5 Film dengan Latar Silicon Valley, The Social Network

CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 09:15 WIB
Sejumlah film telah menggambarkan kemasyuran Silicon Valley ke layar lebar. The Social Network. (dok. Columbia Pictures via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah film telah menggambarkan kemasyuran Silicon Valley ke layar lebar. Salah satunya, film The Social Network (2010) yang mengangkat cerita tentang kesuksesan Facebook menjadi aplikasi jejaring sosial terkemuka di dunia.

Tiga tahun kemudian, film Jobs yang merupakan biografi dari sosok Steve Jobs dirilis. Film itu menggambarkan awal mula Jobs ikut mendirikan Apple yang kemudian menjadi salah satu raksasa di bidang teknologi.

Berikut lima film berlatar Silicon Valley yang menjadi markas Startup besar.

1. The Social Network (2010)

Film The Social Network mengisahkan tentang perjalanan Mark Zuckerberg dalam pembuatan media sosial terbesar di dunia saat ini, Facebook. Saat kuliah di Harvard, Mark Zuckerberg (Jesse Eisenberg) dibuat kesal oleh mantannya bernama Erica Albright (Rooney Mara).


Ia lalu membuat blog bernama Facemash untuk mencaci Erica di blog tersebut. Ia juga menampilkan foto-fotonya serta foto perempuan lain yang diperoleh dari database kampus.

Lama kelamaan Facemash banyak dikunjungi mahasiswa lain hingga membuat jaringan internet di Harvard mengalami gangguan. Mark pun diskors selama 6 bulan.

Di masa tersebut, Mark bertemu dengan orang-orang yang tertarik dengan situsnya salah satunya Eduardo Saverin (Andrew Garfield).

Eduardo bahkan rela mengucurkan dana besar untuk pengembangan situs dengan nama baru yakni Thefacebook, sebuah situs jejaring sosial yang eksklusif untuk siswa Ivy League.

[Gambas:Youtube]



2. Jobs (2013)

Film Jobs menceritakan kisah seorang pemuda bernama Steve Jobs (Ashton Kutcher) dalam merintis perusahaan komputer. Jobs bersama temannya yang bernama Steve Wozniak (Josh Gad) bekerja sama untuk mewujudkan impian tersebut.

Dalam mewujudkan perusahaan, Jobs bahkan rela menghentikan kuliahnya di salah satu universitas ternama. Ia juga menggunakan garasi keluarga sebagai markas perusahaan rintisannya.

Berkat perjuangan tanpa henti, Jobs berhasil mendirikan Apple Computer dengan produk pertama mereka bernama Apple I. Jobs pun merekrut lebih banyak orang dan berhasil merilis produk-produk lainnya.

[Gambas:Youtube]



5 Film dengan Latar Silicon Valley - Bagian 2

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK