Personel ERK Poppie Rilis Album Mini Solo

CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 22:10 WIB
Pemain bas Efek Rumah Kaca, Poppie Airil, resmi merilis album mini bertajuk Dendrobium None Betawi secara digital hari ini (26/2). Pemain bas Efek Rumah Kaca, Poppie Airil, resmi merilis mini album bertajuk Dendrobium None Betawi secara digital hari ini (26/2).. (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemain bas Efek Rumah Kaca, Poppie Airil, resmi merilis album mini bertajuk Dendrobium None Betawi secara digital hari ini (26/2). Album tersebut merupakan karya dari proyek solo Poppie bernama Bing Renang.

Berdasarkan siaran pers Bing Renang yang diterima CNNIndonesia.com, album mini ini berisikan empat lagu yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu track fokus dan track pendukung.

Lagu Dendrobium None Betawi yang sama dengan tajuk album dan Jakarta Molek menjadi dua track fokus. Sementara, lagu Putri Terang dan Sri Rejeki menjadi dua lagu pendukung.


Poppie menjelaskan lagu-lagu dalam album ini berlatar Ibu Kota DKI Jakarta. Ia melihat kota Jakarta melalui perangko bergambar anggrek dendrobium none betawi yang terbit di antara tahun 1976-1988.

Mulanya ia tidak bertujuan membuat lagu berlatar Jakarta, melainkan merespons lagu tentang bunga anggrek yang populernya hanya lagu tentang anggrek bulan. Oleh karena itu Poppie membuat lagu tentang anggrek dendrobium none betawi.

"Ternyata varietas (dendrobium none betawi) juara di Indonesia dan Asean. Setelah pindah ke Yogyakarta di tahun 2017 selama tiga tahun, saya merasa Jakarta berjasa dalam banyak hal," kata Poppie kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Jumat (26/2).

"Sama seperti kejuaraan anggrek itu juga, rasanya semua itu berkaitan dengan rumah, pergi dan kembali ke satu rumah, dalam hal ini Jakarta. Lalu saya cari set perangko yang sama dan ketemulah vanda putri terang dan phalaenopsis sri rejeki dan satu turunan dendrobium abang betawi," lanjutnya.

Lebih lanjut, pria bernama asli Airil Nur Abadiansyah ini menjelaskan bahwa pasangan dari dendrobium none betawi yang namanya dendrobium jakarta molek. Namun, bunga anggrek jakarta molek tidak dijadikan gambar perangko.

"Semua perangko itu saya buat jadi medium untuk saya mengingat Jakarta, sebagai syukur dan terima kasih saya juga terhadap kota jakarta yang sudah memberi rezeki, kesempatan, hubungan, pembelajaran, dan pendewasaan," kata Poppie.

Bing Renang sendiri merupakan proyek solo Poppie yang dimulai pada 2013 silam. Kala itu ia membuat sejumlah lagu namun tidak pernah direkam secara layak atau bisa dibilang seperti rekaman demo.

"Giliran mau rekaman bentrok terus dengan jadwalnya ERK. Tapi mulai cicil rekaman dari akhir 2019. Awalnya untuk full album, tapi akhirnya dipecah jadi dua mini album," kata Poppie.

Dendrobium None Betawi merupakan karya kedua yang dirilis Bing Renang sepanjang karier bermusik. Sebelumnya, Bing Renang merilis extended play (EP) bertajuk Bing Renang for Senyawa yang merupakan interpretasi dari album terbaru senyawa bertajuk Alkisah.

(adp/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK