5 Rekomendasi Film Kenang Ulang Tahun Charlie Chaplin

CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 21:30 WIB
Untuk merayakan hari kelahiran seniman luar biasa ini, beberapa film Charlie Chaplin bisa disaksikan kembali. Foto ilustrasi. Film Charlie Chaplin. (Dok. Keystone Studios)
Jakarta, CNN Indonesia --

Charlie Chaplin merupakan salah satu legenda dunia film internasional. Komedian, produser, penulis, sutradara, dan komponis asal Inggris ini dianugerahi banyak penghargaan di tahun-tahun terakhir hidupnya, seperti dari Academy Awards pada 1972.

Seniman kelahiran 16 April 1889 ini juga pernah mengunjungi Indonesia dua kali yakni ke Garut pada 1927 dan kembali ke Garut lalu mengunjungi Situ Cangkuang, Candi Borobudur, serta Bali pada 1932.

Untuk merayakan hari kelahiran seniman luar biasa ini, beberapa film Charlie Chaplin bisa disaksikan kembali.


1. City Lights

Film komedi romantis ini mengisahkan petualangan dari The Tramp saat ia jatuh cinta dengan seorang gadis buta dan membangun persahabatan yang bergolak dengan seorang jutawan alkoholik. Charlie Chaplin berperan sebagai pemain sekaligus sutradara film ini.

City Lights adalah pengalaman pertama Chaplin sebagai komposer film. City Lights sangat sukses setelah dirilis pada 30 Januari tahun 1931, dengan tanggapan yang positif dan penerimaan box office US$5 juta.

Pada 2007 American Film Institute menyatakan City Lights sebagai satu dari 11 film Amerika terbaik sepanjang masa.

[Gambas:Youtube]

2. Modern Times

Modern Times adalah film komedi yang dirilis pada 1936 yang ditulis dan disutradarai Charlie Chaplin. Film tersebut menyoroti kondisi finansial dan pekerjaan yang memprihatinkan dari beberapa orang yang menghadapi Depresi Hebat (Great Depression) pada 1930-an.

Dalam pandangan Chaplin, kondisi-kondisi tersebut diakibatkan efisiensi industrialisasi modern. Film tersebut dibintangi Chaplin, Paulette Goddard, Henry Bergman, Tiny Sandford dan Chester Conklin. Pada 2003, film ini ditayangkan di Festival Film Cannes.

[Gambas:Youtube]


3. The Kid

The Kid adalah film komedi-drama bisu Amerika 1921 yang ditulis, diproduksi, disutradarai, dan dibintangi Charlie Chaplin. Film ini menampilkan Jackie Coogan sebagai putra angkatnya.

Ini adalah film panjang pertama buatan Chaplin sebagai sutradara. Film tersebut meraih kesuksesan besar, dan menjadi film dengan keuntungan tertinggi kedua pada 1921, setelah The Four Horsemen of the Apocalypse. The Kid menjadi salah satu film terbesar pada era film bisu.

[Gambas:Youtube]

4. The Gold Rush

The Gold Rush adalah film bisu komedi pada 1925 yang ditulis, diproduseri, disutradarai dan dibintangi Charlie Chaplin. Dalam film ini, Charlie Chaplin berperan sebagai Charlot. Film ini juga dibintangi Georgia Hale, Mack Swain, Tom Murray, Henry Bergman,
dan Malcolm Waite.

Chaplin beberapa kali menyatakan The Gold Rush adalah film yang paling diinginkan untuk dikenang. Meskipun film bisu, film ini menerima nominasi Academy Awards untuk Best Sound Recording.

[Gambas:Youtube]

5. The Circus

The Circus adalah film bisu 1928 yang ditulis dan disutradarai Charlie Chaplin bersama Joseph Plunkett. Dalam film itu, ia berakting dengan Al Ernest Garcia, Merna Kennedy, Harry Crocker, George Davis dan Henry Bergman.

The Circus tayang perdana di New York City pada 6 Januari 1928, di Strand Theatre dan di Los Angeles pada 27 Januari di Grauman's Chinese Theatre. Charlie Chaplin masuk empat Academy Awards, tetapi Academy memberikan Chaplin Penghargaan Istimewa karena menulis, berakting, menyutradarai dan memproduksi The Circus.

Lima film tersebut serta beberapa judul lainnya dari Charlie Chaplin bisa disaksikan di layanan streaming KlikFilm.

[Gambas:Youtube]



(chri/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK