Perjalanan Hidup Penulis Citizen Kane di Trailer Perdana Mank

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 21:00 WIB
Perjalanan karier penulis naskah film legendaris Citizen Kane terekam dalam trailer perdana film Mank yang diarahkan oleh sutradara David Fincher. Perjalanan karier penulis naskah film legendaris Citizen Kane terekam dalam trailer perdana film Mank yang diarahkan oleh sutradara David Fincher. (Dok. YouTube Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perjalanan karier penulis naskah film legendaris Citizen Kane terekam dalam trailer perdana film Mank yang diarahkan oleh sutradara David Fincher.

Trailer berdurasi dua menit 48 detik ini dibuka dengan penjelasan singkat mengenai karakter Herman J. Mankiewicz (Gary Oldman), sang penulis naskah Citizen Kane (1941).

Dalam beberapa adegan awal, sejumlah orang memanggilnya Mankiewicz. Namun, ia selalu minta dipanggil Mank. Akhirnya, ia dikenal banyak orang dengan nama tersebut.


Pada adegan lain dijelaskan bahwa Mank adalah kritikus teater yang beralih menjadi penulis naskah film. Ia juga digambarkan sebagai orang tidak basa-basi ketika berbicara.

"Hollywood di tahun 1930-an dievaluasi kembali melalui mata seorang kritikus sosial sekaligus penulis naskah pecandu alkohol, Herman J Mankiewicz, selagi ia berjuang menyelesaikan naskah Citizen Kane untuk Orson Welles," demikian sinopsis Mank dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com.

Video dilanjutkan dengan adegan yang memperlihatkan perjuangan Mank menulis naskah. Ia bahkan tetap menulis naskah meski kurang sehat dan hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Trailer ini dirilis sekitar sepekan setelah Netflix melepas teaser perdana yang hanya menunjukkan secuplik kisah Mank.

[Gambas:Youtube]

Dalam menggarap film ini, Fincher juga berperan sebagai penulis naskah Mank. Ia melanjutkan naskah yang ditulis oleh ayahnya, Jack, sebelum meninggal dunia pada 2003 silam.

Meski demikian, Aaron Sorkin, penulis naskah untuk film arahan Fincher, The Social Network, menegaskan bahwa Mank merupakan film yang benar-benar bagus.

"Ditulis oleh ayah Fincher, yang merupakan penulis brilian. Namun, David juga menyutradarai film ini dengan luar biasa. Film ini bahkan sangat luar biasa untuk standar David Fincher," kata Sorkin seperti dikutip NME.

Ia juga memastikan bahwa penampilan para aktor di Mank akan maksimal, dengan berkata, "Gary Oldman memberikan kemampuan luar biasa, begitu pula Lily Collins, juga Amanda Seyfried sebagai Marion Davies."

Mank akan menjadi film pertama Fincher setelah Gone Girl dirilis pada 2014 lalu. Film ini dijadwalkan rilis pada 4 Desember mendatang di Netflix. 

(adp/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK