Lima Film Berlatar Kota Bandung, Jomblo hingga Dilan 1990

CNN Indonesia | Jumat, 25/09/2020 11:55 WIB
Kota Bandung merayakan hari jadinya yang ke-210 hari ini, Jumat (25/9). Selama berdiri, kota ini juga identik sebagai latar sejumlah film Indonesia. Selama berdiri, Kota Bandung juga identik sebagai latar sejumlah film Indonesia, termasuk Dilan 1990. (Dok. Falcon Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kota Bandung merayakan hari jadinya yang ke-210 pada hari ini, Jumat (25/9). Selama berdiri, kota ini juga dikenal identik sebagai latar tempat sejumlah film Indonesia.

Sebut saja film Dilan 1990, Jomblo, hingga Petualangan Sherina. Kota Kembang seakan tak bisa dipisahkan ketika membicarakan film-film tersebut.

Berikut lima film yang identik dengan Kota Bandung.


Dilan 1990 (2018)

Film Dilan 1990 (2018) berfokus pada cerita cinta sepasang anak SMA, Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla).

Dilan, siswa SMA yang juga ketua geng motor di Bandung, berupaya mendekati Milea, siswa pindahan dari Jakarta.

Tingkah tak terduga Dilan yang melancarkan rayuan-rayuan menggelitik membuat Milea mabuk kepayang. Mulai penasaran, Milea akhirnya jatuh hati pada ketua geng motor yang awalnya ia anggap aneh itu.

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis asal Bandung, Pidi Baiq. Dilan 1990 menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Dilan 1990 dapat disaksikan secara streaming di Netflix dan KlikFilm.

[Gambas:Youtube]

Heart (2006)

Film Heart berfokus pada kisah cinta segitiga antara Rachel (Nirina Zubir), Farrel (Irwansyah), dan Luna (Acha Septriasa).

Rachel dan Farrel dikisahkan bersahabat sejak kecil karena mereka sama-sama tinggal di Bandung. Di sana, mereka sering bermain basket bersama.

Suatu hari di toko buku, Farrel tidak sengaja bertemu dengan Luna dan seketika jatuh cinta padanya. Dia pun mengharapkan bantuan dari Rachel untuk meluluhkan hati Luna.

Namun di balik itu, Rachel ternyata diam-diam cemburu.

Jomblo (2006)

Film garapan Hanung Bramantyo ini mengisahkan persahabatan empat mahasiswa Bandung yang diperankan Dennis Adhiswara, Ringgo Agus Rahman, Rizky Hanggono, serta Christian Sugiono.

Di antara mereka, hanya Doni yang seolah mudah mendapatkan perempuan, sementara ketiga temannya hanya bisa menikmati hidup sebagai jomlo.

Keempat pria ini kemudian dihadapkan pada masalah persahabatan, pengkhianatan, hingga kisah cinta segitiga.

Film ini diangkat dari novel Jomblo karya Adhitya Mulya yang sangat laris di pasaran hingga sudah 13 kali dicetak ulang.

[Gambas:Youtube]

Petualangan Sherina (2002)

Film yang dirilis pada 2000 ini menceritakan petualangan gadis cilik bernama Sherina (Sherina Munaf) yang baru pindah ke kota Bandung.

Saat pindah, ia bertemu Sadam (Derby Romero), anak nakal yang mengganggu hari-hari pertama Sherina di sekolah barunya.

Setelah bermusuhan dengan Sadam di sekolah, Sherina harus menerima kenyataan bahwa bocah lelaki itu merupakan anak dari pemilik kebun yang dikelola sang ayah. Konflik terjadi ketika mereka berdua harus menghabiskan liburan bersama.

Film ini dapat disaksikan secara streaming di Netflix.

[Gambas:Youtube]

From Bandung with Love (2008)

Film From Bandung with Love menceritakan kisah cinta penyiar radio di Bandung, Vega (Marsha Timothy), yang memiliki nama samaran Vey.

Vey bertemu dengan pria bernama Dion (Richard Kevin) ketika sedang mengerjakan penelitian untuk program radionya. Ia kemudian terlibat masalah percintaan dengan Dion.

(agn/has)