Sinopsis Film Mank, Kontroversi Peraih Oscar 1942

CNN Indonesia | Jumat, 09/04/2021 18:40 WIB
Mank merupakan salah satu film bergenre biografi yang tayang di Netflix mulai Desember tahun lalu. Sinopsisilm Mank. (Dok. YouTube Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mank merupakan salah satu film bergenre biografi yang tayang di Netflix mulai Desember tahun lalu. Meski bergenre biografi, film ini juga menyajikan suasana vintage Hollywood era 30an mulai dari setting, musik, sampai sinematografi hitam-putih yang menarik. Berikut sinopsis film Mank.

Mank mengisahkan perjalanan penulis naskah film Citizen Kane yang tenar di tahun 1941 bernama Herman J. Mankiewicz (Gary Oldman). Rekan-rekan seprofesinya memanggilnya Mankiewicz.

Namun, ia selalu minta dipanggil Mank. Akhirnya, ia dikenal banyak orang dengan nama tersebut.


Mank menjadi bagian dari film Citizen Kane berkat tawaran dari Orson Welles selaku sutradara film tersebut. Tawaran itu ia terima saat dalam proses penyembuhan cedera patah kaki yang dideritanya dalam kecelakaan mobil.

Agar naskah bisa selesai tepat waktu, Mank mendiktekan naskah kepada sekretarisnya, Rita Alexander (Lily Collins. Saat membantu Mank mengetik naskah tersebut.

Rita menemukan ada kesamaan antara tokoh utama dan sosok William Randolph Hearst (Charles Dance) yakni raja media berkuasa di saat itu. Hal itu juga menyulut khawatiran di benak Joseph, saudara laki-laki Mank.

Tak hanya itu, John Houseman (Sam Troughton) selaku produser film juga cemas naskah dari Mank kurang menarik karena ceritanya yang padat dan non-linier.

Sejumlah pihak pun mulai mengintervensi Mank. Lantaran situasi yang kurang mendukung, Mankiewicz alias Mank pun jadi terhambat dalam menyelesaikan naskah tersebut. Ia menghabiskan lebih dari dua bulan untuk mengerjakan draft pertama skenario Citizen Kane.

Satu per satu pihak produksi mulai hilang kesabaran melihat perkembangan Mank. Kondisi itu diperparah dengan kondisi mental Mank yang tidak lepas dari minuman keras.

Namun, Mank akhirnya mampu menyelesaikan skenario itu tepat waktu. Ia sukses merampungkan skenario tersebut sepanjang 156 halaman.

Saat rilis, film Citizen Kane meraih sukses besar hingga menerima sembilan nominasi Oscar. Tak hanya itu, Citizen Kane juga berhasil membawa pulang piala kemenangan dalam kategori Best Original Screenplay atau Skenario Asli Terbaik.

Film Mank disutradarai oleh David Fincher. Dalam menggarap film ini, ia juga berperan sebagai penulis naskah.

Selain Gary Oldman yang berperan sebagai Herman J. Mankiewicz, film ini juga menampilkan sederet pemain ternama seperti Amanda Seyfried berperan sebagai Marion Davies, Lily Collins sebagai Rita Alexander, dan Tom Burke sebagai Orson Welles.

Mank menjadi film pertama Fincher setelah Gone Girl dirilis pada 2014 lalu. Film ini dirilis pada 4 Desember di Netflix.

(nly/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK