Pernah Jadi Superman, Henry Cavill Mantap Perankan Sherlock

CNN Indonesia | Jumat, 25/09/2020 17:17 WIB
Henry Cavill percaya diri memerankan karakter Sherlock Holmes dalam Enola Holmes, terutama karena sudah terbiasa memerankan Superman. Henry Cavill percaya diri memerankan karakter Sherlock Holmes dalam Enola Holmes, terutama karena sudah terbiasa memerankan tokoh terkenal, seperti Superman. (Dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor Henry Cavill mengaku mantap dan tidak merasa tertekan memerankan karakter Sherlock Holmes dalam film Enola Holmes, terutama karena sudah terbiasa memerankan tokoh terkenal, seperti Superman.

"Saya tidak pernah merasa tertekan ketika memerankan karakter ini, lebih kepada perasaan tertarik. Hal seperti ini sudah saya alami saat memerankan Superman dan The Witcher," kata Cavill saat wawancara virtual terbatas dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Ia tidak ambil pusing terhadap tekanan dari luar film. Menurutnya, pekerjaannya sebagai aktor akan semakin berat bila memikirkan berbagai tekanan yang pada akhirnya bisa berdampak pada kualitas akting.


Baginya, yang penting ketika memerankan karakter terkenal adalah bekerja sefokus mungkin. Selain itu, ia juga harus bekerja sama dengan sutradara dan lawan main agar benar-benar bisa memerankan karakter dengan baik.

"Ini kesempatan yang luar biasa untuk memerankan karakter (Sherlock) ini, saya menyukainya. Saya berharap bisa memerankan semua karakter tersebut di masa mendatang. Kita akan lihat nanti," kata Cavill.

Sejak dibuat pada 1887 oleh Sir Arthur Conan Doyle, karakter Sherlock telah diperankan lebih dari 75 aktor. Sejumlah aktor terkenal yang memerankan Sherlock pada era modern adalah Roger Moore, John Cleese, Benedict Cumberbatch, dan Robert Downey Jr.

Pada era 2000-an, Cumberbatch dan Downey paling dikenal memerankan Sherlock. Cumberbatch berperan dalam serial yang digarap BBC dan Downey menjadi tokoh tersebut dalam dua film yang disutradarai Guy Ritchie.

Bila diperhatikan, Sherlock yang diperankan Cumberbatch dan Downey berbeda. Cavill mewajarkan hal itu karena aktor kerap menempatkan sebagian diri mereka dalam karakter yang diperankan.

"Benedict berbeda dengan saya, pun begitu dengan Robert. Bagi saya, bukan soal bagaimana menampilkan (Sherlock) secara berbeda, tetapi bagaimana mengaplikasikan diri saya pada karakter itu secukupnya. Secara natural, itu juga pasti akan berbeda," kata Cavill.

[Gambas:Youtube]

Salah satu perbedaan sosok Sherlock dalam Enola Holmes ketimbang dalam film atau serial lain adalah kemunculan emosi yang cukup kentara. Biasanya, Sherlock tidak ditampilkan minim emosi.

Dalam beberapa adegan, Sherlock diperlihatkan cuek dan tidak peduli kepada Enola. Namun sebenarnya, ia sangat sayang dan peduli kepada Enola, walau tidak digambarkan secara gamblang.

"Pekerjaan terbanyak terjadi saat latihan. Millie dan saya bekerja sama dengan keras untuk menemukan ikatan dan emosional antara saya dengan Millie dan antara karakter Enola dengan Sherlock," kata Cavill. 

(adp/has)