Nyanyi Reflection, Mimpi Kecil Yura Yunita yang Jadi Nyata

tim, CNN Indonesia | Minggu, 22/11/2020 14:59 WIB
Yura Yunita membagikan kegembiraannya terlibat dalam proyek menyanyikan ulang lagu tema film Mulan, yang telah menjadi impiannya sejak kecil. Yura Yunita mengaku bahwa menyanyikan lagu tema film Disney merupakan salah impiannya sejak kecil. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyanyi solo Yura Yunita baru-baru ini berbagi tentang pengalamannya menyanyikan ulang lagu tema film Disney Mulan, Reflection, mewakili Indonesia.

Dalam proyek tersebut ia berkolaborasi bersama penyanyi Indonesia lainnya, Nadin Amizah, Sivia Azizah, dan Agatha Pricilla.

Yura mengaku senang bisa terlibat dalam proyek tersebut, di mana menyanyikan lagu Disney adalah salah satu mimpi masa kecilnya.


"Lagu Reflection yang saat itu dinyanyikan Christina Aguilera ini adalah salah satu lagu pertama yang membuat dulu aku menjadi penyanyi, jadi ini kayak dream comes true gitu," ungkap Yura Yunita pada CNNIndonesia.com, Sabtu (21/11).

Pelantun Harus Bahagia ini kemudian menuturkan bahwa dirinya merupakan salah satu penikmat dan pemirsa Disney sejak kecil. Dan Mulan, adalah film pertama yang ia tonton di bioskop saat rilis pada 1998.

Karier bermusik wanita 29 tahun ini pun dikatakan sedikit banyak terinspirasi dari lagu-lagu Disney. Baginya, film dan lagu Disney merupakan bagian penting dalam hidup dan kariernya.

"Disney ini benar-benar mengiringi perjalanan hidup aku, sejak kecil, sampai sekarang, dan mungkin beberapa tahun lagi aku punya anak, kami juga mungkin akan sangat ditemani lagu-lagu Disney," katanya.

Yura bercerita bahwa karena sudah merasa terikat dengan film Mulan sejak kecil, ia pun tak merasa kesulitan saat menginterpretasikan emosinya ke dalam lagu Reflection.

"Kalau nonton Mulan tuh, biasa kan suka drama gitu, dulu tuh di kamar mandi ada pantulan air di bak, aku suka ikut berkaca, berasa jadi Mulan. Dan ternyata banyak pesan-pesan positif dari film Mulan," ujarnya.

Kisah karya penulis Robert D. San Souci tersebut rupanya dinilai banyak mengandung makna positif. Hal tersebut juga lambat laun disadari oleh Yura.

"Jadi perempuan itu harus berani mengambil keputusan yang terbaik untuk dirinya sendiri. Perempuan harus kuat, bisa berdiri di atas kakinya sendiri," ujar Yura.

[Gambas:Youtube]

Proses di Balik Produksi

Selain bercerita pengalaman pribadinya, Yura juga berbagi tentang proses di balik proyek lagu Reflection versi empat penyanyi Indonesia.

Yura menuturkan bahwa mulanya lagu proyek Reflection digarap dengan konsep solo, seperti penyanyi versi aslinya Christina Aguilera. Namun, karena ingin mengadaptasi konsep perempuan kuat yang saling menguatkan, Disney memutuskan untuk mengubah konsep 4 penyanyi.

"Awalnya aku dihubungi untuk menyanyi sendiri, tapi Mulan juga punya pesan baik mewakili perempuan kuat, dan perempuan kuat bisa menguatkan perempuan lainnya, akhirnya pihak Disney memilih 3 penyanyi lainnya," ungkap Yura.

Yura dan tiga penyanyi lainnya mengaku senang diberikan berekspresi menyanyikan lagu Reflection dengan karakter masing-masing. Produksi musik dan aransemen proyek ini telah disiapkan sebelumnya dan keempat penyanyi tersebut tinggal bertugas mengisi vokal.

"Kami waktu itu sehari workshop dan rekaman, aransemen dan produksi sudah disiapkan sama Disney Global, jadi kami tinggal bagi-bagi suara," tambah Yura.

Lagu dan video musik Reflection versi Yura Yunita, Nadin Amizah, Sivia Azizah, dan Agatha Pricilla telah dirilis pada Jumat (20/11) lalu.

Negara Asia lainnya yang merilis Reflection versi negaranya adalah Korea Selatan dan China. Penyanyi Korea Selatan Lee Suhyun dipercaya menyanyikan ulang lagu tersebut dalam bahasa Korea. Sementara, penyanyi senior Coco Lee menyanyikan dalam bahasa China.

Versi Live-Action dari film Disney Mulan juga akan rilis dalam bahasa Indonesia lewat layanan streaming Disney + Hotstar pada 4 Desember mendatang. Sejumlah nama seperti Luna Maya, Yuki Kato, dan Dion Wiyoko dipercaya mengisi suara bahasa Indonesia di film tersebut.

Mulan kisahkan perjuangan perjuangan seorang perempuan yang berjuang di medan perang, dengan latar negeri tirai bambu, China. Mulan versi animasi sebelumnya telah tayang terlebih dahulu tahun 1998.

(fjr/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK