5 Karya Gitaris Legendaris Eddie Van Halen

CNN Indonesia | Rabu, 07/10/2020 12:01 WIB
Gitaris legenda Eddie Van Halen meninggal dunia pada Selasa (6/10), berikut lima karya ikonisnya di band Van Halen. 5 karya legendaris Eddie Van Halen. (CHRIS PIZZELLO/INVISION/AP/Chris Pizzello)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi dan gitaris legenda Eddie Van Halen meninggal dunia pada Selasa (6/10) setelah melawan kanker tenggorokan selama beberapa tahun belakangan.

Selain dikenal sebagai inovator di dunia gitar, Eddie Van Halen juga melahirkan sejumlah karya legendaris bersama grup yang menggunakan nama belakang keluarga, Van Halen atau yang ia kerjakan sendiri.

Berikut 5 karya legendaris yang juga penting dalam karier Eddie Van Halen.


1. Jamie's Cryin (1978)

Lagu Jamie's Crying menjadi bagian dalam album debut Van Halen yang dirilis pada 10 Februari 1978. Album debutnya sendiri berhasil mencapai posisi 19 di tangga musik Billboard, menjadi salah satu debut rock yang paling sukses secara komersial.

[Gambas:Youtube]

2. Jump (1983)

Lagu Jump menjadi bagian dalam album "1984" yang menjadi single utama dan dirilis pada 1983. Dalam lagu ini, menampilkan salah satu solo gitar khas Eddie.

Sebagaimana dilansir The Sydney Morning Herald, lagu ini agak tidak biasa bagi Van Halen, dalam arti sebagian besar dibangun di sekitar suara keyboard yang sangat khas, tetapi Eddie memberi kesan khusus pada lagu tersebut.

[Gambas:Youtube]

Yang berkesan dari lagu ini yakni ketika video musiknya dirilis dan menampilkan pertunjukan murni dengan Eddie menyeringai sepanjang waktu dan disebut membuat solo gitar yang rumit terlihat seperti hal termudah di dunia.

3. Eruption (1978)

Eruption merupakan lagu kedua, instrumental pada album debut self-titled band yang dirilis 1978. Bagi Eddie, lagu itu pun memiliki kesan tersendiri bagi dirinya.

"Saya suka suara Eruption. Saya belum pernah mendengar suara gitar seperti itu sebelumnya, seperti instrumen klasik," katanya kepada majalah Guitar World pada 1996.

[Gambas:Youtube]

4. Why Can't This Be Love (1986)

Setelah perpisahan dengan David Lee Roth yang mengejutkan dan memasang Sammy Hagar sebagai penyanyi baru band, Van Halen mengirimkan salah satu album mereka yang paling sukses dengan 5150 pada 1986.

Eddie Van Halen mengatakan kepada majalah Guitar World, dalam wawancara yang sama pada 1996, bahwa Why Can't This Be Love "terdengar begitu rumit karena instrumentasi" dan mengatakan lagu itu "lebih pop, tapi saya tidak melihat apa yang salah dengan itu. Saya ingin sekali menulis lagu Natal."

Lagu ini mencapai nomor tiga di tangga musik Billboard Hot 100 dan membantu mendorong 5150 ke posisi teratas di tangga album.

[Gambas:Youtube]

5. Beat It

Lagu hit yang dibawakan Michael Jackson ini merupakan salah satu kolaborasi besar Eddie dalam kariernya. Ia diminta produser Quincy Jones untuk bermain dalam album baru Jackson. Eddie sempat merasa bukan gitaris yang tepat untuk lagu R&B.

"Beat It" merupakan lagu tentang menjadi tangguh, dan diberi kebebasan, Van Halen memainkan solo virtuoso yang ekspansif. Eddie memainkan lagu tersebut secara gratis, dan tanpa dicatat dalam kredit album.

[Gambas:Youtube]

Seperti yang dia katakan kepada CNN dalam wawancara pada 2012, suatu hari ketika berbelanja di Tower Records, "Beat It" muncul dan dia mendengar seorang anak berkata "Dengarkan, orang ini mencoba terdengar seperti Eddie Van Halen."

Eddie pun mengatakan ke anak itu bahwa itu memang permainan musik dirinya.

(agn/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK