Gina Carano Tuding Disney Lakukan Penindasan

CNN Indonesia | Senin, 22/02/2021 14:01 WIB
Gina Carano menuding Disney melakukan perundungan dan dia menjadi korban 'pengawasan' karena pandangan yang berbeda. Gina Carano menuding Disney melakukan perundungan dan dia menjadi korban 'pengawasan' karena pandangan yang berbeda. (AFP/AMY SUSSMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gina Carano menuding Disney melakukan perundungan kepada karyawannya, dan dia menjadi korban 'pengawasan' perusahaan itu karena pandangan yang berbeda dan berbuah pemecatan dari The Mandalorian.

Berbincang dalam wawancara di saluran YouTube milik seleb TV Ben Shapiro dan dirilis Minggu (21/2), Carano menyebut perlakuan Disney tersebut telah ia rasakan sejak lama.

"Saya merasa Disney atau Lucasfilm atau siapa pun, atau mungkin beberapa orang di perusahaan itu, saya merasa 'ditandai', dalam waktu, entahlah, beberapa bulan, dan itu amat terasa," kata Gina dalam video berdurasi sejam itu.


Gina mengisahkan beberapa pekan sebelum kisruh pemecatan dirinya beredar, Lucasfilm disebut meminta kreator yang mereka rekrut menghapus karakter yang diperankan oleh Carano dan menggantinya.

Pergantian itu disebut Carano membuat penggemar karakternya, Cara Dune, marah dan mempertanyakan kebijakan dari Lucasfilm tersebut.

"Saya telah melalui banyak dan saya sudah melihat banyak hal sekarang, jelas, seperti, penindasan yang sedang terjadi ini," kata Carano.

"Saya melihat itu sebelumnya, dan saya bukan satu-satunya yang pernah ditindas oleh perusahaan ini. Dan saya tahu itu, saya tahu itu betul bahwa saya bisa membagikan sebuah cerita dan ini akan bergulir di media," lanjutnya.

"Namun saya tak bisa melakukan itu karena itu akan mengungkapkan teman yang sebenarnya memiliki pandangan yang tak sama dengan saya, namun saya tak akan melakukan itu demi menyelamatkan diri saya sendiri," kata Carano tanpa menyebut lebih detail orang yang ia maksud.

"Semua orang takut kehilangan pekerjaan mereka," lanjutnya.

Pada Kamis (11/2), pihak Lucasfilm menyatakan bahwa Gina tak lagi terlibat dalam The Mandalorian usai bergabung selama dua musim terakhir, sebagai buah dari kontroversi ujarannya yang membandingkan perbedaan politik dengan kondisi Yahudi di era Nazi.

"Gina Carano saat ini tidak dipekerjakan Lucasfilm dan tidak ada rencana baru untuknya di masa mendatang," ucap juru bicara Lucasfilm dalam keterangan resmi.

[Gambas:Youtube]



Pada Rabu (17/2), Gina mengungkapkan kepada mantan kolumnis New York Times, Bari Weiss, untuk pertama kalinya perihal pemecatan tersebut.

"Saya mengetahui melalui media sosial, seperti semua orang, dan saya telah dipecat," kata Carano. Ia mengaku menyadari betul dan tak terkejut dengan kontroversi yang terjadi akibat unggahannya itu.

Gina juga mengaku disisihkan oleh Lucasfilm dari semua kegiatan publik berkaitan dengan The Mandalorian, termasuk promosi dan bertemu dengan media, usai kontroversi sebelumnya terkait kata sapaan.

"Itu menyakitkan hati, namun saya tak ingin melupakan kerja keras semua orang dalam proyek itu, jadi saya mengatakan OK," kata Gina Carano.

"Itulah terakhir kali saya dihubungi tentang segala jenis pernyataan publik atau permintaan maaf dari Lucasfilm." lanjutnya.

(end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK