Disney Buka Suara soal Gugatan atas Duke Caboom di Toy Story

CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2020 21:00 WIB
Walt Disney Company buka suara soal tuntutan hukum terkait karakter Duke Caboom dalam film Toy Story 4. Walt Disney Company buka suara soal tuntutan hukum terkait karakter Duke Caboom dalam film Toy Story 4. (Dok. Pixar/Walt Disney Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Walt Disney Company buka suara soal tuntutan hukum terkait karakter Duke Caboom dalam film Toy Story 4.

Mereka menyatakan bahwa klaim serta gugatan terhadap karakter yang diisi suaranya oleh Keanu Reeves tersebut sama sekali tidak berdasar.

"Klaim dan tuntutan itu sama sekali tidak berdasar dan kami akan bertahan dengan keras di pengadilan," kata perwakilan Disney seperti dilansir Digital Spy, Kamis (15/10).


Permasalahan ini bermula ketika Walt Disney Company dituntut atas pelanggaran merek dagang oleh K&K Promotions karena kemiripan karakter dalam film Toy Story 4 dengan seorang stuntman terkenal Amerika, Evel Knievel.

Perusahaan tersebut berpendapat bahwa karakter mainan berupa pengendara sepeda motor yang bernama Duke Caboom dalam Toy Story 4 itu dibuat berdasarkan sosok Knievel.

Knievel adalah seorang stuntman di era 70-an yang memiliki ciri khas setelan putih dan helm yang dihiasi stiker bendera Amerika berwarna merah, putih, dan biru.

K&K Promotions mengklaim bahwa karakter Duke Caboom di Toy Story 4 memiliki kostum serupa. Dalam film tersebut, Duke Caboom diceritakan merupakan orang Kanada dan desainnya mencerminkan bendera negara tersebut, yaitu bergambar daun maple.

https://youtu.be/R92EDpRTEPo

Mereka juga mengklaim sebagai pemilik merek dagang dan hak atas semua penggambaran keserupaan, barang dagangan, dan publisitas sosok yang disebut sebagai stuntman terhebat asal Kanada tersebut.

Atas dasar itu, mereka menuntut hukuman, ganti rugi lebih dari US$300 ribu, serta meminta royalti dari tim film tersebut dalam jumlah yang ditentukan di pengadilan.

"Evel Knievel tidak membuat jutaan orang di dunia senang, mematahkan tulangnya dan menumpahkan darahnya hanya agar Disney dapat menghasilkan banyak uang," kata Kelly, putra Knievel yang juga juru bicara K&K Promotions.

[Gambas:Youtube]

K&K Promotions sudah mengajukan gugatan hukum ke Pengadilan Distrik AS, Las Vegas, Nevada, sejak beberapa waktu lalu.

Toy Story 4 sendiri berhasil meraup lebih dari US$1 miliar di box office seluruh dunia. Selain itu, mereka juga merilis rangkaian mainan Toy Story 4, termasuk karakter Duke Caboom.

Film tersebut juga masuk nominasi dan memenangkan piala Film Animasi Terbaik ajang Academy Awards ke-92.

(chri/has)