Studio Ghibli Buat Twitter, Pamer Proses Kerja Hayao Miyazaki

CNN Indonesia | Kamis, 14/01/2021 03:24 WIB
Rumah produksi animasi legendaris asal Jepang, Studio Ghibli, akhirnya membuat akun Twitter dan memamerkan di balik proses kerja Hayao Miyazaki. Rumah produksi animasi legendaris asal Jepang, Studio Ghibli, akhirnya membuat akun Twitter dan memamerkan di balik proses kerja Hayao Miyazaki. (AFP/Frazer Harrison)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumah produksi animasi legendaris asal Jepang, Studio Ghibli, akhirnya membuat akun Twitter dan memamerkan di balik proses kerja Hayao Miyazaki.

Proses kerja itu terlihat dalam serangkaian foto yang mereka unggah. Di foto pertama, terlihat stopwatch, pensil warna, dan papan gambar.

"Selamat pagi. Harta paling suci bagi animator; stopwatch, pensil, dan papan," tulis Studio Ghibli di kolom keterangan.


Di unggahan selanjutnya, Studio Ghibli lebih menyoroti papan gambar. Mereka menjelaskan bahwa papan tersebut terbuat dari bahan metal yang berfungsi menahan kertas agar tetap di posisi tertentu ketika proses menggambar.

"Ada tiga lubang di atas kertas gambar, dan semuanya disesuaikan agar bisa masuk ke bagian menonjol di papan," tulis Studio Ghibli.

Di foto selanjutnya, terlihat tangan Miyazaki sedang menggambar di atas kertas merah muda yang ditumpuk di atas lembaran berwarna kuning.

"Miyazaki sedang membuat dua frame dalam durasi 10 detik. Kertas pink itu-yang berbeda dengan yang kuning (untuk instruksi dan mengatur gambar)-biasanya digunakan untuk menggambar potongan adegan yang sulit," tulis Studio Ghibli.

Selanjutnya, Studio Ghibli menjelaskan kegunaan stopwatch khusus yang biasanya berjalan selama 6 detik. Setiap detiknya, animator biasanya membuat 24 frame.

"Karya-karya Studio Ghibli biasanya sekitar lima detik. Animator menghitung jumlah detik sembari membayangkan pergerakan di kepalanya, kemudian melukis gambarnya satu per satu," demikian keterangan Studio Ghibli.

Sehari kemudian, Studio Ghibli memamerkan situasi di sekitar studio kerja mereka. Pertama, mereka memperlihatkan pemandangan Gunung Fuji yang terlihat dari lantai atas studio.

Mereka juga mengunggah rak penuh buku. Di bagian atas rak buku itu terdapat jajaran seri buku mengenai makanan-makanan Jepang.

"Di sinilah nasi yang muncul di banyak karya Ghibli dilahirkan," tulis Studio Ghibli.

Akun Twitter ini sebenarnya sudah ada sejak akhir tahun lalu, tapi mulai menarik perhatian setelah terlihat unggahan-unggahan di balik layar studio.

Pada perayaan Tahun Baru lalu, Studio Ghibli melalui akun Twitter ini juga mengunggah ilustrasi karya Miyazaki. Ilustrasi itu menunjukkan gambar lembu menginjak tikus.

Berdasarkan kalender Jepang, 2021 memang merupakan tahun lembu. Sementara itu, tikus melambangkan tahun 2020.

"Terima kasih karena selalu mendukung Studio Ghibli. Pandemi corona global, yang masih terus berlanjut sejak tahun lalu, belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Para medis profesional masih terus bekerja tanpa kenal waktu. Kami ingin menyampaikan hormat dan syukur mendalam kami," tulis mereka.

(has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK