Survei: Crash Landing On You-BTS Pimpin Hallyu 2020

CNN Indonesia | Kamis, 28/01/2021 14:41 WIB
Drama Korea Crash Landing On You, BTS, dan Parasite menempati tiga posisi teratas sebagai pendorong utama Korean Wave atau hallyu pada 2020. Film Crash Landing on You. (dok. tvN/Netflix via Hancinema)
Jakarta, CNN Indonesia --

Drama Korea Crash Landing On You, BTS, dan Parasite menempati tiga posisi teratas sebagai pendorong utama Korean Wave atau hallyu pada 2020. Hal tersebut berdasarkan hasil survei tahunan yang dilakukan Kementerian Budaya dan Yayasan Korea untuk Pertukaran Budaya Internasional.

Berdasarkan laporan pada Kamis (28/1), sekitar 9,5 persen memilih Crash Landing On You sebagai drama Korea favorit mereka pada 2020. Posisi itu kemudian diikuti It's Okay to Not Be Okay (4,1 persen), dan The World of the Married (2,8 persen).

Dalam kategori penyanyi, BTS menempati posisi pertama dengan 22 persen, kemudian diikuti BLACKPINK di posisi kedua dengan 13,5 persen, dan Psy dengan 2,9 persen. Posisi tersebut tak berubah hanya persentase BTS dan BLACKPINK yang meningkat dibandingkan tahun lalu.


Sementara itu, film satire Parasite memimpin kategori film dengan 18,4 persen, diikuti Train to Busan dengan 10,2 persen, serta Peninsula dengan 3,5 persen.

Secara garis besar, hallyu masih dipimpin dengan drama Korea. Sekitar 29,7 persen responden menyaksikan drama Korea. Produk kecantikan dan video di posisi kedua dengan 27,5 persen, variety shows 26,9 persen, dan produk fesyen dengan 24,8 persen.

Seperti dilansir Yonhap, data tersebut berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 8.500 penggemar hallyu di 18 negara seperti China, Jepang, Indonesia, AS, dan Turki. Survei dilakukan pada September-November 2020.

Mengenai judul drama, penyanyi, dan film favorit, para responden diminta untuk menuliskan pilihan mereka sendiri, bukan memilih dari yang disiapkan kementerian.

Terpisah, Crash Landing On You, BTS, dan Parasite memang memantapkan langkah mereka di dunia internasional pada 2020. Dalam wawancara terbatas dengan CNNIndonesia.com pada Maret 2020, Netflix mengungkapkan Crash Landing On You menjadi konten Korea terlaris mereka kala itu.

Tak hanya itu, berdasarkan data Nielsen Korea, episode terakhir Crash Landing On You berhasil mendapatkan rating 21,6 persen. Angka itu juga mengalahkan rekor tertinggi yang sebelumnya dicatat oleh drama Goblin pada 2017 dengan 20,5 persen.

Berdasarkan survei Reelgood pada 21-27 Maret 2020, Crash Landing on You juga masuk 10 besar serial televisi terlaris ditonton pengguna Netflix di AS.

Sementara itu, BTS juga semakin mantap di kancah musik internasional setelah merilis single Dynamite. Mereka mencatat sejarah baru dengan menjadi idol K-pop pertama yang berhasil duduk di posisi pertama tangga lagu Billboard Hot 100 dan bertahan dua pekan berturut-turut.

Selain itu, BTS juga menjadi boyband pertama asal Korea Selatan yang berhasil masuk nominasi Grammy Awards 2021 melalui kategori Best Pop Duo/Group Performance.

Dalam pengumuman Recording Academy pada Rabu (25/11) dini hari waktu Indonesia, pada kategori tersebut, BTS akan bersaing dengan One Day (J Balvin, Dua Lipa, Bad Bunny & Tainy), Intentions (Justin Bieber ft. Quavo), Rain on Me (Lady Gaga, Ariana Grande), dan Exile (Taylor Swift ft. Bon Iver).

Dalam kategori film, Sutradara Bong Joon-ho kembali menampilkan kehebatannya melalui Parasite. Film tersebut mencetak sejarah dalam ajang penghargaan Oscar 2020.

Parasite menjadi film non-Inggris pertama dalam sejarah yang membawa pulang Academy Award untuk Film Terbaik. Dari enam nominasi Oscar, film itu juga memenangkan Skenario Film Asli, Sutradara dan Film Internasional Terbaik.

(chri)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK