5 Rekomendasi Film Horor Jepang

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 21:38 WIB
Bagi yang ingin menyaksikan langsung ketegangan film horor asal Jepang, berikut rekomendasi film yang bisa ditemukan di layanan streaming legal. Ringu merupakan film horor garapan Hideo Nakata dan dibuat berdasarkan novel karya Koji Suzuki yang terbit pada 1991. (dok. Basara Pictures/Imagica/Asmik Ace Entertainment/Kadokawa Shoten Publishing Co./Omega Project/Pony Canyon/Toho Company via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jepang merupakan salah satu negara dengan koleksi film horor yang mampu membuat penontonnya tak mampu tidur dengan nyenyak. Salah satu yang melegenda adalah Ringu alias The Ring.

Film horor dari Jepang tak terhitung banyaknya. Di antaranya dapat dengan mudah ditemukan dalam layanan streaming, namun sebagian yang lain cukup sulit ditemukan dalam versi streaming legal.

Namun film horor asal Jepang juga banyak diadaptasi oleh Hollywood yang lebih mudah dan murah ditemukan di layanan streaming legal.


Sejumlah film Hollywood yang mengadaptasi film horor Jepang adalah waralaba The Ring dari Ringu (1998) dan The Grudge (2020) dari Ju-On: The Grudge (2002) yang bisa disaksikan di Netflix wilayah Indonesia.

Bagi yang ingin menyaksikan langsung ketegangan film horor asal Jepang, berikut rekomendasi film horor terbaik Jepang yang bisa ditemukan di layanan streaming legal.


One Cut of the Dead (2017)

Meski bertema zombi, One Cut of the Dead merupakan film komedi asal Jepang dan mendapatkan pujian dari berbagai pihak hingga memperoleh nilai hingga 100 persen di Rotten Tomatoes.

Film ini menceritakan sekelompok sineas yang membuat film zombi di sebuah gedung tua. Namun gedung itu tidaklah biasa. Konon, dulu gedung itu pernah jadi lokasi membangkitkan mayat hidup yang ternyata kemudian mengganggu para sineas.

Film ini pernah tayang di jaringan bioskop CGV di Indonesia dan kini bisa ditemukan di Amazon Prime Videos dan Apple TV.

[Gambas:Youtube]

Ringu (1998)

Ringu merupakan film horor garapan Hideo Nakata dan dibuat berdasarkan novel karya Koji Suzuki yang terbit pada 1991.

Film ini mengisahkan seorang reporter yang menyelidiki misteri di balik rekaman video terkutuk. Video terkutuk itu konon telah membunuh penonton tujuh hari setelah para korban menyaksikannya.

Dari film inilah, muncul hantu yang dikenal sebagai Sadako. Sadako sejatinya merupakan gadis dengan kemampuan supernatural yang mengalami insiden pemerkosaan dan dibunuh dengan cara dijatuhkan ke dalam sumur kemudian dikunci hingga tewas.

Film Ringu dapat disaksikan di Amazon Prime Videos dan Apple TV.

[Gambas:Youtube]

Noroi: The Curse (2005)

Noroi: The Curse merupakan film horor Jepang yang ditulis dan digarap oleh Koji Shiraishi. Film ini dibintangi oleh Jin Muraki sebagai Masafumi Kobayashi, seorang peranormal yang menginvestigasi sejumlah kematian misterius untuk sebuah dokumenter.

Film ini menggunakan gaya penceritaan pseudo-dokumenter dan menggunakan rekaman asli dengan sebagian besar narasinya disajikan seolah-olah itu adalah dokumenter Kobayashi.

Film ini tayang terbatas pada 2005 lalu namun mendapatkan sambutan dan ulasan positif. Kini, film tersebut bisa dilihat di Shudder dan Apple TV.

[Gambas:Youtube]



The Inerasable (2015)

The Inerasable (2015) digarap oleh Yoshihirp Nakamura dan dibuat berdasarkan novel misteri karangan Fuyumi Ono. Film ini bisa disaksikan di Viu.

Film ini mengisahkan Ai yang merupakan seorang penulis novel misteri dan menerima surat dari pembacanya yang masih mahasiswa. Surat itu juga menyebut bahwa sang pembaca kerap mendengar suara aneh dari tempat tinggalnya sekarang.

Merasa tertarik, Ai kemudian datang dan menyelidiki. Hingga kemudian ia dan pembacanya yang bernama Kubo tersebut menemukan banyak kasus pembunuhan dan bunuh diri di lingkungan tersebut.

[Gambas:Youtube]



Reincarnation (2005)

Reincarnation yang tayang pada 2005 dan digarap oleh Takashi Shimizu ini mengisahkan seorang aktris yang berharap memenangkan sebuah peran dalam film horor.

Namun ia kemudian menyesal akan kontrak tersebut setelah roh-roh di sekelilingnya mulai mengganggu. Ia kemudian bukan hanya harus menghadapi para roh, namun juga cerita masa lalu mereka.

Film ini dapat disaksikan di Amazon Prime Videos dan Apple TV.



[Gambas:Youtube]



(end/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK