Kena Covid-19, Anji Isoman dan Tes Antigen Sendiri Pakai Liur

CNN Indonesia | Senin, 25/01/2021 18:05 WIB
Selebritas Indonesia, Anji becerita positif Covid-19, isolasi mandiri (isoman), kemudian melakukan tes antigen sendiri menggunakan air liur. Anji melakukan tes antigen menggunakan air liur setelah dinyatakan positif Covid-19. (Detikcom/Ismail)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selebritas Indonesia, Anji, berbagi cerita melalui akun Youtube dari positif Covid-19, isolasi mandiri (isoman), hingga melakukan tes antigen sendiri menggunakan air liur dan negatif.

Anji mengaku terpapar Covid-19 sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) karena hanya mengalami gejala seperti flu biasa.

Di awal-awal, ia bercerita tentang isoman yang dilakukan harus menyenangkan demi menjaga imunitas tubuh. Kemudian di video itu ia menceritakan tentang tes mandiri menggunakan alat tes Covid-19 menggunakan antigen air liur.


"Hari ketujuh, setelah PCR dan dinyatakan positif. Jadi saya mau cerita sedikit bahwa sering banget bersin-bersin, pilek, dari dulu. Karena memang hidung saya super sensitif kepada bau yang menusuk, bahkan debu yang berlebihan."

"Ketika dinyatakan positif ya saya keadaannya flu biasa seperti yang saya alami," kata Anji.

Anji kemudian menunjukkan alat tes Covid-19 antigen yang menggunakan air liur untuk menampilkan cara penggunaannya.

"Nah di hari ketujuh ini saya membeli Sars-Covid-2 Antigen detection kit ini melalui air liur. Jadi alatnya begini, ada alat untuk air liurnya dan ini dilakukan pagi hari-ini saya baru bangun-sebelum makan dan sebelum minum," tutur Anji.

Ia kemudian menumpahkan air liur ke dalam alat yang mirip tabung.

"Jadi ini taruh begini, dimasukkan saja. Sebenarnya kalau tes begini enggak sakit, kalau dicolok-colok itu sakit. Saya juga bingung sebenarnya kan menular lewat droplet katanya. Harusnya lewat air liur aja juga bisa. Oke selesai. Kemudian dikocok. Sudah," ujar Anji.

Setelah itu, Anji memasukkan pipet ke dalam tabung untuk diteteskan ke alat tes lainnya.

"Kita taruh deh di ininya [alat tes]. Kita ambil, ini pipetnya juga sudah disediakan. Taruh deh. Tunggu beberapa saat. Yeay, negatif!" kata Anji.

"Hari ketujuh. Tapi saya mau coba nanti PCR di hari ke-10, 11 atau 12 saja. Katanya kalau OTG itu di hari ke-10 sudah selesai. Ini antigen negatif. Kita lihat besok bagaimana lima hari berturut-turut saya akan tes."

Anji kemudian menampilkan hasil tes antigen dengan liur dari hari ketujuh, hingga 11 berturut-turut dan hasilnya negatif.

Pada hari ke-12, Anji dalam videonya mengabarkan ia melakukan tes swab PCR. Sehari kemudian mendapat telepon dari temannya yang memberitahu bahwa hasil tes dia negatif.

(bac/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK