Dipolisikan Kartika Putri, 41 Ribu Petisi Bela Dokter Richard

CNN Indonesia | Minggu, 07/02/2021 16:10 WIB
sebanyak 41.254 orang telah menandatangani petisi untuk menyelamatkan Dokter Richard yang dilaporkan Kartuka Putri ke polisi. Kartika Putri melaporkan Dokter Richard Lee atas tuduhan pencemaran nama baik. (Palevi S/detikFoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perseteruan selebritas Kartika Putri dengan praktisi kesehatan sekaligus 'Youtuber' Richard Lee, mengundang dukungan netizen dengan menandatangani petisi untuk mendukung Richard.

Dikutip dari Change.org Minggu (7/2), sebanyak 41.254 orang telah menandatangani petisi yang berjudul 'Selamatkan tokoh penyelamat kaum wanita Indonesia'.

Berdasarkan akumulasi tanda tangan yang dibuat secara virtual, kolom tersebut membutuhkan 50 ribu petisi untuk turut serta menyelamatkan tokoh yang dinilai sebagai penyelamat wanita Indonesia.


Dukungan tanda tangan secara daring itu dibuat oleh akun SaveDRL Jumat (5/2), dan berhasil menggaet 40 ribuan orang dalam kurun waktu 5 jam setelah dibuat.

Sebelumnya, sekitar setahun lalu Richard sempat mengunggah video review 'Helwa' dan dari hasil laboratorium, produk mengandung merkuri hidrokuinon.

Tidak lama berselang, sekitar 5 bulan lalu Richard mengunggah video review baru terhadap produk 'Helwa', dan melakukan tes laboratorium.

Richard menyimpulkan produk ini mengandung hidrokuinon tinggi yakni 5,7 persen. Padahal batas aman kandungan hidrokuinon sebesar 2 persen, itupun penggunaannya harus dalam pengawasan dokter.

Rupanya unggahan video review Richard memicu respons Kartika. Lewat unggahan video di Youtube sekitar 2 bulan lalu, ia mengaku tak terima produk ini disebut 'abal-abal'.

Dia pun mengundang Richard untuk bertemu. Rupanya dalam pertemuan tersebut, Kartika membawa pengacara. Tidak menemukan titik terang, Kartika melayangkan somasi hingga dua kali pada Richard.

Hal tersebut ditanggapi dengan permintaan maaf oleh Richard melalui unggahan video di YouTube.

Permintaan maaf itu rupanya tidak menyelesaikan masalah. Kartika malah melaporkan Richard ke pihak kepolisian atas tuduhan pencemaran nama baik.

Pada Kamis (4/2), Richard memenuhi panggilan Polda Metro Jaya. Ia diperiksa selama empat jam sejak pukul 14.00 WIB.

"Ada laporan dugaan pencemaran nama baik. Sebagai warga negara yang baik kita ikuti agenda tersebut," kata kuasa hukum Richard Lee, Soki, di Jakarta, seperti dikutip dari Insert Live.

(can/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK