Adaptasi Serial Barat, Cara Korea Sasar Pasar Global

CNN Indonesia | Kamis, 07/01/2021 14:00 WIB
Drama Korea kian gencar mengadaptasi serial Barat dengan adaptasi Money Heist dan Criminal Justice tahun ini. Geliat ini dianggap cara Korea bidik pasar global. Money Heist, salah satu serial Barat yang akan diadaptasi menjadi drama Korea tahun ini. (Dok. Netflix via IMDB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumah produksi drama Korea Selatan kian gencar mengadaptasi serial Barat dengan kehadiran adaptasi Money Heist dan Criminal Justice pada tahun ini. Pakar menganggap geliat ini sebagai upaya Korea membidik pasar global.

Kritikus budaya Kim Heon-shik mengatakan bahwa strategi pemasaran drama di luar kawasan Korea ini didukung didukung dengan akses yang kian luas di layanan streaming global, seperti Netflix.

"Konten buatan Korea sekarang memiliki pasar yang lebih besar di luar Asia. Dulu, serial TV hanya ditonton penonton Korea, tapi sekarang mereka memiliki klien potensial di seluruh dunia," kata Kim Heon-shik seperti dilansir Yonhap.


Kehadiran layanan streaming itu menggeser tren lama drama Korea yang sebelumnya lebih sering mengadaptasi serial televisi atau manga Jepang, seperti Boys Over Flower (2009), He Who Can't Marry (2009), dan Playful Kiss (2010).

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak serial televisi Barat yang dibuat ulang di Korea, seperti Designated Survivor (ABC), The Good Wife (CBS), Life on Mars (BBC One), The World of the Married (BBC One).

"Acara TV dan film Korea sebelumnya telah membangun pijakan yang kuat di kancah hiburan global berkat hit baru-baru ini, seperti Sweet Home," tuturnya.

"Pengadaptasian juga memudahkan produser serta operator platform mempromosikan acara mereka terlebih berdasarkan hit Eropa atau AS kepada pemirsa global."

Kini, Chorokbaem Media akan memproduksi Criminal Justice versi Korea. Criminal Justice merupakan serial kejahatan populer yang tayang di BBC pada 2008.

Chorokbaem Media sendiri merupakan rumah produksi di balik sederet drama hit, seperti The Penthouse: War in Life (2020) dan Memories of Alhambra (2018).

Hasil adaptasi tersebut diberi judul That Night dan akan dibintangi aktor papan atas Kim Soo-hyun dan Cha Seung-won. Drama tersebut akan mengisahkan dua pria yang terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan.

Kim Soo-hyun akan berperan sebagai Kim Hyun-soo, seorang mahasiswa biasa yang hidupnya berubah total karena menjadi saksi kunci dari kasus itu.

Sementara itu,ChaSeung-won akan berperan sebagai ShinJoong-han, seseorang yang nyaris gagal menjadi pengacara. Ia merupakan satu-satunya orang yang membantu KimHyun-soo.

Gif Rekomendasi Drama Korea (Drakor)

Tak hanya itu, Korea Selatan juga akan mengadaptasi serial Money Heist. Proyek tersebut akan dikerjakan BH Entertainment dan Zium Content.

Money Heist versi Korea akan berlatar di Semenanjung Korea dan menunjukkan kehebatan seorang genius bersama para pencuri dengan beragam kemampuan juga kepribadian melakukan pencurian besar-besaran.

Money Heist versi Korea akan memiliki 12 episode yang secara keseluruhan disutradarai Kim Hong-sun. Sebelumnya, ia telah mengarahkan sederet drama misteri thriller, seperti The Guest (2018), Black (2017), Voice (2017), Pied Piper (2016), dan Liar Game (2014).

Selain Criminal Justice dan Money Heist, serial The Mentalist dikabarkan akan diadaptasi menjadi drama Korea. The Mentalist merupakan serial asal AS yang tayang di CBS pada 2008-2015.

The Mentalist versi Korea akan disutradarai Pyo Min-soo yang sebelumnya mengarahkan pembuatan drama The 3rd Charm (2018), The Producers (2015), Ho-Gu's Love (2015), IRIS 2 (2013), Heartstrings (2011), Coffee House (2010), dan Full House (2004).

(chri/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK