OBITUARI

Rina Gunawan, dari Layar Kaca ke Balik Panggung Pernikahan

CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 20:38 WIB
Rina Gunawan meninggal dunia pada Selasa (2/3), meninggalkan jejak karier yang panjang, mulai dari aktris sinetron hingga pengusaha wedding organizer. Rina Gunawan meninggal dunia pada Selasa (2/3), meninggalkan jejak karier yang panjang, mulai dari aktris sinetron hingga pengusaha wedding organizer. (Tangkapan layar via instagram @rinagunawan28)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Indonesia dengan kepergian Rina Gunawan yang meninggal dunia pada Selasa (2/3), meninggalkan jejak karier panjang, mulai dari aktris sinetron hingga pengusaha wedding organizer (WO).

Selebritas bernama lahir Rina Mustikana Gumilang Gunawan itu sebenarnya mengawali karir di dunia hiburan sebagai penyanyi. Ia belajar dunia tarik suara di Swara Mahardika, Geronimo, dan Studio 26.

Rina bahkan pernah mengeluarkan album berjudul Yudi pada tahun 1995. Popularitasnya kian tinggi setelah membawakan lagu Symphony.


Setelah mencoba dunia tarik suara, Rina melebarkan sayap ke bidang seni peran dengan terlibat dalam sejumlah produksi sinetron, seperti eRTe/eRWe yang tayang pada 1995.

Sinetron ini menggantikan tayangan Si Doel Anak Sekolahan 2 yang saat itu telah tamat. Dalam sinetron ini, Rina membawakan peran gadis muda bernama Geulis. Ia beradu akting dengan Betet, Tati Saleh, Dian Hasri, Ami Priyono, hingga Mali.

Setelah itu Rina, kembali terlibat dalam beberapa sinetron lain, seperti Pat Pat Gulipat dan Mat Angin.

Rina juga pernah jadi kameo di Sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Dalam sinetron ini, Rina berperan sebagai sahabat Sarah yang diperankan oleh Cornelia Agatha.

Selain itu, Rina juga dikenal sebagai presenter acara bincang-bincang kenamaan di Indonesia. Penampilannya yang ceria dan menyenangkan membuat namanya semakin dikenal masyarakat.

Namun, semenjak pernikahannya dengan aktor Teddy Syah pada April 1999,Rina semakin jarang muncul di publik. Mereka dikaruniai dua orang anak, yaitu Aqshal Ilham Syafatullah dan Karnisya Rahmasyach.

Ria GunawanRina Gunawan. (Tangkapan layar via instagram @rinagunawan28)

Selain fokus pada keluarga, artis kelahiran Bandung 28 Juni 1974 tersebut juga beraktivitas di usaha yang telah dirintis sejak 1992, bernama 9HN Production.

Usaha ini bergerak di bidang event organizer. Bisnis tersebut berkembang besar, bahkan sering jadi langganan artis yang ingin mengadakan acara.

Pernikahan artis yang pernah ditangani Rina Gunawan antara lain Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair, Eko Patrio dan Viona, juga Ben Kasyafani.

Meski jarang muncul di publik, Rina tetap menjadi sorotan media, terlebih setelah sukses menurunkan berat badan sampai 17 kilogram dalam dua bulan.

(nly/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK