Deretan Film Hollywood yang Menampilkan Komodo

CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2020 07:42 WIB
Komodo merupakan hewan asli Indonesia yang terkenal hingga ke penjuru dunia. Keganasan hewan reptil purbakala ini bahkan diangkat ke layar lebar. Komodo merupakan hewan asli Indonesia yang terkenal hingga ke penjuru dunia. Keganasan hewan reptil purbakala ini bahkan diangkat ke layar lebar. (Dok. Kementerian Pariwisata)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komodo merupakan hewan asli Indonesia yang terkenal hingga ke penjuru dunia. Keganasan hewan reptil purbakala ini bahkan diangkat ke layar lebar. Berikut beberapa film Hollywood yang menampilkan komodo yang dirangkum oleh CNNIndonesia.

1. The Freshman (1990)

Hewan asli Indonesia, komodo catatkan debut tampil dalam sebuah film produksi Hollywood, The Freshman. Film besutan sutradara Hollywood, Andrew Bergman ini menyisipkan satu adegan yang melibatkan komodo.

Dalam adegan tersebut, sang pemeran utama Clark Kellogg (Matthew Broderick) memiliki pekerjaan unik demi mendapatkan imbalan. Pekerjaan tersebut salah satunya menjemput seekor komodo berukuran besar dari Bandara JFK New York dan membawanya ke alamat tertentu.


Clark meminta bantuan teman sekamarnya, Steve Bushak (Frank Whaley), untuk mengambil hewan itu dan mengirimnya ke alamat tujuan. Misi yang seharusnya berjalan mudah ini berakhir berantakan gara-gara komodo yang ada di dalam mobil kabur menuju ke arah pemukiman warga.

The Freshman merupakan film komedi yang dirilis pada 1990 dengan dibintangi oleh Marlon Brando, Matthew Broderick, Bruno Kirby, Penelope Ann Miller, dan Frank Whaley.

[Gambas:Youtube]



2. Komodo (1999)

Deretan aksi hewan liar komodo juga menghiasi film berjudul Komodo yang dirilis pada 1999. Dalam film besutan Michael Lantieri ini, aksi berburu komodo dapat disimak dari awal sampai akhir.

Film ini bercerita tentang Patrick (Kevin Zegers) remaja berumur 15 tahun yang berencana menghabiskan liburan musim panas di sebuah pondok di South Carolina, Amerika Serikat.

Liburan yang seharusnya berjalan lancar, tiba-tiba berakhir mencekam gara-gara seorang komodo berukuran raksasa menyerang Patrick dan keluarganya.

Tidak hanya satu, Patrick dan keluarga bahkan harus berhadapan dengan sekelompok komodo yang kelaparan dan haus darah. Berkat bantuan beberapa warga, Patrick dan keluarga berhasil berusaha keluar dari pulau itu.

Meski dikemas dengan jalan cerita yang menarik, namun adegan komodo bertarung terlihat kurang realistis lantaran belum dibarengi dengan teknologi CGI yang mumpuni.

[Gambas:Youtube]



3. The Curse of The Komodo (2004)

Keganasan komodo juga mewarnai film besutan Jim Wynorski The Curse of The Komodo. Film yang dirilis pada tahun 2004 menceritakan perjalanan sekelompok orang menuju sebuah pulau tropis terpencil Isla Damas.

Setibanya di pulau tersebut, sekelompok ini langsung mendapat sambutan mencekam dari kawanan komodo yang haus darah.

Satu persatu anggota tim petualang ini pun tewas diterkam komodo yang mengelilingi seluruh area pulau. Rupanya kawanan komodo tersebut bukan hewan buas biasa, melainkan hewan hasil rekayasa genetik yang sengaja dibuat untuk mesin perang oleh satuan militer.

Tidak hanya mematikan, kawanan komodo ini pun dapat mengubah orang yang telah terkena gigitannya menjadi zombie.

Melihat kondisi yang semakin genting, anggota yang tersisa bersatu dan saling bekerja sama dengan para ilmuwan untuk bertahan hidup.

Film yang diproduksi pada 2004 ini terbilang cukup baik dalam menampilkan adegan pertempuran komodo dengan manusia yang terlihat nyata dan membuat bulu kuduk merinding.

[Gambas:Youtube]



4. Komodo vs. Cobra (2005)

Keganasan komodo dalam memangsa buruan mewarnai film garapan Jim Wynorski, Komodo vs Cobra, yang merupakan sekuel dari Curse Of The Komodo.

Meski sekuel, film ini memiliki cerita baru, yakni tentang perjalanan sekelompok peneliti hewan dengan seorang reporter dan kamerawan menyewa perahu menuju sebuah pulau yang diduga terdapat kegiatan ilegal.

Setibanya di lokasi, mereka tidak menemukan satupun orang yang menghuni pulau tersebut. Mereka kemudian menemukan rumah yang ditempati terdapat Dr. Susan Richardson.

Dari penuturan Dr. Susan, semua orang yang ada di pulau itu tewas oleh terkaman komodo dan ular kobra raksasa. Kedua hewan tersebut merupakan hasil mutasi genetik yang menyebabkan tubuh mereka dapat tumbuh hingga ukuran raksasa.

Terjebak dalam kondisi yang tidak dibayangkan, kelompok ini pun menjadi sasaran baru kawanan komodo dan ular kobra yang berkeliaran di pulau tersebut.

Sebagai film sekuel atau film lanjutan, Komodo vs Cobra hadir dengan jalan cerita dan efek CGI yang jauh lebih bagus.

[Gambas:Youtube]



5. Skyfall (2012)

Adegan pertarungan manusia versus komodo juga hadir dalam film James Bond berjudul Skyfall. Di film ini, penonton dibuat tercengang melihat aksi James Bond (Daniel Craig) saat bertarung di kandang komodo.

Dalam pertarungan sengit tersebut Bond ditantang untuk menaklukkan penjahat yang mengincar nyawanya, sekaligus menghindari kejaran komodo. Beruntung serangan mendadak komodo berhasil menumbangkan lawan Bond yang dijadikan santapan.

Tidak ingin menjadi mangsa komodo, Bond akhirnya berhasil keluar dari kandang komodo dengan memanjat jembatan.

James Bond merupakan salah satu film waralaba dengan pendapatan yang fantastis. Film ini kental dengan aksi pertarungan sengit menggunakan persenjataan unik, canggih, dan praktis yang dikenakan sang jagoan saat beraksi menumpas para penjahat.

[Gambas:Youtube]

Itulah beberapa film garapan sutradara Hollywood yang turut melibatkan komodo, hewan asli Indonesia dalam beberapa adegan. (nly)

(nly/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK