5 Film Berlatar Keindahan Air Terjun

CNN Indonesia | Minggu, 27/09/2020 15:17 WIB
Berikut daftar lima film luar dan dalam negeri yang menyajikan keindahan alam air terjun. Foto ilustrasi. Air terjun Tambrauw, Papua Barat. (Dok. Kementerian Pariwisata)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi Covid-19 membuat wisata alam seperti lokasi air terjun yang jauh dari keramaian sebagai pilihan destinasi untuk menghilangkan penat sejenak.

Selain jadi objek wisata yang menenangkan, sejumlah lokasi air terjun di Indonesia ataupun dunia pun telah lama menjadi latar dalam sebuah film.

Berikut sejumlah film yang berlatar keindahan air terjun:


1. Up

Animasi Pixar ini menjadi salah satu film populer yang menggunakan lokasi air terjun tidak hanya sebagai latar tapi juga inti cerita.

Kisahnya bercerita tentang Carl Fredricksen yang berpetualang ke Paradise Falls untuk mewujudkan mimpi istrinya yang telah meninggal dunia, Ellie. Carl memboyong rumahnya dengan ribuan balon dengan ditemani oleh bocah bernama, Russel.

Paradise Falls yang diceritakan dalam film aslinya berlatar di Angel Falls di Venezuela.

Up dapat disaksikan secara streaming di Disney+ Hotstar.

[Gambas:Youtube]

2. Susah Sinyal

Film garapan sutradara Ernest Prakasa ini mengisahkan tentang konflik antara ibu dan anak, Ellen (diperankan Adinia Wirasti) dan Kiara (Aurora Ribero) sebagai ibu dan anak.

Sibuk dengan berbagai macam kasus besar yang dItangani, Ellen yang berprofesi sebagai pengacara sulit meluangkan waktu untuk putri semata wayangnya. Oma Agatha (Niniek L. Karim) hanyalah satu-satunya orang yang kerap memperhatikan dan mengurus Kiara.

Ellen lantas sadar ia perlu berusaha menjalin kembali komunikasi yang sudah renggang dengan Kiara. Sumba, Nusa Tenggara Timur, menjadi tempat yang dipilih dengan harapan ikatan ibu-anak ini bisa kembali seperti sedia kala.

Selama adegan di Sumba, salah satu lokasi yang menjadi latar di film ini adalah Air Terjun Tanggedu.

Film Susah Sinyal dapat disaksikan secara streaming di Netflix.

[Gambas:Youtube]

3. King Kong

Film King Kong yang dirilis perdana pada Desember 2005 ini mengambil lokasi air terjun di Pulau Mursala, di Tapanuli, Sumatera Utara sebagai latar dalam salah satu adegannya.

Film yang disutradarai Peter Jackson ini bercerita tentang pembuat film Carl Denham dan krunya bertemu dengan kera raksasa di Pulau Tengkorak dan memenjarakannya untuk kemudian dibawa ke New York.

Namun, mereka mendapat masalah saat kera raksasa itu dilepaskan di kota.

Film King Kong dapat disaksikan secara streaming di Amazon Prime Video.

[Gambas:Youtube]

4. Air Terjun Pengantin

Seperti judulnya, film Air Terjun Pengantin menjadikan air terjun sebagai latar utama.

Film ini menggunakan latar destinasi Air Terjun Pengantin yang terletak di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi dan berada di lereng Gunung Lawu.

Kisahnya tentang sekelompok anak muda yang terjebak di Pulau Pengantin. Dulunya, lokasi tersebut diceritakan menjadi tempat pembantaian di mana terdapat dukun ilmu hitam bertopeng yang menculik seorang wanita untuk dijadikan pengantinnya.

Sang dukun dikejar warga setempat hingga ia terpojok ke sebuah air terjun. Keduanya kemudian terjatuh ke air terjun.

Dukun tersebut frustrasi mendapati wanitanya meninggal dunia. Ia lalu membunuh seluruh warga yang ada di sana.

[Gambas:Youtube]

5. Indiana Jones & Kingdom of the Crystal Skull

Film ini mengambil latar di Air Terjun Iguazu yang terletak di Brasil.

Film keempat seri Indiana Jones ini diatur pada 1957, di mana Indiana Jones (Harrison Ford) dikisahkan melawan agen Soviet yang dipimpin oleh Irina Spalko (Cate Blanchett) -menelusuri sebuah tengkorak kristal telepati.

Jones dibantu oleh mantan kekasihnya, Marion Ravenwood (Karen Allen), dan putra mereka, Mutt Williams (Shia LaBeouf).

[Gambas:Youtube]



(agn/bac)

[Gambas:Video CNN]