Bintang Hollywood Kawal Pilpres AS, Gaungkan #CountEveryVote

CNN Indonesia | Kamis, 05/11/2020 09:15 WIB
Para bintang Hollywood turut mengawal proses Pilpres AS. Mereka menggaungkan tagar #CountEveryVote ketika Donald Trump menyerukan penghentian hitung suara. Para bintang Hollywood, termasuk Mark Ruffalo, turut mengawal proses Pilpres AS. (AFP Photo/Angela Weiss)
Jakarta, CNN Indonesia --

Para bintang Hollywood turut mengawal proses penghitungan suara Pilpres Amerika Serikat 2020. Mereka pun menggaungkan tagar #CountEveryVote ketika Donald Trump menyerukan penghentian hitung suara karena menanggap dirinya sudah menang.

Seruan tersebut salah satunya datang dari aktor kenamaan Mark Ruffalo yang meminta masyarakat ikut memantau proses hitung suara. Ia yakin daerah-daerah kekuasaan Partai Republik yang identik dengan warna merah akan direbut Partai Demokrat.

"Bertahan semuanya! #KhayalanMerah akan terdesak menjadi #DindingBiru. Ambil napas dan persiapkan diri kalian untuk beberapa hari ke depan. #CountEveryVote" tulis Ruffalo di Twitter.


Ruffalo mengutarakan pendapat ini tak lama sebelum hasil hitung cepat menunjukkan capres dari Partai Demokrat, Joe Biden, mengalahkan Trump di negara bagian perebutan besar, Michigan dan Wisconsin.

Di ambang kekalahan ini, Trump mulai melontarkan pernyataan-pernyataan kontroversial, seperti meminta proses penghitungan suara dihentikan karena mengklaim dirinya sudah menang.

Trump juga mengklaim bakal mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung karena menganggap ada kecurangan dalam penghitungan suara di beberapa negara bagian.

Para selebritas Hollywood pun mulai menyerukan agar masyarakat bersabar menanti proses karena seluruh suara yang masuk harus dihitung dengan benar.

Kebanyakan selebritas mengunggah foto yang sama. Foto tersebut menampilkan kata-kata bahwa setiap suara harus dihitung mengingat lebih banyak warga menggunakan hak suaranya dalam pemilu kali ini ketimbang pada 2016.

"COUNTEVERYVOTE," tulis Katy Perry sembari mengunggah foto tersebut.

Aktris Kerry Washington juga mengunggah pernyataan serupa, tapi dalam bentuk video di Twitter dengan keterangan singkat, "#CountEveryVote."

Pembawa acara bincang malam kenamaan, James Corden, juga menyuarakan seruan serupa melalui kicauannya di Twitter.

"Mereka harus menghitung semua suara. Semuanya. Tetaplah bersabar. Prosesnya mungkin memang akan sedikit lebih lama. #CountEveryVote," tulis Corden.

Proses penghitungan suara dalam pilpres AS kali ini memang lebih lama ketimbang sebelumnya karena sejumlah negara bagian menggunakan metode pengiriman surat suara melalui pos demi menghindari kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Hingga saat ini, proses penghitungan suara Pilpres AS masih berlangsung. Berdasarkan hasil hitung cepat awal, Biden masih unggul dari Trump.

Menurut versi penghitungan CNN yang dilansir pukul 07.06 WIB, Biden sementara unggul dengan 253 suara elektoral, meninggalkan Trump di angka 213.

Sementara dari hasil penghitungan Associated Press, Biden meraih 264 suara, sementara Trump mendapatkan 214 suara.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK