Bersalah, 'Jung Joonyoung-Choi Jonghoon' Musnah di Medsos

CNN Indonesia | Selasa, 17/11/2020 20:06 WIB
Usai banding atas kasus pemerkosaan ditolak dan tetap bersalah, Jung Joon-young dan Choi Jong-hoon harus rela 'dilenyapkan' di media sosial. Usai banding atas kasus pemerkosaan ditolak dan tetap bersalah, Jung Joon-young dan Choi Jong-hoon harus rela 'dilenyapkan' di media sosial. (AP Photo/Lee Jin-man)
Jakarta, CNN Indonesia --

Akun Instagram musisi Jung Joon-young dan Choi Jong-hoon F.T. Island menghilang tak lama setelah Mahkamah Agung Korea Selatan menolak banding yang mereka ajukan jelang akhir Oktober 2020.

Keputusan Mahkamah Agung ini membuat Jung Joon-young harus menjalani hukuman lima tahun penjara dan Choi Jong-hoon selama dua tahun enam bulan atas kasus pemerkosaan yang mereka lakukan.

Putusan tersebut sama seperti yang telah diputuskan Pengadilan Tinggi Seoul pada Mei 2020 atas kasus pelecehan seksual berkelompok yang telah masuk pengadilan sejak November 2019. Kasus ini merupakan hasil pengembangan penyelidikan Burning Sun tahun lalu.


Nama akun Instagram Jung Joon-young (@sun4finger) masih dapat dicari di search engine seperti Google. Namun, akun tersebut tak dapat dibuka atau ditemukan ketika dicari di Instagram.

Perlakuan serupa juga diterima akun Instagram Choi Jong-hoon (@ftgtjhc) yang tak lagi bisa ditemukan di Instagram.

"Sorry, this page isn't available," tulis Instagram ketika hendak mengakses akun kedua musisi tersebut.

Hilangnya akun Instagram kedua akun musisi tersebut sesuai dengan kebijakan dan regulasi Instagram, di mana mereka tidak memberikan ruang bagi para pelaku pelecehan seksual.

Dalam laman resmi, mereka juga meminta bantuan masyarakat umum untuk melaporkan kepada mereka apabila menemukan akun dari pelaku pelecehan seksual.

Dalam laporan itu, mereka juga harus melampirkan bukti pemberitaan kasus hukum, bukti putusan, serta akun yang dimaksud.

"Ketika kami telah memverifikasi status pemilik akun sebagai pelaku pelecehan seksual, kami akan segera menghilangkan akun mereka," tulis Instagram.

Kasus pelecehan seksual Jung Joon-young dan Choi Jong-hoon bermula ketika polisi menemukan penggunaan obat-obatan terlarang di kelab malam, Burning Sun.

Polisi juga mendapatkan bukti sejumlah video pelecehan seksual oleh sejumlah orang, salah satunya solois Jung Joon-young.

Berdasarkan penyelidikan lebih lanjut, polisi menemukan Jung Joon-young memiliki grup percakapan bersama beberapa artis lainnya, seperti Choi Jong-hoon, yang kerap membagikan foto serta video pelecehan seksual.

(chri/end)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK