Reza Rahadian Temui Jokowi Curhat Nasib Film saat Pandemi

CNN Indonesia | Selasa, 09/03/2021 18:40 WIB
Aktor Reza Rahadian menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, menyampaikan curhat nasib perfilman nasional di masa pandemi. Reza Rahadian (kanan) dan perwakilan insan perfilman menemui Jokowi di Istana Kepresidenan. (ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor Reza Rahadian menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta. Ia menyampaikan aspirasi para pelaku industri film yang berjuang keras selama pandemi Covid-19.

Reza mengatakan lawatannya ini merupakan tindak lanjut dari surat insan film ke Jokowi. Mereka meminta perhatian dan dukungan pemerintah untuk berjuang di kala pandemi.

"Tadi isinya lebih ke diskusi menyampaikan apa-apa saja permasalahan di dunia film Indonesia saat ini, bioskop kondisinya seperti apa, apa yang harus sebaiknya dilakukan untuk merespons kondisi tersebut," kata Reza dalam rekaman suara yang diterima, Selasa (9/3).


Dalam beberapa hari terakhir, para insan perfilman mengunggah surat terbuka untuk Presiden Jokowi.

Mereka bercerita ancaman pembajakan semakin tinggi. Di saat yang sama, pandemi membuat kondisi industri film makin sulit.

Banyak pekerja yang terancam kehilangan pekerjaan. Mereka meminta bantuan insentif, paket stimulus, subsidi, perlindungan hukum, dan kesehatan.

Pemeran BJ Habibie dalam Habibie & Ainun itu menyebut respons Jokowi terhadap keluhan insan film sangat cepat. Ia berharap Jokowi bisa membantu industri film yang kesulitan di masa pandemi.

"Sebenarnya ini adalah respons yang cepat dari pemerintah, khususnya dari Bapak Presiden atas surat terbuka yang juga dikirimkan teman-teman perfilman," ujar Reza.

Dalam pertemuan itu, Reza datang bersama aktris Marcella Zalianty dan produser Manoj Punjabi. Ketiganya melakukan pertemuan tertutup bersama Jokowi di Istana.

(dhf/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK