PERISKOP 2021

8 Album Lokal dan Internasional yang Rilis Tahun 2021

CNN Indonesia | Senin, 04/01/2021 12:19 WIB
Sejumlah album lokal dan internasional akan rilis pada paruh pertama 2021, mulai dari karya Raisa Andriana dan Senyawa, hingga Drake dan Foo Fighters. Sejumlah album lokal dan internasional akan rilis pada paruh pertama 2021, termasuk karya Raisa Andriana. (Dok. YouTube/Raisa6690)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah album lokal dan internasional akan rilis pada paruh pertama 2021, mulai dari karya Raisa Andriana dan Senyawa, hingga Drake dan Foo Fighters.

Sebagian album memang dijadwalkan rilis 2021, tapi ada pula sejumlah album yang rilis tahun depan karena gagal rilis pada 2020 akibat pandemi Covid-19.

Berikut 8 album lokal dan internasional yang rilis tahun 2021:


Lokal

D'Cinnamons

Setelah absen rilisan selama delapan tahun, D'Cinnamons akan melepas album bertajuk Home pada Januari 2021. Album tersebut akan berisikan 10 lagu baru.

Band asal Bandung ini menyatakan bahwa album baru akan berisikan lagu-lagu dengan dasar musik akustik. Selain digital, Home juga dirilis dalam format fisik.

Raisa

Pandemi virus Covid-19 tidak mengganggu kegiatan bermusik solois Raisa. Pada November lalu, Raisa memasuki tahap pra produksi album yang direncanakan rilis tahun depan.

Sampai saat ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai judul album dan jumlah lagu dalam album tersebut. Belum ada pula informasi waktuperilisan album keempatRaisa ini.

Raisa Andrianadok. YouTube/Raisa6690Raisa Andriana. (Dok. YouTube/Raisa6690)

Afgan

Berbeda dengan Raisa, solois Afgan sudah selesai menggarap album terbaru. Perilisan album yang sedianya dijadwalkan tahun ini diundur ke tahun depan.

Pelantun Terima Kasih Cinta ini menjanjikan lagu dengan karakter yang berbeda dari sebelumnya dan akan mengejutkan. Sampai saat ini, belum ada informasi mengenai judul, jumlah lagu, dan waktu perilisan.

Senyawa

Dari jalur independen, ada Senyawa yang bakal merilis album terbaru bertajuk Alkisah pada 23 Oktober 2021 dengan dukungan puluhan label rekaman dari berbagai negara, juga kota di Indonesia.

Setiap label rekaman itu akan merilis paket Alkisah dengan desain berbeda. Tiap rilisan juga bakal menghadirkan versi remix/interpretasi ulang dari berbagai musisi.

Internasional

Drake

Rapper Drake memberikan bocoran soal album terbarunya pada akhir Oktober lalu. Album tersebut diberi tajuk Certified Lover Boy yang dijadwalkan rilis pada Januari 2021.

Album keenamnya ini menjadi kelanjutan karya Drake sebelumnya, Scorpion, yang rilis pada 2018 lalu. Sebagai pembuka jalan album ini, Drake sudah merilis lagu Laugh Nor Cry Later pada Agustus lalu.

Foo Fighters

Band asal Amerika serikat ini dijadwalkan merilis album bertajuk Medicine at Midnight pada Februari 2021. Perilisan album yang sedianya dijadwalkan tahun ini diundur ke tahun depan karena pandemi Covid-19.

Pada November lalu, Foo Fighters sudah merilis single pertama dari Medicine at Midnight bertajuk Shame Shame. Lagu itu merupakan salah satu dari sembilan lagu dalam Medicine at Midnight.

Foo FightersFoo Fighters. (Dok. Ringo)

Sting

Di usia hampir 70 tahun, Sting masih aktif bermusik. Pada 19 Maret 2021, ia akan merilis album solo ke-15 bertajuk Duets yang berisikan 17 lagu.

Selain digital, album ini akan dirilis dalam format fisik berupa CD dan piringan hitam. Pandemi Covid-19 mengganggu produksi CD dan piringan hitam sehingga perilisan diundur ke 2021.

Weezer

Weezer akan merilis album bertajuk Van Weezer pada 7 May 2021. Van Weezer merupakan album ke-14 band asal Amerika Serikat ini sepanjang mereka bermusik sejak 1992 silam.

Single pertama dari album ini, The End of the Game, dirilis pada September 2019, disusul Hero pada Mei lalu dan Beginning of the End di Bulan Agustus.

(adp/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK