Kak Seto Idap Kanker Prostat, Siap Jalani Operasi Biopsi

fea, CNN Indonesia | Jumat, 12/02/2021 22:02 WIB
Kak Seto mengungkap status kesehatannya melalui unggahan di Instagram, dia akan mengetahui kanker prostat yang dideritanya ganas atau tidak. Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia Seto Mulyadi (Kak Seto). (detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta, CNN Indonesia --

Psikolog sekaligus Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi alias Kak Seto, mengabarkan kondisi kesehatannya belakangan tengah menurun dan setelah diperiksa ternyata didiagnosa mengidap kanker prostat.

Seto menjelaskan hal itu dalam konten unggahan di media sosial pada Jumat (12/2). Awalnya dia bilang banyak orang yang menanyakan mengapa dirinya lama tidak posting di media sosial.

Lalu Seto memaparkan kondisi kesehatannya menurun kemudian dia melakukan beberapa kali pemeriksaan sampai akhirnya diketahui terdapat kanker prostat.


"Sungguh sangat mengejutkan untuk saya dan juga keluarga. Namun apapun yang terjadi tetap harus saya hadapi dengan penuh rasa syukur, ikhlas dan tabah," tulis Seto.

[Gambas:Instagram]

Kanker prostat adalah kanker yang berkembang di prostat, organ yang terletak di dekat buah zakar. Jenis ini merupakan salah satu kanker yang paling banyak menyerang laki-laki di dunia, termasuk di Indonesia.

Menurut dokter ahli kanker prostat bisa dikenali dari sejumlah gejala seperti sulit buang air besar, hilangnya kontrol terhadap urine, buang air kecil lebih sering, muncul darah di urine, dan gangguan ereksi. Saat kanker sudah menyebar ke tulang, gejala yang muncul dapat berupa nyeri di panggul, pinggul, dan dada serta nyeri pada tulang.

Faktor penyebab kanker prostat di antaranya usia, ras, riwayat keluarga, hormon, obesitas, makanan, dan kekurangan vitamin D.

Seto bilang pada Jumat sore dia sudah berada di rumah sakit untuk menjalani perawatan dan persiapan operasi biopsi prostat pada Sabtu.

"Dari hasilnya nanti akan diketahui apakah sel kanker yang ada termasuk jinak atau ganas," ujar dia.

"Mohon do'a sahabat-sahabat semua ya, semoga hasilnya yang terbaik sehingga saya dapat terus melanjutkan pengabdian terbaik saya bagi anak-anak di seluruh tanah-air," katanya lagi.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK