan musik Korea. Tiga piala berasal dari Melon Music Awards.

Pada 2015, ia juga diberikan penghargaan Pop Culture & Arts Awards oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Wisata Korea karena pengaruh dan kesuksesannya di industri musik.

Musisi ini tak hanya dikenal melalui kemampuan akting dan keindahan suaranya. IU juga dikenal lewat kedermawanannya. Ia tak pernah absen berdonasi untuk anak-anak kurang mampu, memberikan beasiswa untuk sekolahnya, bagi orang terdampak Covid-19, dan masih banyak lagi.

Ia sempat masuk Heroes of Philanthropy Forbes Asia 2019. IU juga rutin diberi label masyarakat terbaik oleh pemerintah karena rutin membayar pajak. Sejak Februari 2012, IU juga menjadi duta Kepolisian Nasional Korea untuk kampanye anti perundungan di sekolah.

[Gambas:Youtube]



(chri/end)

[Gambas:Video CNN]