Lecehkan Staf, Kang Ji-hwan Mulai Jalani Percobaan 3 Tahun

CNN Indonesia | Jumat, 06/11/2020 02:37 WIB
Kang Ji-hwan resmi dijatuhi masa percobaan selama tiga tahun, menguatkan putusan awal pengadilan yang mendakwanya atas tindak pelecehan seksual. Kang Ji-hwan dijatuhi masa percobaan selama tiga tahun. (Dk. KBS via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kang Ji-hwan resmi dijatuhi masa percobaan selama tiga tahun. Hukuman itu berlaku setelah Mahkamah Agung Korea Selatan menguatkan putusan awal pengadilan yang mendakwa Kang Ji-hwan melakukan pemerkosaan serta tindakan tidak senonoh secara paksa.

Dengan demikian, seperti dilansir Yonhap via Naver, aktor tersebut baru akan menjalani hukuman penjara dua tahun dan enam bulan jika melakukan pelanggaran lagi dalam masa percobaan tiga tahun.

Awalnya, jaksa menuntut Kang Ji-hwan hukuman tiga tahun penjara atas perlakuannya terhadap dua staf perempuan pada 21 November 2019.


Namun, jelang persidangan selanjutnya, dua korban dan rekan-rekan lainnya mengajukan petisi meminta pengadilan tidak menghukum aktor tersebut. Pengadilan Seongnam kemudian mengatakan petisi dapat meringankan jumlah hukuman.

Hingga, Pengadilan Tinggi Suwon akhirnya menjatuhi hukuman penjara dua tahun dan enam bulan dengan masa percobaan tiga tahun. Ia juga diperintahkan melakukan 120 jam pelayanan sosial, dan 40 jam perawatan terkait pelecehan seksual dan dilarang bekerja selama tiga tahun pada 5 Desember 2019.

Namun, pihak Kang Ji-hwan mengajukan banding. Mahkamah Agung kemudian menolak banding aktor tersebut dengan menyatakan kesaksian korban mulai dari penyelidikan hingga persidangan selalu konsisten dan detail mengenai tindakan dari terdakwa.

Kasus pelecehan seksual ini terjadi pada 9 Juli 2019. Ia ditangkap di kediamannya di daerah Gwangju, Provinsi Gyeonggi, karena dugaan melecehkan dua staf perempuan dari agensinya. Peristiwa tersebut terjadi setelah mereka berpesta dan minum-minum sampai larut malam.

Dua staf perempuan yang menjadi korban mengklaim mereka tidur di ruangan berbeda dengan Ji-hwan.

Kang Ji-hwan kemudian ditangkap di rumahnya. Dalam pemeriksaan awal, ia masih dalam kondisi mabuk dan menyatakan tak mengingat apa-apa.

Namun menurut laporan, empunya rumah kemudian masuk ke ruangan dan melecehkan keduanya. Ji-hwan kemudian ditangkap pada hari yang sama saat kejadian dan mengakui sebagian besar tuduhan saat pemeriksaan pada tanggal 15 Juli 2019.

Kejadian ini juga mengakibatkan Ji-hwan dikeluarkan dari drama yang sedang ia bintangi bertajuk Joseon Survival. Tak lama berselang, ia juga didepak dari agensi yang menaunginya, Huayi Brothers Korea.

Nama Kang Ji-hwan sebelumnya dikenal karena membintangi drama Lie To Me, Coffee House serta Monster.

(chri/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK