Isi Lengkap Surat Chen EXO soal Wajib Militer

CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2020 12:13 WIB
Chen EXO mengumumkan sendiri wajib militernya yang dimulai pada 26 Oktober 2020 melalui surat yang dia tulis. Chen EXO akan menjalani wajib militer mulai 26 Oktober. (Dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

Chen EXO mengumumkan sendiri wajib militernya yang dimulai pada 26 Oktober 2020. Kabar itu dikonfirmasi melalui surat tulisan tangan yang diunggah pada Jumat (16/10).

Ia merupakan member EXO keempat yang menjalani wajib militer. Kim Min-seok atau Xiumin merupakan member tertua EXO dan yang pertama menjalani wamil pada 7 Mei 2019.

Lalu diikuti Do Kyung-soo atau yang akrab disapa D.O menjadi member kedua yang menjalani wajib militer pada 1 Juli 2019, serta Suho selaku leader yang menjalani wajib militer pada 14 Mei 2020.


Berikut isi surat Chen seperti dilansir DongA via Naver.

"Halo, saya Chen.

Apa kabar kalian hari-hari ini. Suhu jadi berubah drastis setiap hari. Terik musim panas telah berakhir dan sekarang mulai musim gugur.

Alasan saya menulis surat kepada kalian hari ini karena saya ingin mengumumkan wajib militer saya mulai 26 Oktober.

Dalam periode wajib militer, saya akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi tanggung jawab saya dalam kondisi fisik dan mental yang sehat. Sehingga, saya bisa menunjukkan kepada kalian pendewasaan dan perkembangan ketika kembali dan menyapa kalian lagi.

Ketika saatnya tiba, saya harap kalian semua juga tetap dalam kondisi yang amat baik dan sehat seperti saat ini.

Saya selalu bersyukur karena kalian dan saya mencintai kalian.

-Chen."

Surat tersebut diunggah satu hari setelah merilis single terbarunya, Hello, pada Kamis (15/10). Lagu tersebut menggambarkan kegundahan dari seseorang yang hendak menuliskan surat untuk mengetahui kondisi orang lain.

Lewat keindahan suaranya, Chen juga menampilkan begitu banyak hal yang ingin dituangkan dalam surat. Namun, hanya kata hello yang tertulis dengan begitu banyak pertimbangan.

Hello merupakan single solo pertama yang dirilis Chen tahun ini. Sebelum merilis single Hello,ia juga menyumbangkan suaranya dalam lagu tema drama Do You Like Brahms? yang bertajuk Your Moonlight. Your Moonlight akan menjadi lagu tema pertama yang dirilis Chen EXO tahun ini.

Penyanyi bernama lengkap Kim Jong-dae ini merupakan salah satu idol yang sering mengisi lagu tema drama, seperti dalam The Best Luck (It's Okay, That's Love), Everytime (Descendants of the Sun), If I Love Again (Two Yoo Project- Sugar Man), For You (Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo), serta I'm not Okay (Missing 9).

Di luar dunia musik, Chen EXO debut teater lewat perannya sebagai Benny dalam In the Heights pada 2015.

Di tahun yang sama, ayah satu anak ini juga menjadi juara kedua dalam musim ke-11 acara King of Mask Singer. Chen kala itu tampil dan dikenal dengan nama Legendary Guitar Man.

Setahun kemudian, ia menampilkan Imagine bersama pianis Steve Barakatt di Sejong Center for the Performing Arts sebagai salah satu proyek UNICEF.

Chen EXO resmi debut sebagai solo pada 2019 dengan merilis mini album April, and a Flower dan single Beautiful Goodbye. Di tahun yang sama, tepatnya pada 1 Oktober, ia merilis mini album kedua bertajuk Dear My Dear dengan lagu utama Shall We?

(chri/bac)

[Gambas:Video CNN]