3 Drakor tentang Kasta Sosial Termasuk The Penthouse

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 23/01/2021 21:41 WIB
Kisah drama korea dengan latar cerita si kaya dan si miskin jadi salah satu daya tarik. Sejumlah judul drakor sukses dengan formula tersebut. Kisah drama korea dengan latar cerita si kaya dan si miskin jadi salah satu daya tarik. Sejumlah judul drakor sukses dengan formula tersebut. (Foto: dok.Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tema dari kisah drama Korea tentang ketimpangan si kaya dan si miskin jadi salah satu daya tarik di industri sinema Korea Selatan. Seperti layaknya film Parasite yang mendapatkan kesuksesan global, kisah kesenjangan dinilai mencerminkan realitas sosial di Korea.

Alur cerita mengenai orang kaya raya bersanding dengan orang biasa memang terdengar klasik. Tapi siapa sangka, kalau unsur kasta tersebut selalu berhasil mencuri atensi penonton, terlebih para penikmat Drakor.

Terdapat beberapa drama Korea atau K-Drama yang mengangkat tema tersebut. Berikut beberapa drama Korea bertema kehidupan antara si kaya dan si miskin yang cukup populer.


1. The Penthouse

Drama Korea The PenthouseDrama Korea The Penthouse jadi salah satu drakor dengan kisah si kaya dan si miskin (Foto: (dok. SBS via Hancinema))

Drama Korea The Penthouse yang populer ini rilis perdana pada 26 Oktober 2020 lalu melalui saluran SBS, dan konsisten menjadi Drakor dengan rating tinggi setiap minggunya.

Berjumlah 20 episode, The Penthouse mengisahkan tentang kehidupan kelas atas di Korea yaitu para penghuni apartemen mewah berjumlah 100 lantai.
Tidak hanya soal kehidupan, ada juga konflik lain antar penghuni apartemen. Salah satunya Shim Su-ryeon (Lee Ji-ah)yang terkenal memiliki gaya seperti sultan Penthouse.

Karakter bengah dari Shim membuat Oh Yoon-hee (Eugene) bersikeras untuk menjadi 'the next sultan Penthouse'. Tapi, apakah mungkin Oh Yoon bisa mewujudkannya? Cari tahu dengan menyaksikannya.

Drama karya sutradara Joo Dong-min ini kini telah mencapai season 2. The Penthouse bisa disaksikan di Trans TV mulai 25 Januari 2021 mendatang.

2. Sky Castle

sky castleSky Castle salah satu drama Korea tentang si kaya dan si miskin yang populer (Foto: dok. JTBC via hancinema.net JTBC via IMDB)

Drama Korea tentang si kaya dan si miskin selanjutnya Sky Castle, yang juga memperoleh rating melejit pada 2018-2019 lalu, produksi JTBC.

Sky Castle merupakan drama satire, dengan cerita mengenai 4 keluarga dari kalangan elite Korea yang saling berupaya mempertahankan citra kesuksesan masing-masing.

Distrik mewah Sky Castle tersebut banyak dihuni profesor dan dokter, di mana 4 keluarga tersebut sangat ambisius dalam mendidik anak-anaknya demi terlihat sempurna.

Jiwa ambisius keempat keluarga ini terbilang besar, sampai di antaranya saling terlibat perselisihan hingga menimbulkan berbagai insiden.

Sky Castle disutradarai Jo Hyun-tak. Drama ini diapresiasi cukup baik, di lama AsianWiki drama ini mendapat nilai 88 dari 100.

3. The Heirs

The Heirsdok. SBS via hancinema.netDrama Korea tentang si kaya dan si miskin yang sudah cukup lama adalah The Heirs (Foto: dok. SBS via hancinema.net)

Pernah sukses di zamannya pada 2013 silam, The Heirs juga menarik untuk ditonton. Drama ini bertabur pemeran Korea kelas atas seperti Park Shin Hye, Lee Min Ho, dan lainnya.

Terdiri dari 20 episode, The Heirs bercerita tentang Cha Eun Sang (Park Shin Hye) yang bertolak ke Amerika untuk menghadiri pernikahan sang kakak.

Nahas, Cha Eun tertipu oleh kakaknya yang justru membawa kabur uang pemberian dari Ibu. Nasib malang Cha Eun terselamatkan oleh Kim Tan (Lee Min Ho) selama di Amerika.

Cha dan Kim dikisahkan semakin dekat setelah saling mengenal satu sama lain. Tapi sayangnya, pertentangan dari keluarga menjadi masalah baru untuk keduanya.

Drama Korea yang satu ini disutradarai Kang Shin-yo dan Boo Song-chul. Kala itu, drama ini cukup populer, bahkan pengguna AsianWiki memberi nilai 91 dari 100.

Tiga serial drama Korea tentang si kaya dan si miskin di atas tersebut memang sudah pernah tayang. Namun Anda masih dapat menyaksikan kembali lanjutan kisahnya melalui layanan Viu.

(avd/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK